Saturday, January 18, 2014

Belajar Ilmu Padi dari Komunitas Emak Blogger


Kumpulan Emak Blogger. Nama yang unik untuk sebuah komunitas. Tanpa sengaja saya menemukan nama ini di jejaring sosial Twitter, lebih dari setahun yang lalu. Setelah stalking diam-diam, akhirnya saya memutuskan untuk ikut bergabung di fans page KEB di Facebook, juga memfolow akun Twitternya. 

KEB didirikan oleh Makpon (singkatan dari Emak Founder) Mira Sahid. KEB semakin eksis didukung kerjasama yang apik bersama para Makmin (Emak Admin): Sary Melati, Indah Juli Sibarani, Vema Syafei, Irma Susanti, Lusiana Trisnasari, Sumarti Saelan, dan Carolina Ratri.

Setelah bergabung dan menjadi anggota KEB, apa yang terjadi? Saya kaget sekali, saudara-saudara. Kaget karena di dalam KEB terdapat para perempuan yang begitu pintar dan tidak pelit berbagi ilmu lewat tulisan di blog mereka masing-masing. 

Saya yang memang aselinya pemalu, hanya menjadi silent reader menikmati tulisan para Emak (panggilan akrab untuk para member KEB) yang bagus-bagus itu. Ada emak yang jago menulis dan sudah menerbitkan beberapa buku, ada emak yang jago masak dan rajin berbagi resep, ada emak yang jago kumputer dan berbagi tips tentang cara ngeblog yang asyik plus mendesain blog dengan cantik, ada emak yang jago berpuisi dan merangkai kata-kata indah, ada emak yang hobi jalan-jalan dan membagi cerita petualangannya hingga kita terpesona oleh keindahan foto-foto yang dibuatnya, aduh...masih banyak banget emak-emak hebat lainnya.

Berawal dari ikut berbagi postingan blog, saya mulai berkenalan dengan beberapa member KEB. Mereka memberi komentar di blog saya. Lalu saya pun mengunjungi blog mereka dan berkomentar balik. Tidak hanya lewat kolom komentar blog, saya menambah teman sesama member KEB melalui Facebook dan Twitter juga. Wah, kami jadi makin akrab. Saya senang sekali, berkat KEB, saya jadi punya banyak teman baru.

Interaksi para member KEB memang paling seru disimak di grup Facebook. Dari beberapa grup FB yang saya ikuti, jujur, di KEB saya merasa paling nyaman. Para emak bisa mengobrol dengan santai dan bercanda. Jika ada yang membingungkan para member, Makpon dan para Makmin yang ramah siap membantu menjawab pertanyaan. Wow, salut untuk Makpon dan Makmins!

Saya banyak dapat ilmu yang bermanfaat dari KEB. Salah satu hasilnya adalah blog kedua saya ini yang bisa saya buat berkat mengikuti kelas online design blog dengan mentor Mak Shinta Ries. Menyusun kata dan kalimat dalam menulis juga saya pelajari dari Mak Haya Alia Zaki di kelas online editing. Terakhir, saya dapat ilmu menulis cerita fiksi dari Mak Nunik Utami Ambarsari di kelas online menulis novel. Wah wah, jadi penasaran, ilmu apa lagi ya yang akan dibagi KEB di kelas online berikutnya? Saya tidak sabar ingin ikut lagi.

Meski hebat dalam bidangnya masing-masing, para emak yang ada di KEB sangat rendah hati. Bagai ilmu padi, makin berisi makin merunduk. Tidak ada yang sombong dan merasa paling jago. Apalagi mencela member lain yang baru mulai belajar ngeblog. Semua saling membantu. Saya jadi tidak malu bertanya jika ada yang tidak dimengerti tentang ngeblog. Maklum, saya emak yang gaptek parah, hehe.

Dalam dunia blog, banyak diadakan lomba menulis. Di KEB, informasi lomba kerap dibahas bersama. Semangat berkompetisi yang sehat saya rasakan di KEB. Setiap ada lomba menulis, para emak akan saling mengingatkan tentang syarat dan DL-nya. Jika ada persyaratan yang sulit, jangan ragu bertanya karena pasti akan ada jawaban yang membantu. Seperti yang pernah saya alami saat mengikuti lomba blog Acer. Saya tidak tahu apa itu postingan berjadwal. Setelah lirik sana-sini, rupanya banyak emak yang juga senasib dan curhat hal yang sama. Langsung saja ada emak yang memberitahu tutorial untuk membuat postingan berjadwal. Baik hati, bukan? Kalau orang lain mungkin tidak akan memberi tahu untuk mengurangi saingan. 

Saat pengumuman pemenang, para emak yang menang tidak langsung tinggi hati. Sedangkan emak yang lain bisa menerima kekalahan dan mengucapkan selamat dengan tulus kepada para pemenang. Tidak ada yang marah-marah karena kalah dan merasa tulisannya jauh lebih baik dari yang menang. Emak-emak yang sportif dan cerdas bukan?


Kopdar KEB di Bogor tanggal 22 Desember 2013
(Foto dari Mak Irma Susanti)

Tak kenal maka tak sayang. Setelah lama berkasak-kusuk saling menyapa di dunia maya, saya penasaran ingin bertatap muka langsung dengan Makpon, Makmins, dan para emak member KEB. Akhirnya saya bisa kopdar dengan Makpon Mira Sahid, Makmin Irma, dan Makmin Sumarti Saelan serta 19 emak member KEB yang tinggal di Jabobek. Acara di Kafe Taman Koleksi IPB ini berlangsung seru! Padahal ini hanya sebagian kecil saja, ya. Nggak kebayang bagaimana jika seluruh member KEB yang jumlahnya lebih dari 1400 ini jika dikumpulkan. Pasti heboh!

Hari ini KEB berulang tahun yang ke dua. Jika diibaratkan anak kecil, saat ini sedang lucu-lucunya dan mengekplorasi apa saja di sekitarnya untuk belajar hal yang baru. Semoga KEB terus berkembang dan makin berjaya dalam menginspirasi perempuan Indonesia melalui dunia blog. Seperti yang menjadi tagline KEB: "Inspirasi perempuan. Kami ada untuk berbagi."

Selamat ulang tahun untuk KEB tercinta
Tetaplah menginspirasi dan rendah hati

Salam sayang,

Inna Riana



40 comments:

  1. huwaaa senang berkenalan denganmu mak :) *peluuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwooww...senang bisa kenalan sama Mak Damme *pelukbalik*

      Delete
  2. Uh menyesal tidak bisa datang ke acara kopdar KEB di Bogor, jadi nggak bisa ketemuan dengan dirimu. Semoga lain waktu bisa bertemu ya.
    Terima kasih sudah menuliskan tentang KEB, semoga nggak bosan menjadi bagian dari KEB.
    I love you :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, Makpuh...coba dateng yah :( Moga kapan2 kita bisa ketemu ya, aamiin.
      Bahagia rasanya bisa menulis (lagi) tentang KEB.
      Ikutan KEB dijamin ga bakal ngebosenin :)
      Luv u tu ^_^

      Delete
  3. Yeaay gara2 kopdar kita ketmu ya mak Inna! Semoga KEB terus menginspirasi ya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yihuuy...senengnya bisa ketemu langsung sama Mak Mia :)
      Aamiin *sambil gandengan*

      Delete
  4. belajar banyak hal dari KEB ya mak,,,

    ReplyDelete
  5. lewat KEB kita jadi kenaal langsung yaa mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaah Mak mak pada kumpul hiehhee
      Yang Bapak Bapak tidak boleh ya

      Delete
    2. Boleh, boleh...di tempat bapak-bapak juga tentunya ^_^

      Delete
  6. iiihh,,aku jg pengen ketemu ma emak2 punggawa nya keb mak inna,,kapan yaa,,he he,,tp di keb aku jg nambah banyak temen,,mak inna salah satunya,,bangga menjadi bagian di keb ya mak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Para punggawa KEB adalah emak2 yg te o pe be ge te :)
      Senang bisa temenan sama Mak Tita. Moga kapan2 kita bisa ketemu muka langsung yaa..aamiin.
      Betul, Mak...bangga plus bahagia bisa jadi bagian dari KEB ^_^

      Delete
  7. yeaachhh KEB is the best pokoknyaaaa :-D

    ReplyDelete
  8. Selamat memperingati  dan mensyukuri 2 Tahun Berdirinya KEB
    Semoga kedepan kegiatannya semakin menarik dan bermanfaat
    serta mampu mendorong anggotanya untuk menjadi
    blogger profesional dan bermoral
    Amin
    Yuk mulai mengabadikan penggalan-penggalan sejarah hidup kita dalam bentuk buku.

    Saam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih atas kunjungannya, PakDhe.
      Saya sedang dalam proses belajar menulis. Semoga dengan banyak berlatih, kelak bisa punya buku sendiri seperti PakDhe Cholik :)
      Salam dari Bogor

      Delete
    2. Saya pun masih banyak belajar jadi penulis. Semoga dengan Ulah KEB ini menjadi ajang mitra diskusi dan juga tukar pikiran sekaligus silaturahmi dengan Kumpulan Bapak Blogger (KBB) gitu hiheiheiheihiehiehie

      Delete
  9. semoga kita bisa ketemuan ya Mak, lain waktu nanti :)

    Selamat ulang tahun KEB ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...moga kita bisa ketemuan, ya Mak ^_^

      Delete
  10. Ga suka fotonyaaa... Ga da aku (nangis sesenggukan)
    Tp mang KEB tmp belajar yg oke bgt yq mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak. Berkat KEB juga kita bisa saling kenal meski sebatas dunia maya. Waaa...padahal kita nyaris ketemuan yaa di Semarang *hik hik*

      Delete
  11. Aku beruntung banget bisa ketemu dirimu di Takol Bogor waktu itu ya mak, berkat KEB kita bisa jadi sahabat menulis dan semoga bisa jadi sahabat dalam kehidupan sebenarnya juga, aamiin.
    Bersyukur tak putus2, peluk cium buatmu mak ...mmuach

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaak...Mak Winny...jumpa dengan dirimu bikin aku hepi. Ternyata meski baru kenalan, dirimu orangnya selain cantik juga baeeekk banget.
      Aamiin...doa yang sama juga kupanjatkan *peluk ciyum melintas diatas awan Bogor untukmu*

      Delete
  12. selamat hari lahir buat KEB..salam sukses selalu untuk semua anggotanya, keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin. Terima kasih sudah berkunjung, Pak.
      Salam dari Bogor ^_^

      Delete
  13. Mak Inna, pengen euy bisa ikut kopdar dengan member maupun punggawa KEB.. Semoga suatu saat ada kesempatan untuk ikut kopdar..

    Semoga KEB makin sukses..
    Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga nyesel loh, Mak, ketemu para punggawa KEB yang oke punya inih :)
      Aamiin.Semoga kita semua sukses bersama KEB ^_^

      Delete
  14. yeeee kapan kita kopdaraaan maak Riweuuh
    biar aku ketularan rieuh jugaa :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopdar yuuk...
      Pengen ketemu Mak Nchie Hanie yang terkenal bening inih :)
      Eee veneran neh mau ketularan riweuh...ciyuuss? :D

      Delete
  15. Kapan ya, kita bisa bertemu? :)
    Terima kasih sudah jadi bagian dari KEB. Senang bisa mengenalmu, Mak :) *peluk erat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Sary...semoga suatu saat kita bisa ketemu langsung yaa.
      Bangga dan senang bisa jadi bagian dari KEB *peluk sampai penyet*

      Delete
  16. Karena KEB aku kenal dirimu mak... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mak..untung kita ikutan KEB ya ^_^

      Delete
  17. Sedang googling tentang KEB, nemu ini. Maafkan baru sempat membaca yang ini, mak. Mrebes mili bacanya. terima kasih sudah jadi bagian dari KEb dan turut membesarkannya ya, mak *bighug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makpooonn....*sepiceles*nubruk*peluk*

      Delete
  18. Mak Inna Salam Kenal ya, saya dari KEB Malang, boleh dong kapan-kapan saya minta ajari blog, : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak nisa. salam kenal kembali. boleh, mudah2an saya bisa bantu. maklum, masih belajar juga :)

      Delete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^