Wednesday, February 17, 2021

Pengalaman Hamil di Rantau


Pengalaman Hamil di rantau saya alami untuk ketiga anak saya. Anak pertama saat saya dan suami tinggal di Banjarmasin. Anak kedua saat tinggal di Denpasar. Dan anak ketiga saat di Palangkaraya. Gimana rasanya? Banyak cerita menarik pastinya.

Ketika dinyatakan hamil pertama kali, saat itu saya tengah mempersiapkan diri untuk pindahan dari Semarang ke Banjarmasin. Ingat banget, waktu itu saya ditinggal sendirian karena suami dan barang-barang sudah berangkat duluan. 

Saya yang tengah hamil muda pindahan pergi sendiri dari Semarang ke Banjarmasin. Mulai dari menginap di hotel, berangkat ke bandara, nongkrong saat transit di Surabaya juga sendirian, lalu tiba di Banjarmasin dengan berbunga-bunga. Eh nggak sendirian dong, kan berdua dengan jabang bayi. Ah, sungguh kenangan yang indah.

Saat itu, ciri-ciri hamil seperti mual muntah, ngidam, mudah letih, mood naik turun, nafsu makan bertambah sudah tidak saya rasakan lagi karena bahagia. Nggak sabar menempuh hidup baru di rantau berdua dengan suami tercinta bersama sang calon buah hati... ihiyy. Romantis kan?

Saaat hamil pertama usia 6 bulan

Hamil di rantau merupakan tantangan buat pasangan muda yang baru menikah seperti saya dan suami. Bayangin, tinggal jauh dari keluarga di seberang lautan. Nggak punya saudara dan kenalan di tanah rantau. Kalau ada apa-apa gimana? Mau minta tolong sama siapa?

Alhamdulillah, semua dimudahkan karena saya dan suami selalu dikelilingi dengan kenalan baru yang saling peduli satu sama lain. Apalagi kalau ketemu kenalan satu kampung halaman, duh berasa nemu saudara di antah berantah. Kami biasanya cepat akrab dan saling kontak jika ada saling butuh bantuan.

Cerita kehamilan anak pertama, Aa Dilshad di Kalimantan memang jadi yang paling berkesan karena baru pertama kali. Saya yang baru jadi istri belum pandai bergaul dengan tetangga. Tetangga terdekat tidak punya anak. Tetangga ujung gang berbaik hati mengirimi saya bubur kacang ijo dan nasehat untuk ibu hamil. Jelang lahiran, kedua ibu (ibu kandung dan ibu mertua) bergantian menjaga saya. 

Cerita kehamilan anak kedua, yaitu Kk Rasyad, lebih berwarna karena ada sang kakak yang masih batita. Saya mempersiapkan Aa Dilshad untuk punya adik. Kondisi fisik saya amat sehat. Bahkan saat hamil masih kuat berjalan kaki bolak-balik ke playgrup dan mengurus rumah sendiri tanpa asisten. Tinggal di tempat wisata, membuat kehamilan saya dipenuhi dengan piknik. Bisa jalan-jalan di Bali sepuasnya!

Hamil anak kedua di Bali

Cerita kehamilan ketiga, yaitu Dd Irsyad jadi lebih meriah karena saya sudah punya dua anak. Saat itu kami berada di Palangkaraya. Karena faktor usia, saya jadi mudah lelah. Beruntung saya mendapat dukungan dari tetangga yang baik dan kenalan baru yang perhatian pada keluarga kami.

Jaman saya merantau dulu, belum marak penggunaan internet. Mau tanya apa-apa, saya nunggu jam murah untuk telepon interlokal. Konsultasi kesehatan jabang bayi kepada Mamah mertua (sekarang sudah almarhum), tanya ini itu kalau mencemaskan sesuatu. Atau menunggu jadwal kontrol ke dokter kandungan, nyimpen banyak pertanyaan untuk dicarikan jawabannya.

Selain itu, saya juga membeli buku dan berlangganan tabloid parenting yang banyak membahas tentang kehamilan. Cari info sebanyak-banyaknya tentang kehamilan yang sedang saya jalani.

Kalau jaman sekarang sih enak, nggak seribet jaman saya hamil dulu. Internet mudah diakses dan semua orang pasti punya smartphone yang bisa mengunduh berbagai aplikasi bermanfaat. Duh, bikin iri aja nih. Andai dulu jamannya sudah canggih, saya pasti sudah punya aplikasi Halodoc untuk kehamilan tiga anak saya.

Meski sekarang sudah tidak hamil lagi, sekarang saya punya aplikasi Halodoc. Dengan Halodoc, solusi kesehatan terlengkap ada di genggaman tangan. Bisa konsultasi via chat dengan dokter, mendaftar untuk pemeriksaan di rumah sakit, beli obat, cek lab, sampai update informasi seputar kesehatan, semuanya komplit ada di Halodoc.

Akun Halodoc di smartphone

Apalagi di saat pandemi seperti ini. Buat kita semua apalagi ibu hamil, rasanya segan mau keluar rumah untuk berobat ke rumah sakit jika ada keluhan ringan. Dengan Halodoc, kita bisa konsultasi langsung dengan dokter, lalu mendapat resep obat, dan tinggal santai di rumah menunggu obat diantarkan. Mudah bukan?

24 comments :

  1. Aku hamil Maxy sampai 8 bulanan sama keluarga tapi abis itu nyusul suami ke Jkt dan memutuskan lahiran di Jkt.
    Kalau Dema full di rantau.
    Ada enak gaknya ya mbak hehe.
    Sengaja gak milih lahiran di rumah ortu krn nanti pasti bakalan lbh ribet bawa bayi mungil ke Jkt, ntr kelamaan misah ma bapake gk enak hehe
    Zaman skrng emang apa2 enak ya mau konsultasi dokter medianya banyak.

    ReplyDelete
  2. sekarang tuh memang era yang memudahkan banget bagi semua manusia di muka bumi ini, termasuk diantaranya ibuhamil dalam mendapatkan informasi kesehatan, malah bisa konsultasi langsung dengan dokter via aplikasi

    ReplyDelete
  3. Mbaaa, itu 3 anak akta lahirnya beda-beda kota atau gimana? Kan keren, 1 di Banjarmasin, 1 di Bali, 1 di Palangkaraya, haha.
    Iya ih, aku pun dulu suka boros karena dikit-dikit ke dokter. Maklum hamil anak pertama. Kalau sudah ada halodoc gini, konsul setiap saat juga nggak masalah karena harganya terjangkau banget kan ya.

    ReplyDelete
  4. Mba Innaaa, imuutt banget dirimu pas hamil anak pertama.
    Mungkin waktu itu masih umur di bawah 25 thn yha? :D

    Btw, Halodoc ini emang sangat reliable untuk layanan kesehatan kita semua yaaaa

    ReplyDelete
  5. Mba Innaaa, masi sama cantiknya kayak dulu 😁 klo agan keliling indonesia yaaa, banyak pengalaman suka duka jauh di rantau. Mamak setrong. Eh iyaa bener jaman dulu tabloid2, mamah aku suka beli juga. Sekarang tinggal dari genggaman aja ya mba informasi apa pun..

    ReplyDelete
  6. Enak banget ini pindah-pindah tempat jadi ngerasain ya hidup di negeri orang. Memang hamil itu enak sekarang udah ada halodoc, bisa konsul online kalau ngerasa ada apa-apa. Nggak perlu buru-buru ke dokter. Penting banget ini internet.

    ReplyDelete
  7. wah anak 3 tempat lahirnya beda semua. Untung dikelilingi tetangga yang baik ya mbak, walau hamil di rantau, jauh dari orang tua, jadi tetap bisa menjalani kehamilan dengan tenang

    ReplyDelete
  8. Hebat euy hamil di rantau. Aku nggak kuat deh. begitu tahu kalau hamil langsung minta pulang dulu ketempat ibu di kampung. Abis kalau tetap di rantau rasanya sedih, nggak ada siapa2 yang bisa diandalin gitu, jadi kepikiran, trus stres deh, mending pulang aja udah

    ReplyDelete
  9. Banyak pengalaman banyak cerita ya Mbaaa, aku baru tahu lho Mba Inna waktu hamilnya di tempat yang berbeda-beda, Masya Allah. Pengalamanku hamil dua kali jauh dari Keluarga, banyakan sedihnya, haha. Tapi Alhamdulillah makin kesini makin kebantu dengan teknologi seperti Halodoc ini.

    ReplyDelete
  10. waw jadi 3 anak di 3 kota berbeda yaa
    aku baru anak kedua ini hamil sampai melahirkan di rantau, mbak. Emang beda banget yak, hamil 9 bulan masih naik ojek ke RS buat periksa. hahaha

    ReplyDelete
  11. Mbak Innaaaaaa, Masya Allah ada foto hamil pertama masih imut imut gitu. Sekarang sudah mendewasa, Masya Allah. Lihat metamorfose kalian luar biasa yaaa, sehat selalu dan samawa. Selalu menginspirasi ya, Mbakku

    Hamil di rantau itu beneran perjuangan ya, apalagi hamil pertama dan hamil muda. rasanya kepingin ada orang yang telah kita kenal dan mampu memberikan support setiap kita butuhkan yaa

    Hamil di masa pandemi, dududududuh, bikin banyak pertimbangan juga ya. Tapi memang semua harus dijalani, untung ada Halodoc ya, jadi meski di rantau, meski pandemi an malas keluar rumah, hati kita jadi tenang karena ada halodoc

    ReplyDelete
  12. wah pengalaman hamil di rantau pasti penuh cerita ya mbak
    beruntung ya sekarang ada Halodoc, segala informasi tentang kesehatan bisa didapat dengan mudah, temasuk informasi seputar kehamilan

    ReplyDelete
  13. Hamil di rantau pasti ada sejuta cerita, ya. Rasa bahagia, terus haru dan lain sebagainya. Terus kalau dulu, mau konsultasi kehamilan harus ke bidan atau ke dokter kandungan secara langsung. Sekarang mah mudah banget, tinggal buka aplikasi halodoc, kita bisa konsultasi dengan dokter kandungan atau yang lainnya.

    ReplyDelete
  14. Ketika keluarga tidak ada di dekat kita secara fisik, memang akhirnya tetangga dan lain-lainnya yang bisa membantu ya, Mbak. Termasuk aplikasi Halodoc ini. Sangat membantu di saat pandemi

    ReplyDelete
  15. Aku hamilnya selalu balik lahiran di kampung hihi, ternyata anaknya Teh Inna beda kota semua ya tempat lahirnya...

    ReplyDelete
  16. Menarik juga pengalaman mba Inna selama hamil 3 anak dan bahkan di kota yang berbeda pulak ketiganya.

    Setuju dengan Mbak Inna, kalo perempuan hamil sekarang lebih enak. Ada website atau aplikasi yang bisa digunakakan untuk nyari informasi atau bantuan nanya kondisi kehamilan ya. Seperti Halodoc ini aku udah pernah konsultasi juga

    ReplyDelete
  17. jangankan di rantau, Mba di deket kampung halaman sendiri aja saya masih was-was.. cari info tahun 2005an itu tak semudah sekarang yaa. Memang bersyukur banget ada Halodoc bumil dimanapun berada bisa cari info-info tentang kehamilan ya

    ReplyDelete
  18. Pengalaman luar biasa ya mba melahirkan di rantau. Untungnya para tetangga baik dan bersedia membantu. Jauh dari keluarga dan saudara soalnya yaaa...kerasa banget sendirian kalau tak ada tetangga yang menemani.

    ReplyDelete
  19. Hamil di rantau dan melahirkan ini punya banyak kenangan yang bisa dibagi yaah..
    Salut kak..
    Kalau bahasa Jawanya, hatinya tatag (kuat) menghadapi apapun kemungkinan yang terjadi.

    ReplyDelete
  20. Aku hamil 2x di rantau semua
    Mamaku ga bisa datengin karena jauh jaraknya
    Ya sudah deh makanya aku benar benar pengen pulang tapi lagi dihalangi pandemi

    ReplyDelete
  21. Sesuatu sekali ya mak Inna hamil di Rantau, aku ngalamin banget hamil dan melahirkan di Rantau. Apa apa berdua, apalagi pas masa hamil muda, tepar, suami kerja.. Jadi yaudah dinikmati aja ahahaha. Alhamdulillah, pengalaman yang indah ya

    ReplyDelete
  22. Masyaallah kehamilan di rantau kalau ada tetangga dan kenalan yg baik jadi enggak berasa ya mbak. Alhamdulillah semuanya sehat. Aku dulu sedih hamil dirantau. Suami sibuk, tetangga agak gimana gitu. Sodara jauh2. Alhamdulillah sekarang ada halodoc ya

    ReplyDelete
  23. Hamil di rantau bisa jadi pengalaman berharga banget yah mbak, alhamdulillah semoga sehat selalu yah. halodoc ini emang mempermudah banget yah.

    ReplyDelete
  24. sesuatu ya makmpokoknya di rantau huhuhu
    semangaaaaat jadi pengen cerita juga

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top