Wednesday, November 11, 2020

Cegah Second Lead Syndrom di Drama Start Up, Ini yang Saya Lakukan...


Drama Start Up sudah jadi perbincangan sejak awal ditayangkan pada tanggal 17 Oktober 2020. Maklum, drama 16 episode ini dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, dan Kim Seon-ho yang sudah cukup populer. 

Awalnya, saya termasuk yang menantikan drama ini tayang. Maklum, dramanya Neng Suzy nggak pernah mengecewakan. Saya mulai terpikat dengan kecantikannya sejak melihat dia pertama kalinya di Uncontrollably Fond. Tapi itu drama nggak saya tonton full karena bosen. Cuma loncat2 aja nonton trus skip ke endingnya (yang udah tahu kayak gimana dari spoiler).

Tapi makin ke sini, setelah nyimak Start Up sampai episode 8, kayaknya saya mulai males-malesan nonton. Kenapa? Alasan utama: saya kena second lead syndrome! Walah, saya belum pernah kayak gini, lho.

 

Namanya second lead ya udah tahu nasibnya nggak bakalan dapat cinta sang first lead. Biasanya saya nyantai aja. Kayak abis nonton Reply 88. Saya menerima si second lead-nya apa adanya, hehehe. 

Nah khusus buat Start Up ini, saya punya trik supaya second lead syndrome nggak makin parah. Juga, biar tetep enjoy nonton drama ini sampai selesai. Nanti saya kasih tahu caranya di akhir postingan. 

Sekarang saya mau cerita pendapat saya tentang drama Start Up.


Sinopsis Drama Start Up



Cerita Start Up lumayan menarik. Temanya tentang mewujudkan impian. Memulai karir dari nol sampai bisa sukses. Kayak Itaewon Class gitu. Saya sih enjoy aja dengan drama bertema perjuangan seperti ini. 

Baca juga: Perjuangan Membesarkan Bisnis Makanan di Drama Korea Itaewon Class

Tokoh dalam Start Up ada Seo Dalmi (diperankan oleh Suzy). Dia bersemangat membangun perusahaan rintisan untuk menunjukkan pada kakaknya Won In Jae (diperankan oleh Kang Ha-na) bahwa dia bisa sukses dengan pilihannya sendiri. 

Seo Dalmi dan ayahnya

Sewaktu remaja, kedua orang tua Dalmi dan In Jae bercerai. Dalmi ikut ayahnya dan In Jae ikut ibunya. Ibu mereka menikah lagi dengan orang kaya dan tinggal di Amerika. In Jae mengganti namanya menjadi Won In Jae. Ayah Dalmi kemudian meninggal dan Dalmi tingal bersama neneknya (diperankan oleh Kim Hae Sook). 

Neneknya Dalmi

Dalmi hidup dalam kesusahan dan hanya dinafkahi oleh neneknya yang membuka kedai makanan. Sementara In Jae hidup bergelimang kemewahan dan beragam kemudahan dari ayah tirinya yang kaya raya. Kondisi ini sempat jadi perdebatan juga di media sosial: kenapa emaknya nggak peduli sama Dalmi. Diambil kek ke Amerika, dibiayain kek. Tapi yah namanya juga drama :D

Saat terpuruk ditinggal sang ayah, Nenek tidak tega melihat keadaan Dalmi. Untuk menghibur Dalmi, Nenek meminta seorang anak SMA yang tinggal di tokonya, bernama Han Ji Pyeong (versi muda diperankan oleh Nam Da-reum anakku ehm), untuk menulis surat cinta kepada Dalmi. 

Para tokoh Start Up versi anak-anak/remaja

Han Ji Pyeong versi remaja dan dewasa bersama Nenek

Untuk pengirim surat, Ji Pyeong memakai nama Nam Do-san. Yaitu seorang anak yang baru memenangkan lomba matematika dan masuk koran serta televisi. Selanjutnya, Dalmi menjadi bersemangat sejak bertukar surat dengan Han Ji Pyeong yang menyamar sebagai Nam Do-san.

Setahun kemudian, Han Ji Pyeong pindah ke kota karena diterima masuk kuliah. Anak yatim piatu yang ditampung oleh Nenek ini pun pergi. Ji Pyeong merasa berhutang budi pada nenek yang baik hati kepadanya selama ini. 

Dengan kepergian Ji Pyeong, Dalmi tidak menerima surat lagi dari 'Nam Do-san'. Meskipun demikian, Dalmi tidak bisa melupakan surat itu dan menganggap Nam Do-san adalah cinta pertamanya.

15 tahun kemudian... ketiganya dipertemukan kembali. Seo Dalmi, Han Ji Pyeong, bahkan Nam Do-san yang sesungguhnya. Ditambah Won In Jae yang kembali dari Amerika. 

Won In Jae kembali ke Korea

Seo Dalmi mencari Nam Do-san, sang cinta pertama, untuk dipamerkan dihadapan ibu dan kakaknya yang baru kembali ke Korea. Nam Do-san yang sudah lulus kuliah mendirikan Samsan Tech yang kurang berkembang bersama kedua temannya, Kim Yong San dan Lee Chul-san.

Kim Yong San, Nam Do-san, dan Lee Chul-san

Saat yang bersamaan, Han Ji Pyeong menemui Nenek. Dia sudah menjadi pengusaha yang sukses. Dulu, Nenek memintanya untuk tidak memberi kabar jika Ji Pyeong sukses. Nenek hanya ingin Ji Pyeong mencarinya saat dia kesulitan. Mungkin ini alasan mengapa Ji Pyeong baru menghubungi Nenek karena hatinya galau saat melihat Seo Dalmi di sebuah acara.

Han Ji Pyeong sang pebisnis handal

Ketika Nenek cerita Dalmi mau mencari Nam Do-san, dia pun bergerak dengan cepat agar rahasia tidak terbongkar. Beruntung, Han Ji Pyeong menemukan Nam Do-san terlebih dahulu dan memintanya untuk berpura-pura sebagai penulis surat dihadapan Dalmi. Berbagai adegan lucu terjadi saat Nam Do-san berlagak di depan Dalmi agar kebohongannya tidak ketahuan.

Pertemuan pertama Seo Dalmi dan Nam Do-san 

Seo Dalmi dan Nam Do-san dipertemukan kembali pada sebuah acara pelatihan usaha rintisan. Dalmi diangkat menjadi CEO Samsan Tech. Ji Pyeong berperan sebagai mentor mereka.

Saya suka dengan karakter Seo Dalmi. Gadis usia 20 tahun yang penuh semangat. Meninggalkan bangku kuliah untuk bekerja membantu neneknya. Dalmi yang cantik ini lumayan slebor. Saya suka cewek yang cuek kayak gini. Bosen sama karakter yang sok cantik dan jaga imej banget.

Berbarengan dengan Seo Dalmi,  Won In Jae yang melepaskan diri dari bayangan kesuksesan ayah tirinya juga membuat usaha rintisan. Kedua kakak beradik ini bersaing dengan ketat. Siapa yang bakal lebih sukses? Kita lihat saja nanti. 

Empat pemeran inti drama Start Up


Cerita Mudah Ditebak

Menurut saya, cerita drama Start Up ini mudah ditebak. Kisah perjuangan membesarkan usaha rintisan dari awal dengan segala tantangannya. Persaingan dengan perusahaannya Won In Jae. Terus, bakal ada yang jahat dalam bisnis ini. Nggak seru kan kalo nggak ada tokoh nyebelinnya.

Kru Samsan Tech

Tentang kebohongan surat Nam Do-san, pasti bakal terbongkar juga. Meski tersakiti karena dibohongi, toh Dalmi teuteup bakal milih 'Do-san sekarang' dibandingkan 'Do-san dahulu' alias Ji Pyeong sang penulis surat yang sebenarnya.

Do-san senang Dalmi cemburu (lampu menyala)


Ada juga cerita sedih. Tentang penyakit yang diderita Nenek. Awalnya Nenek menyembunyikan penyakitnya dari Dalmi. Tidak disangka, justru Do-san lah yang mengetahui Nenek sakit apa saat tidak sengaja berjumpa di rumah sakit. Kalau Ji Pyeong tahu, sudah pasti dia ikut sedih juga.

Nenek sayang banget sama Dalmi

Soal hubungan cinta, sudah romansa antara Seo Dalmi dan Nam Do-san mendominasi. Han Ji Pyeong hanya second lead yang cintanya tak berbalas. Ikhlasin aja. Kan dari posternya udah kelihatan siapa yang berpasangan wkwkkw.

Poster Start Up

Second Lead Syndrome di Drama Start Up

Saya salut juga dengan penulis drama Start Up ini, yaitu Park Hye-ryun. Ada second lead yang sempurna di drama Korea bisa bikin penonton pecah menjadi dua kubu. Makin sukses jadi bahan perdebatan dan pembicaraan, makin sukses drama tersebut. 

Kenapa terkena second lead syndrome? Karena saya lebih pro ke pemeran Han Ji Pyeong daripada pemeran Nam Do-san. Dengan kata lain, saya lebih suka Kim Seon-ho dibandingkan Nam Jo-hyuk. Maaf ya.

Entah kenapa, semua dramanya Nam Jo-hyuk nggak ada yang beres saya tonton. Yaitu Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, The Bride of Habaek, The Light in Your Eyes, sampai Thr School Nurse Files. Drama lainnya saya nggak tonton sama sekali.

Nam Jo-hyuk sebagai Nam Do-san

Kalau sama Kim Seon-ho, saya mulai terpikat ngeliat dia di Two Cops. Lanjut nonton Crazy About You yang bikin gemes, sampai Waikiki 2 yang bikin ngakak. Drama lainnya yang dia main selewatan nggak ditonton.

Kim Seon-ho sebagai Han Ji Pyeong

Mulanya saya sebel, kenapa Kim Seon-ho kok mau jadi second lead di Start Up. Ternyata emang begitu strateginya. Biar penonton baper! Bagus! Sukses banget dah!

Makin kesel setelah nyimak huru-hara di timeline media sosial, ternyata banyak yang senasib dengan saya. Nggak rela Han Ji Pyeong jadi second lead. Yah sudahlah, emang nasebnya begitu. Senyumin aja...

Ji Pyeong, senyum dulu dong!


Cara Mencegah Second Lead Syndrom di Start Up

Biar nggak baper nonton kelanjutan drama Start Up. Saya memantapkap hati untuk tidak memlih antara #timdosan atau #timjipyeong. Saya pilih... #timyoungsil!

Siapa Youngsil?

Jang Youngsil

Jang Youngsil adalah alat kecerdasan buatan (asisten AI) yang sesekali tampil di drama Start Up. Di awal episode, terlihat Han Ji Pyeong beberapa kali mengajak Youngsil berbicara. 

Curhat sama Youngsil

Iya, alat ini bisa diajak ngobrol, meramal cuaca, bahkan jadi temen curhat. Saat Ji Pyeong lagi galau, dia cerita ke Youngsil. Kadang nyambung kadang enggak. Yah namanya juga ngomong sama robot, haha! 

Han Ji Pyeong terhibur dengan adanya Youngsil

Oia, dalam drama Start Up, Youngsil inilah yang nanti akan dikembangkan oleh Samsan Tech menjadi sebuah aplikasi baru yang fiturnya lebih lengkap. 

Kenapa saya pilih Youngsil?

Karena saya suka sama pengisi suara Youngsil, yaitu aktor Yeo Jin Goo. Saya terpikat Yeo Jin Goo sejak nonton Hotel Del Luna. Tambah gemes pas nonton variety show House on The Wheel. Yeo Jin Goo terlibat dalam drama Start Up ini karena pernah kerja bareng sang sutradara, Oh Chung Hwan (yang menangani drama Hotel Del Luna). 

Yeo Jin Goo di drama Hotel Del Luna

Numpang nampang... bukti saya ngefans sama Hotel Del Luna: sampe punya bros yang sama dengan pegawai hotelnya!

Saya & bros Hotel Del Luna 


Baca juga: Terpikat Jang Man Wol di Hotel Del Luna

Jadi... biarlah Dalmi berbahagia dengan Do-san. Untuk Yeongsil, ada Nenek yang menyayangi dia, dan Youngsil yang paling mengerti dirinya. Begitu.


Hanya Youngsil yang bisa mengerti :D

Tapi Mak, tapi Mak...

Eh, masih keukeuh kena second lead syndrome? Atau tetep istiqomah sama first lead? Yah nikmati aja ^_^

2 comments :

  1. Kekeuh second lead karena aku cinta kim seon ho dan kusuka karakternya han ji Pyeong 😆😆

    ReplyDelete
  2. Aku juga ngikutin drama ini tapi ternyata ku-cydak terkontaminasi oleh 2nd lead syndrome, hahaha! TErmasuk drama yg kutunggu karena temanya tentang IT. Dari semenjak lihat trailernya, ku-syudah tak sabar menontonnya hihihi
    Apalagi ada si kocak Chul-san walau kesannya masih stereotype dengan karakter di CLOY, still hilarious. So, 1st or 2nd lead, I don't mind ^_^

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top