Sunday, April 29, 2018

Tampil Unik dengan Cinta Produk Lokal Handmade dari Qlapa




Tampil menarik... siapa yang tidak kepingin? Terlihat menarik membuat rasa percaya diri meningkat saat bergaul dengan orang-orang di sekitar kita. Dalam urusan penampilan, bukan hanya penampilan fisik berupa wajah dan bentuk tubuh saja yang jadi perhatian. Mengenakan fashion yang pas juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. 

Dalam urusan fashion, selera saya termasuk klasik. Saya kurang suka mengikuti trend fashion yang sedang digandrungi para perempuan jaman now. Waktu masih muda dulu (uhuk, sekarang sudah tua) saya kerap mengikuti trend baju dan sepatu pada saat itu. Sayang tidak bertahan lama karena saya cepat bosan. Ketika baju dan sepatu tersebut sudah tidak ngetrend lagi, saya jadi malas memakainya. Malas apa malu ya, hihihi.

Seiring bertambahnya usia, apalagi semenjak berumah tangga, saya jadi makin selektif memilih fashion yang dikenakan. Awalnya karena alasan keuangan. Rasanya kok sayang mau beli baju, sepatu, atau tas yang lagi ngetrend tapi cuma bisa dipakai sebentar saja. Lebih baik uangnya dipakai untuk beli popok dan baju anak. Atau ditabung untuk membeli tiket mudik sekeluarga naik pesawat. Ah, emang ya emak-emak itu perhitungan banget.

Kembali lagi ke selera fashion. Saya akhirnya memilih gaya klasik, supaya aman. Aman di dompet sih tujuan utamanya. Aman karena baju, sepatu, atau tas itu awet abadi di lemari. Jadi, saya nggak bakal ngerasa malu kalau mau pakai semua barang itu terus selama bertahun-tahun. Lebih hemat biaya kan?

Selanjutnya, petualangan saya uji coba fashion pun terhenti ketika pindah ke Bogor pada tahun 2011. Punya tiga anak plus mengurus orang tua membuat saya harus putar otak mengatur uang belanja. Beruntung, saya mendapat hibah baju, sepatu, tas, bahkan kerudung dari kakak saya. Meski bekas, semuanya masih berkualitas baik dan layak pakai. Alhamdulillah. 

Kini, kondisi keuangan keluarga semakin membaik seiring dengan penghasilan suami yang meningkat secara bertahap. Penghasilan saya dari menulis blog pun mulai bertambah sedikit demi sedikit. Sesekali, saya berbelanja dengan uang hasil keringat sendiri. Rasanya... luar biasa! Ada kepuasan batin yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Ngomong-ngomong soal belanja, saya paling suka berbelanja online. Kenapa? Karena nggak perlu pergi ke luar rumah. Nggak pakai acara muter-muter nyari barang yang cocok. Nggak capek beranteman nawar harga sama penjual. Tinggal duduk manis di depan laptop, klik sana klik sini buat pilih barang, konfirmasi pesanan, bayar, dan tunggu barang datang. Gampang banget kan!

Mudahnya belanja online sudah saya buktikan sendiri di www.qlapa.com, yaitu situs market place produk lokal asli buatan anak bangsa. Terinspirasi dari kelapa dengan banyak manfaat pada seluruh bagian pohonnya, situs Qlapa berharap dapat bermanfaat seperti kelapa dalam mengusung produk lokal handmade untuk semua kalangan. 

Tampilan situs www.qlapa.com 

Sebagai market place, Qlapa menjadi mall online dengan menawarkan aneka produk unik handmade. Seperti baju batik dan tenun, tas dan sepatu kulit, dompet, perhiasan, aneka kuliner, produk perawatan tubuh, aneka dekorasi rumah sampai perlengkapan untuk bayi dan anak-anak, juga aneka pernak-pernik untuk pesta dan hadiah. Semuanya diproduksi secara tradisional sampai dirancang dengan alat modern. 


Kreativitas adalah potensi terbesar Indonesia (www.qlapa.com)

Berselancar di Qlapa bikin saya betah melihat berbagai produk yang aduh kok bagus semua ya? Jika bingung mau beli apa, ada pilihan editor yang bisa jadi referensi. Atau lirik produk terbaru dan terpopuler. 

Kebetulan saya sedang mencari tas untuk bepergian. Saya suka model tote bag. Lalu saya mencarinya di kolom 'Tas Bahu atau Totebag' dari bagian Keperluan Wanita. 

Aneka pilihan produk handmade di Qlapa bagian keperluan Wanita

Setelah dapat tas idaman, saya kembali menjelajah Qlapa untuk mencari produk unik lainnya. Mata saya kemudian tertumbuk pada outer panjang yang terbuat dari kain tenun. Pemakaian outer untuk bagian luar baju sedang menjadi trend. Nah, pakai outer dari kain tenun pasti bikin penampilan jadi unik! 

Long outer pilihan saya di Qlapa

Dua produk sudah masuk keranjang belanja, saya kembali jalan-jalan di Qlapa. Ow. ternyata banyak peralatan rumah tangga bikin gemes. Cocok banget buat suguhan di meja makan supaya hidangan makin menarik. Atau buat yang suka memotret makanan, dijamin bakal mupeng lihat produk alat makan kerajinan tangan di Qlapa. Salah satunya adalah talenan dan cangkir dari kayu yang ada di foto berikut:

Peralatan makan (sumber Instagram Qlapa) 

Ssst, belanja di Qlapa ini harus fokus pada tujuan awal ya. Kalau tidak, dijamin bakal kalap karena kepincut barang lain yang nggak kalah keren, hehehe. Ya seperti saya barusan, ngiler banget lihat peratalan makan di Qlapa. Boleh nih jadi sasaran belanja selanjutnya.

Sebagai market place, saya merasa nyaman dan betah berbelanja di Qlapa. Transaksi online berjalan dengan lancar tanpa kendala dan keamanannya terjamin. Selanjutnya, saya tinggal menanti produk pesanan diantar ke rumah. Asyik kan!



Berikut ini adalah keunggulan berbelanja produk lokal handmade di Qlapa:

1. Produk Handmade Unik

Produk yang dijual di Qlapa dibuat secara handmade. Menjadi unik karena dibuat satu per satu oleh tangan pengrajin lokal. Pembeli boleh memesan produk dengan ukuran atau desain tertentu pada produk bertanda 'costumizable'. Wah, jadi makin ekslusif pastinya. Cocok banget buat siapa saja yang ingin tampil beda dari yang lain.

Sumber foto: Google Plus Qlapa 

2. Kualitas Produk Terjaga

Kualitas produk Qlapa selalu diawasi dan sesuai standar. Produk handmade disesuaikan dengan target pasar Qlapa, yaitu untuk menjangkau penjualan di dalam negeri dan ke penjuru dunia. 

Produk pilihan berkualitas (sumber foto:qlapa.com)

Aneka desain produk berasal dari ide kreatif para pengrajin lokal yang paham akan material bahan serta teknik pembuatannya. Bahkan Qlapa tidak menerima produk dari pengrajin yang berasal dari produk bekas pakai, dan produk yang melanggar hak cipta intelektual pembuat lain atau hukum yang berlaku di Indonesia.

3. Belanja Mudah, Nyaman, dan Aman.

Pembayaran belanja di Qlapa bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran. Yaitu: bank transfer (BCA, Bank Mandiri, BNI, dan BRI), kartu kredir Visa atau Mastercard, dan pembayaran di Indomaret. Pada metode pembayaran yang terakhir, pembeli akan diberi kode khusus untuk diberitahukan ke kasir. Gampang banget dan cocok buat pembeli yang tidak bisa ke ATM karena lokasinya jauh atau tidak punya rekening bank.


Pilihan transaksi di Qlapa 

Transaksi pembayaran dijamin aman. Setelah dibayar, produk langsung. Penjual akan menerima pembayaran setelah barang diterima oleh pembeli. Jika seandainya ada pembatalan transaksi, hal tersebut bisa dilakukan sebelum produk dikirim dan uang pembayaran akan dikembalikan. Pengembalian uang juga akan dilakukan jika produk yang diterima rusak.


4. Beli Langsung dari Pengrajin Lokal

Berbelanja di Qlapa sama dengan membeli langsung dari pengrajin yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Produk yang dijual adalah hasil karya para pengrajin lokal. Distributor atau reseller tidak diperkenankan berjualan di Qlapa. Dengan demikian, kreasi anak bangsa punya kesempatan untuk menjangkau pembeli dari negara sendiri sampai ke manca negara. 

Salah satu pengrajin di Qlapa

Qlapa juga ada aplikasinya, lho! Belanja online di Qlapa jadi semakin mudah dan menyenangkan! Situs Qlapa bisa diakses melalui smartphone android di Google Play Store dan segera hadir untuk IOS di Apple Store. Tinggal dowload saja aplikasinya, gampang kan! 

Aplikasi Qlapa di smartphone Android 

Belanja melalui aplikasi Qlapa jadi lebih mudah karena ada dalam genggaman tangan. Tinggal scroll dan geser layar dengan jari untuk melihat aneka produk. Klik untuk pembayaran, selesai! Lewat aplikasi ini, saya sekalian bisa mengecek pesanan barang yang sedang diproses. Wah, senangnya!

Setelah beberapa hari menanti, akhirnya pesanan saya tiba! Produk tas dikirim dari Bandung sampai terlebih dahulu. Ketika paket dibuka... jreng jreeng... ow, cakep banget! Ini penampakan tas yang saya beli di Qlapa:

Tas yang saya beli di Qlapa

Masih ingat dengan pesanan saya satu lagi, yaitu long outer dari tenun ikat? Penampakan aslinya keren banget! Produk ini dikirim langsung dari pengrajinnya di Yogyakarta. Benang pada kain tenun ikat ini terjalin dengan rapi. Tidak ketinggalan ada petunjuk perawatan kain tenun ikat agar kualiatas warna dan bahannya tetap terjaga.

Long outer tenun ikat

Cara merawat kain tenun ikat
Sip, komplit sudah pesanan saya di Qlapa. Langsung keduanya saya pakai untuk acara peringatan Hari Kartini di sekolah si bungsu Dd Irsyad. Berikut penampilan saya bersama tas dan long outer tenun ikat dari Qlapa:

Tas yang sesuai dengan selera saya

Bergaya sebelum berangkat ke acara peringatan Hari Kartini di sekolah

Saya suka sekali memakai produk handmade dari Qlapa. Jadi makin cinta dengan produk handmade karena terbukti kita bisa tampil unik dan menarik. Kreasi handmade buatan dalam negeri itu harganya lebih terjangkau, plus kualitasnya tidak kalah dengan produk buatan luar negeri. Jadi, buat tampil gaya, nggak perlu deh beli merek mahal dari negara lain. Pakai produk lokal lebih oke!

Boleh juga nih buat referensi tampil beda saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Saya mau cari baju untuk suami dan anak-anak, tidak ketinggalan sepatunya juga. Mau mempercantik rumah dengan aneka dekor unik. Cari hadiah untuk kerabat saat silaturahmi nanti. Apa lagi, ya? Wah, banyak deh pokoknya. Mau cari apa saja, semua ada di Qlapa.

Semakin banyak produk handmade yang kita beli dan pakai, semakin berkembang pula usaha para pengrajin lokal. Bersyukur kini ada Qlapa yang memudahkan kita untuk mendapatkan produk dalam negeri yang berkualitas.

Yuk, dukung produk lokal anak bangsa dengan cinta produk lokal agar gaungnya merambah sampai ke manca negara.

Salam manis dari kami berdua :)

43 comments :

  1. Aku beneran anaksir outernya, mba. Cakep bener dan emang mudah dipandu padankan ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun naksir berat sama outernya :D

      Delete
  2. Foto pertama cakep banget mbak heheheh. Tasnya lucu, saya kebetulan suka yang etnik nanti mampir deh ke app atau laman officialnya.

    ReplyDelete
  3. Ya mbak, bener. Banyak yang bagus di Qlapa. Apalagi saya juga suka motret2

    ReplyDelete
  4. Wah keren banget postingannya lengkap dengan produknya yang langsung dipamerkan bahwa cinta produk lokal. Saluuut, Mbak Innariana.

    ReplyDelete
  5. Suka padu padannya mbak, terlihat keren. Sepertinya banyak properti foto yang unyu di Qlapa, jadi pengen hunting juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba :)
      iya, buat props foto banyak yg unyu2 di qlapa... awas kalap :D

      Delete
  6. sangat memudahkan ya, dan perlu ponsel yang canggih krn banyak aplikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget bu. aktivitas belanja jaman now jadi makin praktis berkat aplikasi :)

      Delete
  7. Langsung jatuh cinta sama outernya.
    Warnanya hitam pula.
    Cucok buat segala suasana.

    ReplyDelete
  8. Buka qlapa.com lihat2 aja udh banyak pengennya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gawat banget bisa bikin dompet tipis :D

      Delete
  9. Mba Inna makin cantiiiik pake tas dan outer tenun. Unik syekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkiyuu :*
      aku mau ikutan mba leyla juga beli sepatu kulit di qlapa

      Delete
  10. Keren ya mbak, qlapa memberikan solusi untuk pencinta produk lokal.

    ReplyDelete
  11. Outernya lucu mbak, motifnya sangat Indonesia pulak

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiii :*
      dijamin bingung deh milih outer di qlapa krna bagus2 semua n khas indonesia banget

      Delete
  12. membeli berarti kita sudah mengapresiasi dan membantu ekonomi kreatif...
    kualitas juga gak kalah sama produk luar negeri...

    Kalau kualitas dalam negeri bagus kenpa harus nyari yang luar negeri...

    ReplyDelete
  13. Uwow...cantiknya mba, eemmm...jadi pengen belanja juga di qlapa, keren ya, baru tau ih

    ReplyDelete
  14. Produk kreatif semua kayaknya ya, mba. Dan aku suka outer mba Inna 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkiyu ma uwi :*
      iya, semua produk qlapa hasil kreasi dr pengrajin lokal

      Delete
  15. Bisa aja pilih2nya, Mbak. Apalagi produknya juga gak bakal samaan kayak yang lain. Hehe

    ReplyDelete
  16. Akhir-akhir ini meang sering denger nama Qlapa. Dan belum belanja juga nih, belum ada kebutuhan yang mau dibeli soalnya, kalau keinginan sih udah banyak..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk belanja di qlapa, pasti jadi pengen beli semua :D

      Delete
  17. Wha udah kayak Dian Sastro nih trust sama produk di Qlapa :D
    Lumayan ya mba punya fashion yg unik pas lebaran nanti
    Awas kalap ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasi disamain ama disast, hihi
      iya bener banget, dijamin bakal kalap kalo belanja di qlapa :)

      Delete
  18. Saya suka produknya Qlapa bagus-bagus. Kak Inna juga cakep bbanget pakai outernya, suka gayanya.

    ReplyDelete
  19. Cuma liat-liat website nya aja udah punya kepuasan tersendiri.. Gimana beli Produk-produknya?? Modelnya gak pasaran ya mba, beda di toko online lainnya. BTW saya juga ikutan loh, mampir sejenak dan komen di artikel saya tentang Qlapa... Makasih dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali.
      iya, belanja di qlapa memang beda dari yang lain :)

      Delete
  20. Saya juga suka produk handmade, mba. Dulu susah banget nyarinya harus nunggui pameran/bazaar. Nah sekarang ada Qlapa jadi lebih gampang belanja produk handmade :D

    ReplyDelete
  21. Aku suka banget produk Qlapa. Nggak terlalu mahal tapi nggak pasaran.

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top