Wednesday, May 6, 2020

Kuliner Ramadan #diRumahAja Jadi Istimewa dengan #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee



Assalamualaikum!

Alhamdulillah sudah melewati sepertiga bulan Ramadan. Gimana puasanya? Mudah-mudahan tetap lancar ya. Suasana Ramadan tahun ini memang lain dari biasanya. Akibat merebaknya pandemi Covid19, kita wajib berada di rumah aja supaya aman dari paparan virus.

Menjalani ibadah puasa di masa pendemi Covid19. Sedih? Pastinya. Tidak ada yang namanya ngabuburit jelang buka puasa. Tidak ada kegiatan tarawih dan itikaf di mesjid. Semua kegiatan ibadah dilakukan di dalam rumah.

Menuruti anjuran pemerintah, seluruh warga melakukan isolasi dengan diam di rumah aja. Juga menjaga jarak (social distancing) jika ada keperluan mendesak yang harus dilakukan di luar rumah. Adanya PSBB di sejumlah kota besar membatasi jumlah kendaraan yang lalu-lalang di tengah kota.



Sudah 2 bulan kita berdiam di rumah, keluar hanya untuk keperluan yang penting saja. Anak-anak sudah libur total dan bersekolah via online. Begitu juga para pekerja kantoran yang menjalani work from home. Suami saya yang bekerja di bidang farmasi masih sesekali ke kantor karena beberapa pekerjaan tidak bisa dilakukan di rumah.

Membayangkan... bakal seperti apa Hari Raya Idul Fitri nanti? Buat yang biasa mudik, tahan dulu untuk tidak pulang ke kampung halaman. Jangan sampai kedatangan kita menemui keluarga tercinta di kampung justru menimbulkan petaka. Karena bisa saja kita adalah pembawa virus dan menulari siapa saja di sana nanti. Duh, jangan sampai ya.

Jadi, mari kita pasrah, sabar, dan berdoa bersama. Semoga saja keadaan pandemi ini lekas berlalu dan kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa, aamiin.

Nah mumpung di rumah aja, saatnya menjalin quality time bareng keluarga tercinta. Belajar bareng, makan bareng, dan beribadah bareng. Sebelumnya, kami biasa ngumpul kumplit di malam hari, sekarang 24 jam ngumpul. Biasanya pada akhir pekan kami baru bisa melakukan aktivitas bersama (misalnya jalan-jalan), sekarang kapan saja bisa bareng terus. All the time with the family pokoknya mah. 



Quality time bareng keluarga

Setiap akhir pekan sebelum masa isolasi, saya selalu sibuk menyuguhkan hidangan istimewa di rumah. Mumpung lagi barengan, jadi saya masak banyak. Kebayang dong pas masa isolasi ini, saya setiap hari masak heboh, hehehe.

Capek? Pastinya. Tapi kalau lelah, saya beristirahat dan kami pesan makanan matang saja. Hal yang sama saya lakukan pada bulan Ramadan ini, tetap memasak untuk sahur dan buka puasa. Supaya nggak cepat capek, saya mengatur menu dan jadwal memasak.

Berbelanja sayur dan bahan makanan dilakukan seminggu dua sampai tiga kali. Semua bahan makanan saya tata di kulkas. Istilahnya 'food prep'. Menu masakan selama dua sampai tiga hari ke depan juga sudah direncanakan sesuai dengan bahan yang tersedia. Nggak perlu repot sering ke luar rumah bukan? 


Food prep sayuran untuk 1 minggu

Kangen kulineran? Hunting jajanan favorit keluarga atau nongkrong di tempat makan favorit? Lagi-lagi harus sabar, ya. Di rumah aja dulu. Kulineran enak juga bisa dari rumah. Bisa beli dan diantar ke rumah, atau bikin sendiri. 


Makan malam di luar terakhir sebelum masa isolasi

Masa isolasi ini bisa dimanfaatkan untuk ajang belajar masak. Banyak lho teman-teman saya yang tadinya nggak bisa masak jadi rajin bikin hidangan spesial buat keluarga tercinta. Resep banyak bertebaran di internet. Tinggal praktek deh. 


Sebagian kuliner Ramadan yang saya buat di rumah 

Saya juga nggak mau kalah. Selain jadi rajin masak, saya juga ingin menghadirkan kuliner Ramadan di rumah aja jadi istimewa. Caranya ya saya hunting peralatan makan yang cantik dipandang. Sajian kuliner Ramadan di rumah bisa tampil ala resto. Asyik bukan?

Cara menyajikan kuliner Ramadan #diRumahAja jadi istimewa:
1) Masak menu makanan yang enak kesukaan keluarga.
2) Jika tidak bisa memasak, bisa membeli jadi lewat online atau beli di dekat rumah.
3) Tiru gaya penyajian makanan dengan tampilan ala resto dan kafe.
4) Gunakan alat makan yang instagramable, yang tampak menarik saat difoto. 


Salah satu kuliner kafe yang gayanya bisa ditiru di rumah

Seperti hidangan yang saya buat untuk buka puasa ini. Saya bikin tekwan. Disajikan di atas piring cantik kekinian, taplak indah, dan hiasan kotak tisu yang manis. Saat disuguhkan jadi berasa lagi makan di resto. Ini dia penampakannya... 


Piring, taplak meja, dan kotak tisue dari Shopee

Bagus bukan? Perlengkapannya saya beli di Shopee lho. Mau beli apa saja bisa di Shopee. Tanpa harus repot keluar rumah, barang segera sampai diantar ke rumah. Lebih aman dan tenang jadinya. Selain perlengkapan alat makan, masih banyak barang lainnya yang tersedia. Berikut kategori barang-barang yang bisa dicari di Shopee: 


Kategori barang yang dijual di Shopee

Karena saya pengen beli pernak-pernik alat makan, saya klik bagian Perlengkapan Rumah. Terus, tinggal isi di kolom search, barang dicari. Biar gampang, aktifkan fitur filter. Agar pencarian lebih cepar dan mudah sesuai dengan keinginan.

Berikut adalah hasil pencarian dari barang-barang yang saya beli di Shopee:
1) Piring keramik handle putih
2) Kotak tisue berukir
3) Taplak meja putih kotak-kotak
4) Cetakan bakso
5) Rantang lima susun


Piring keramik dan kotak tisu

Piring keramik putih dengan handle jadi incaran saya. Kesannya instagramable dan berasa lagi makan di kafe kalau pakai ini di rumah. Tambah cantik dengan tampilan taplak meja dan kotak tisu berwarna senada. Berhubung ini barang diskon, saat saya membuat postingan ini, barang tersebut sudah habis terjual. Mungkin nanti ada lagi stoknya. 


Piring keramik handle putih

Sama juga dengan taplak meja dan rantang 5 susun. Oia, rantang ini sengaja saya beli untuk tempat penyimpanan makanan matang di kulkas. Lumayan kan buat Lebaran nanti, aneka hidangan hari raya bisa disimpan awet dengan menggunakan rantang ini. Kedua barang tersebut juga kebetulan sudah habis stoknya.

Rantang 5 susun dan taplak meja 

Rantang lima susun ada lima macam ukuran. Begitu sampai, anak-anak langsung tertarik membuka dan menyusunnya seperti ini. Ada tutupnya juga. Makanan yang disimpan pasti jadi lebih awet dan terjaga kesegarannya. Buat kirim makanan juga cantik banget lho. 


Rantang lima susun dari Shopee 

Selanjutnya, ada cetakan bakso. Membantu banget untuk membuat bakso tekwan dengan cepat dan mudah. Saya nggak perlu lagi memulung adonan satu per satu dengan tangan yang dilumuri minyak goreng. Cukup taruh adonan di alat cetakan sesuai ukuran yang diinginkan, lalu cemplungin deh adonannya. Bisa untuk bakso rebus atau bakso goreng. 


Alat cetakan bakso dari Shopee

Kebetulan Alat Cetak Bakso 2 Ukuran yang saya beli ini lokasi tokonya ada di Bogor. Jadi barang cepat sekali sampai. Seneng banget dong! Nggak perlu nunggu lama lagi deh buat bikin bakso. Oia, saya pakai ukuran yang kecil untuk membuat bakso tekwan dengan alat ini. Mau bikin yang ukurannya besar? Tinggal dibalik saja pegangannya.


Alat cetakan bakso di Shopee

Tahu nggak sih... semuanya saya dibeli dengan harga diskon, lho! Hayoo, yang suka diskon mana suaranya?

#THRBigRamadanSale Bersama Shopee

Seneng banget deh pas buka Shopee di aplikasi, pas ada Shopee THR Big Ramadan Sale. Promo ini sudah dimulai sejak tanggal 6 April kemarin, lho! Periode promosinya berlangsung sampai tanggal 25 Mei 2020. Wah, masih keburu nih!

Selama bulan Ramadan, banyak promo menarik sesuai kebutuhan yang bisa dipilih di THR Big Ramadan Sale. Ada Promo Pasti Diskon 50% untuk semua produk sampai Gratis OngkirXtra (potongan sampai 50 ribu).

Sambil ngabuburit, bisa ikutan main game berhadiah di Shopee. Saya coba game Tanam THR 10M. Yaitu game siram tanaman untuk dapat hadiah. Ada hadiah voucher, uang tunai THR sampai 10 Milyar, bahkan untuk berdonasi, dan banyak hadiah menarik lainnya.

Game lainnya ada game Shopee Poly (seperti main monopoli berhadiah), Shopee Capit (seperti mesin capit hadiah di mall), Shopee Ingat-ingat (mencocokkan gambar), Shopee Joget, Shopee Lempar, Shopee Tangkap Jari, sampai Shopee Potong. Wah seru kan aneka gamesnya. 

Games berhadiah di Shopee 

Masih ada yang lebih seru lagi, nih. Jangan ketinggalan puncak kemeriahan THR Big Ramadan Sale tanggal 11 Mei 2020 nanti. Ada 11 Promo Puncak Shopee yaitu: 
  1. Gratis ongkir minimal belanja Rp.0,- untuk semua toko + extra 11 voucher gratis ongkir
  2. Big Midnight Sale dengan Cashback s/d 70rb. Brand besar diskon s/d 80%. Semua kategori diskon s/d 99%
  3. 11x kesempatan lebih besar dapat THR 1juta di main tanam THR 10 Miliar.
  4. Menangkan Honda BeAT CBS dan Yamaha Mio CW di Big Ramadhan Sale TV Shopping
  5. Big Supermarket Sale, diskon s/d 99%
  6. Big Fashion & Beauty, diskon s/d 99%
  7. Big Elektronik Sale, diskon s/d 99%
  8. Big Rumah & Hobi Sale, diskon s/d 99%
  9. Pulsa, Tagihan & Hiburan, Cashback 90%
  10. Shopee Live, Streaming seharian dengan banyak hadiah spesial
  11. Flash Sale, 14x sehari mulai dari Rp.99,- 




Sebelum mengikuti promo puncak, kita bisa membeli terlebih dahulu voucher senilai Rp.500.000 dengan harga cuma Rp.25.000 saja untuk mendapatkan promo gratis ongkir 5x
 tanpa minimum belanja, cashback extra, dan promo menarik lainnya. Hemat banget ya! 

Kita bisa simak langsung keseruan puncak Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah secara Live pada tanggal 11 Mei 2020 pukul 13.00 WIB di MNC TV yang dipandu oleh Imam Darto dan Fanny Ghassani. Selama acara berlangsung, bakal banyak hadiah menarik yang bisa dimenangkan oleh pemirsa. 


Yuk jangan lupa ikutan THR Big Ramadan Sale Bersama Shopee  ^_^ 



Tulisan ini diikutsertakan dalam
Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee


49 comments :

  1. Piring keramik putih dengan handle itu cantik buat foto Instagram ya Mak. Ada di SHopee ya, dengan berbagai promo lagi sekarang ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak lumayan banyak promonya di shopee :D

      Delete
    2. Iyaa keren ya .... dan baru kuperhatikan foto yang ada piring, taplak meja, dan kotak tisue dari Shopee, masya Allah, cantik Mbak Inna, seperti di kafe jadinya.

      Delete
  2. Waww menarik bgt THR dr Shopee yaa...
    Jd pingin dapet juga nih

    Btw mak inna apa di aku doang ya kok setiap paragraf ada numberingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mak ophi, sudah dibenerin. ga tahu bisa begitu tampilannya. mudah2an ga kumat lagi :D

      yuk ikutan shopee thr big ramadhan sale ^_^

      Delete
    2. btw naksir nih sama piring, kotak tisu, sampa taplak mejanya ebneran kayak di cafe... syantiiik jd wajib ke sophee nih

      Delete
  3. Naksir juga nih cetakan baksonya...jadi pengen beli mumpung dapet bonus shopee pay...heheh

    ReplyDelete
  4. Langsung auto mau lirikin ke Shopeee ahh, duh mata ini suka kalap kalo lihat pernak pernik dapur.
    Nah bener banget Mak, akupun suka niri cara penyajian makannya, sampe nasi tak cetak diatas piring rotan hihi biar ga cuci piring yaaa..

    ReplyDelete
  5. Seneng banget aku kalau bacain blognya mbak Ina, inspiratif bikin menu-menu untuk di rumah. Kebetulan nih aku sedang cari props untuk food photo, pengen ngecek ke shopee dulu deh kalau gitu.

    ReplyDelete
  6. Eh ada alat cetak bakso gitu ya? ah, jadi mau ke shopee beli alat cetak bakso itu, Mba. Iya semenjak PSBB jadi sering masak heboh di rumah.. hahaha.. untunngnya ada abang, jadi ada yg bantuin cuci piring.

    ReplyDelete
  7. Aku naksir rantang, pas butuh juga nih, mbak. Bisikin nama tokonya dong. Rantangku udah rusak semua gara-gara sering dipakai buat menghangatkan sisa sayur. Udah lebih dari 25 tahun sih, nyaris seusia pernikahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada nama toko di fotonya mba. namanya AONEZ

      Delete
  8. Saya jadi pengen punya piring keramik itu. Modelnya lucu dan harganya gak mahal juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama cetakan bakso juga. Duh, cuzz deh saya lihat Shopee sekarang juga

      Delete
  9. Bener itu mba tips menyajikan makanan ramadan biar kayak kita makan diluar ya yang enak dengan penyajian yang sedap dipandang dan mengugah selera.

    ReplyDelete
  10. Pas masa psbb gini aku malah jadi suka belanja di Shopee juga,Mak. Duh harus tahan godaan hahaha. Beberapa properti buat foto juga aku beli. Bukan buat masak, foto aja kalau udah jadi hihi. Asik euy dapat thr dari Shopee. Aku ga nolak lah kalau dikasih

    ReplyDelete
  11. Aku juga suka banget belanja di Shopee mbak, lumayan banget beberapa kali belanja dan kirim ke adik yang di luar kota free ongkir :)

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen beli..piring2 keramik unik..., Di Shopee murah-murah ya...
    Ntar deh cek di shopee
    .

    ReplyDelete
  13. Aku juga jd sering belanja online neh mbak krn penawarannya bagus terutama alat masak. Tos dulu ah mbak hehehe.

    ReplyDelete
  14. Duuuh...cantik banget barang-barang pembelian Shopee ya Mbak...mana diskon lagi.... Sepakat klo saat ini kita perlu menghadirkan makanan rasa resto tapi di rumah ya Mbak. Semoga menang Mbak.

    ReplyDelete
  15. Wah, jadi naksir sama piring keramik dan cetakan bakso-nya. Asyik ya, di Shopee banyak barang bagus yang lagi didiskon

    ReplyDelete
  16. Waaaaah, promo shopee ini sangat menggoda sekali, jadi bikin semangat berkreasi memasak ya mbak

    ReplyDelete
  17. Kalau emaknya jago masak, ngga kangen restoran deh bocil, semua bisa bikin sendiri ya teh, itu food prepnya rapi amat di kulkas, keren ey...

    ReplyDelete
  18. shopee emang terbaik kalau belanja, nemu aja kebutuhan yang harus dibeli

    ReplyDelete
  19. ternyata adanya pandemi covid19 ini bikin banyak buibu dan anak gadis jadi rajin nguprek di dapur buat masak

    ReplyDelete
  20. butuh jug aku cetakan bakso, selama WFH gak ada makan bakso, mau bikin sendiri aja, cuss ah ke shopee juga

    ReplyDelete
  21. wah banyak ya thr dr shopeenya kak heheh mau ikut jg ah

    ReplyDelete
  22. Waah seru sekali ya Mbak Rianna pintar masak sih. Jadi bisa kulineran di rumah ala-ala resto gitu. Alat-alatnya beli di shopee ya . Top deh..

    ReplyDelete
  23. Tahu nggak mbak, 11 mei itu ulang tahun aku, shopee banyak diskon banget ya Allah

    ReplyDelete
  24. wuaahh iya juga ya mba... kalau suasananya disetting seperti resto makannya bisa jadi lebih seru ya, annggao aja lagi di luar, eh apalagi kalau mama ina yang masak, jadi resto beneran deh rasanya. Bintang

    ReplyDelete
  25. Teh Inna, saya pun banyak meniru masakan ala resto nih terutama yang telur scrambled itu hehehe aku terkesan ih dengan semua perlengkapan yang Teh Inna punya. Bikin masak makin semangat pastinya :)

    ReplyDelete
  26. Aku kelewat nih nggak belanja di Shopee 11 Mei lalu. Masih ada lagi nggak ya?

    ReplyDelete
  27. Aiih..barang-barangnya manis-manis dan inovatif.
    Sukaa banget.
    Anak-anak pasti seneng disuguhi makanan ala cafe gitu yaa...

    ReplyDelete
  28. Eh ada cetakan bakso segala ya? Siap2 ah buat tanggal 11 nanti. Aku juga pemburu diskon shopee nih. Seneng banget belanja di shopee nih banyak diskonnya. Tapi biasanya aku belanjanya skinker sih. hihihi.

    ReplyDelete
  29. Cetakan baksonya murah bingiiit.... shope tau aja cara menarik konsumen yg baru dan akan terima thr wkwk...

    ReplyDelete
  30. Aku mupeng sama semuaa barang yg mba inna beli ;) aku juga sering belanja di Shopee, klo liat barang2 lucu kaya gitu, gatel banget pengen beli. Emang yaa, belanja itu kaya candu ;)

    ReplyDelete
  31. Salfok sama photo2 nya mba inna, hehe juara. Makin bikin semua orang ngiler sama makanannya dan juga perlengkapan rumah nya, buru2 ke shopee deh ah hehe ;)

    ReplyDelete
  32. Wow menarik sekali Mbk jadi pengen itu banyak pilihan ya diskon shopee. Mantap ini jalan2 dulu buat belanja deh

    ReplyDelete
  33. Wahh puncak promo ramadhan sale nya shopee hari ini yah teh, cuss cek tkp ahh

    ReplyDelete
  34. Wah teh Inna makin produktif bnih masak d rumah hehe. Btw penasaran sama alat pemulung bakso ituu. Memudahkan banget kayaknya

    ReplyDelete
  35. Keren2 Mbaa peralatannya, cantik semua, jadi mau hunting juga di Shopee deh. Semalam Suami sih mantengin Shopee, tapi gak tau jadi beli atau cuma mantengin doang, haha

    ReplyDelete
  36. Wah tos dulu nih kak karena aku juga pake Shopee hehe. Dan suka banget main gamesnya heheh.

    ReplyDelete
  37. Loh loh, langsung naksir akutu sama piring keramik handle. Mau beliii tapi apa amann sampai kalimantan ya Mba?

    ReplyDelete
  38. saya pun suka belanja di shopee, gratis ongkirnya lumayan banget plus suka nunggu discount cetar ^_^

    ReplyDelete
  39. Ramadan kali jadi makin keeatif ya dalam menyajikan makanan. Peralatan nya jadi kayak di cafe, bagus bagus, tinggal beli di Shopee

    ReplyDelete
  40. Mba Inna lengkap banget tulisannya, suka banget liat hasil masakannya jadi pengen makin produktif masak masak. Hehe btw aku juga suka banget belanja di shopee banyak diskonnya ya haziiik

    ReplyDelete
  41. Waduh mak liat masakanmu keren banget, inimah istri teladan ya jago masak euy😍

    ReplyDelete
  42. Alat cetak baksonya boleh juga nih, jadi pengen beli, biar makin memudahkan

    ReplyDelete
  43. Kalau penyajiannya seperti di resto gini jadi makin semangat makan. Makasih inspirasinya yaa Mbak Inna. Cek ah di Shopee

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top