Monday, April 11, 2016

Tips Agar Tetap Semangat Menulis dari Ira Guslina



Halo! Teman blogger hadir kembali. Profil kali ini adalah seorang blogger yang kebetulan menjadi PIC dari Arisan link kelompok 1 Blogger Perempuan Network. Dia adalah Ira Guslina. Langsung saja saya ubek-ubek blognya untuk berkenalan lebih jauh. Yuk, kita kenalan bareng.

  Ira Guslina adalah pemilik blog www.duniabiza.com. Blog ini merupakan reinkarnasi dari blog sebelumnya, www.mantramagi.blogspot.com. Mengambil nama dari kedua buah hatinya (Bintang dan aZIzah), isi blog yang belum genap berusia 5 bulan ini sudah penuh dengan banyak postingan bermanfaat. Berbagai hal bisa dibaca di blog Dunia Biza. Ada parenting, lifestyle, financial, writing, dan inspirasi. Keren ya!

   Rupanya, kemampuan menulis Ira Guslina yang keturunan Minang ini adalah hasil belajar dari Persma (pers mahasiswa) saat kuliah di Pekanbaru Riau. Menjadi Pemimpin Redaksi membuktikan kemampuan menulis Ira yang tidak bisa lepas dari kesehariannya. Wah, pantas saja tulisannya enak dibaca. 


  Selain menulis, Ira Guslina juga aktif berkegiatan di luar kampus. Pernah ikut penelitian kebudayaan yang membuatnya berkeliling kampung untuk berinteraksi dengan penduduk setempat. Kembali jalan-jalan ke beberapa kota bahkan ke luar negeri ketika bekerja dan bergabung dalam kelompok kerjasama yang melibatkan KADIN. Wah asyik, saya mah jalan-jalannya nebeng suami merantau, hehe.


   Menikah dan menjadi wanita karir adalah tahapan hidup yang dijalani oleh Ira Guslina. Keputusan untuk berhenti bekerja muncul setelah melahirkan anak kedua. Tidak bekerja lagi bukan berarti berdiam diri. Ira Guslina serius menekuni dunia menulis dengan ngeblog dan menjadi penulis lepas serta content writer. Bahkan hadir di berbagai acara blogger menjadi kegiatan baru untuk ibu muda ini.

   Sebagai ibu dari Bintang dan Zizi (nama panggilan Azizah), tumbuh kembang kedua buah hatinya kerap diabadikan dalam tulisan blog bertema parenting. Hampir mirip dengan saya, menulis blog untuk merekam jejak pertumbuhan sang buah hati. Bedanya, saya menulis masih mengandalkan mood dan riweuh membagi waktu. Saya salut dengan Ira Guslina. Meski riweuh alias repot menjadi ibu dari dua anak yang masih kecil, blognya tetap update

   Konsisten menulis adalah kuncinya. Bisa berkonsentrasi menulis sambil mengasuh anak itu hebat lho! Saya yang punya anak-anak lebih besar saja suka paciweuh jika mereka merengek saat saya sedang menulis blog. Duh, saya kurang konsentrasi kayaknya nih. Ada Aqu*? (bukan iklan) 

  Pengen banget bisa seperti Ira Guslina yang tetap punya semangat menulis. Ternyata, Ira Guslina punya tips agar tetap semangat menulis, yaitu: 
  1. Mulailah dengan semangat belajar. 
  2. Bangun cerita sederhana dengan bahan yang dikuasai. 
  3. Sesuaikan tulisan dengan target pembaca yang ingin disasar. 
  4. Berceritalah.
  5. Berkolaborasilah dan bergabung dengan komunitas. 
  6. Pilih media kampanye yang tepat. Manfaatkan media sosial untuk berpromosi.
  7. Jangan endapkan ide. Segera tulis menjadi draft sebelum ide menguap!
  8. Banggalah menjadi PENULIS. Jangan minder agar tulisan lebih luwes.
  9. Utamakan konten. Konten adalah kunci penting pada tulisan.
  10. Jangan lupa RISET untuk memperkaya tulisan (apapun produk dan genrenya). Bisa studi kepustakaan ataupun riset lapangan. 
Wah, mantap bukan tipsnya? Biar semangat blog nggak kendor, harus segara praktek nih! Masih penasaran ingin tahu lebih banyak tentang Ira Guslina? Boleh hubungi langsung di beberapa akun sosial media berikut ini:

Email: duniabiza@gmail.com
Twitter: @duniabiza
Facebook: Ira Guslina
Blog: www.duniabiza.com

Yuk, semangat menulis! ^_^

4 comments:

  1. Makasih mba inna..
    btway ini sebenarnya tips dari Ainun Chonsum yg saya elaborasi lagi.. tulisan ini sbenarnya juga buat self reminder.. :-)

    ReplyDelete
  2. Tips-tips menulis dari mbak ira ini kalo emang dipraktekin berguna banget ya :)

    ReplyDelete
  3. Mksh tipsnya mbak harus bnyk bljr neh sama mak ira

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^