Thursday, October 9, 2014

Telor Pindang Batik


Telor pindang batik sudah saya rencakan untuk menjadi hidangan pelengkap pada Hari Raya Idul Adha tempo hari. Kebiasaan di keluarga nenek saya, telor pindang ini hanya disajikan pada momen perayaan spesial. Seperti hari raya atau ulang tahun salah satu anggota keluarga. 

Kulit bawang merah
Kenapa jarang dibuat? Memasak telor pindang ini perlu perjuangan, saudara-saudara! Iya, bahan untuk membuatnya dikumpulkan dengan penuh kesabaran. Apa itu? Kulit bawang merah! Untuk membuat telor pindang, dibutuhkan kulit bawang merah dalam jumlah yang banyak. Sebenarnya, ada cara praktis, yaitu pakai daun jambu. Tapi saya belum pernah mencoba. Menurut Embah saya, pakai daun jambu memang membuat warna telur menjadi coklat dengan mudah. Tapi rasanya kurang enak. Lebih 'nendang' pakai kulit bawang. Saya sebagai cucu beliau yang manis tentu saja menurut :)

Jadi, saat kita memasak di dapur, pasti memakai bawang merah dan bawang putih, dong. Kan orang Indonesia asli. Kulit bawang merahnya jangan dibuang. Kumpulkan dalam wadah atau baskom yang berbentuk seperti saringan (tujuannya agar kulit bawang tidak lembab). Pakai baskom biasa juga bisa. Supaya awet, boleh sesekali kulit bawang itu dijemur, kemudian disimpan lagi.

Berapa lama mengumpulkan kulit bawang? Lamanya tergantung seberapa rajin anda memasak. Waktu punya pembantu dan setiap hari masak besar, dalam waktu sebulan juga sudah dapat satu baskom kulit bawang. Nah, sejak tidak punya art, saya masak yang praktis-praktis saja. Jadi, kulit bawang merah dalam resep ini yang jumlahnya sebaskom berhasil saya kumpulkan selama... tiga bulan! Hehe, lama ya!

Duh, riweuh amat sih mau bikin telor pindang doang! Beli kulit bawang merah di pasar ,dong! Bisa dapat sekarung dengan harga murah, lho! Iya, betul. Kulit bawang merah juga bisa dicari di pasar. Tinggal kunjungi lapak penjual bawang atau tempat yg menjual bawang merah kupas. Sayang, saya kurang sreg dengan kebersihannya. Biasanya kulit bawang merah dari pasar suka bercampur dengan kulit bawang putih. Saya malas untuk memisahkan mereka berdua, hehe.

Sudah ah. Kepanjangan ngomongnya. Ayo, mulai masak!

Langkah-langkah membuat telor pindang 
(tidak termasuk cara bikin motif batik)

Bahan:
  • 1 baskom kulit bawang merah
  • 12 butir telur ayam
  • setengah bungkus garam
  • air untuk merebus
Cara membuat:

1. Cuci bersih kulit bawang merah.

2. Atur kulit bawang di dasar wajan. 


3. Tata telur di atasnya. Beri jarak antar telur. Jangan berdempetan.


4. Tambahkan air dan garam. Rebus dengan api sedang selama satu jam.



5. Setelah satu jam, matikan kompor. Nanti telur akan dimasak lagi.



Mari kita buat motif batik pada telur. Caranya: 
  1. Pegang telur menggunakan sendok  atau lap bersih (karena panas), ketuk-ketuk perlahan hingga membuat retakan pada telur. Variasikan antara retakan yang besar dengan retakan memanjang. Jangan terlalu keras mengetuknya, ya. Nanti malah pecah :)
  2. Setelah semua telur digetok (awww!), masukkan ke dalam wajan. Masak dengan api kecil selama dua jam. Tambahkan air jika kuah menyusut.
  3. Angkat setelah telur menjadi semakin coklat dan air bawang meresap ke dalam telur. Jika warna telur saat dikupas dirasa kurang coklat, boleh direbus kembali sampai berwarna coklat sesuai selera.
Menurut saya, ini kurang coklat. Jadi, dimakan saja.
Sudah matang! Tinggal hap dimakan. Eits, kulit bawang sisa rebusan jangan dibuang dulu ya. Simpan di kulkas. Buat apa? Kegunaanya
  • Untuk menghangatkan telor pindang keesokan paginya (kalau masih ada sisa). Jangan lupa tambahkan air seperlunya. 
  • Sebagai simpanan untuk 'jaga-jaga' jika rasa telor pindang kurang asin. Tinggal direbus kembali dengan menambahkan garam.
Cantik bukan?
Gimana, gampang kan bikin telor pindang batik ^_^

39 comments:

  1. Cantik banget mak merahnya... merona bgt.. btw kl aku ngumpulin kulit bawang setaun x ya bru dapet ..masak aja jarang bgt :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak. ini coklat loh, bukan merah. yg motonya ga ahli, hehe.
      waah kalo setahun mah keburu busuk dong :D

      Delete
  2. hehehe... agak ribet ya, tapi memang kalo di tempat saya, merebus telur pindang itu menggunakan daun jambu biji

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mak. kalo pake jambu biji memang cepet jd coklat. tp sy kurang suka karna rasanya kurang nendang gitu, hehe

      Delete
  3. Wehhhh kok keren gitu :-D
    Bisa buat dipraktekkan kalau lagi dirumah

    ReplyDelete
  4. Waaa boleh juga dicoba triknya nih

    ReplyDelete
  5. ribet juga ya mak, butuh berjam-jam. Ntar nyoba ah, ngumpulin kulit bawang merah dulu. Klo telur cuma 6 biji, jumlah kulit bawang merahnya bisa lebih sedikit kan? garam berapa sendok kira2 klo 6 biji telur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, mak. Sbenenrbya makin bnyk kulit bawang, makin enak rasanya.
      Ga tanggung mak, bikin 6 biji doang? Kan sayang gas masaknya dipake lama masak. Sekalian banyak aja. Bisa awet kok kalo ga habis, simpan di kulkas :)

      Delete
  6. sampai sekarang belum kesampaian bikin pindang telur batik Mak. Karna prosesnya itu loh, lama. kagum deh dengan mak yang sanggup bikin masakan yang prosesnya sampai berjam-jam. kalau saya, nyerah! anak-anaknya keburu enggak sabar, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... kebanyang anak2nya mak reni udah gelisah di deket kompor nunggu telor pindang mateng ^_^

      Delete
  7. OO... kalo gitu lain kali saya ngga akan buang tuh kulit bawang merah saya, bisa dimanfaatkan ternyata, BTW itu nutrisi telornya apa ngga udah habis ya direbus lama-lama? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mengumpulkan kulit bawang, mak :)
      wah kalo soal nutrisi, aku kurang paham, mak...taunya jd lebih enak kalo direbus lama krna bumbu lebih meresap

      Delete
  8. OOhhhh pakai kulit e brambang toh mak, pantesan masak e lama tapi makannya mak lep enak banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh masaknya lamaa....tapi hasilnya nikmaattt ^_^

      Delete
  9. Wah, makasih ya mbak! Beneran baru tahu deh soal telur pindang batik :)
    Nanti kalau ada hari spesial, mau dicoba juga aaaah ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama... selamat mencoba yaa. anak2 pasti suka ^_^

      Delete
  10. kesukaan anak-anak nih... menu khusus lebaran atau temen tumpeng ulang tahun, jadinya berasa spesial kalo dikasih ini... sering sih minta dibikinin di luar acara itu, tapi repot ngumpulin kulit bawangnya. Akhirnya direbusin telor seperti biasa aja, trus dicocol garam ahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak, momen spesial doang telor pindang ini keluarnya. butuh perjuangan buat ngumpulin bawangnya ^_^

      Delete
  11. oooh, telur pindang itu di gituiin mak, hhi, gampang yaaah :D
    aku gak pernah deh bikin beginian, biasanya telur rebus yaa di rebus aja gitu, gak dipakein warna lagi :D
    sipp sippo mak, udah gak penasaran sekarang, kirain awalnya kulit bawangnya yg di masak dan bisa dimakan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bikin raan.... alm.ibu mertua yg di Ciapus dulu sampe ketagihan lho bikin ini. trus nularin virus masak telor pindang ke sodara2 n tetangga sekitar :)
      wew...hihi..makan kulit bawang yak :D

      Delete
  12. Request ke tetangga aja maak, kalo ngupas bawang kulitnya buat saya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiii mak irits idenya muantapp!
      kita doakan semoga tetangganya ga lupa ngumpulin kulit bawang (kebiasaan langsung buang tea) ^_^

      Delete
  13. masaknya sih lumayan...susah *eh
    yg ribet itu ngumpulin kulit bawangnya, Mak. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... perjuangan demi hasil yg nikmat mak :D

      Delete
  14. baru tahu cara membuat pindang telur spt itu, biasanya tinggal makan di rumah nenek kalau ke bandung, prosesnya lama juga ya 3 jam...di coba akh

    ReplyDelete
  15. ooo bikinnya pakai kulit bawang merah *baru tau* :D

    ReplyDelete
  16. Mamakku sering bikin Mak, kalo mau praktis kulit bawang merahnya bisa beli di pasar di penjual bawang merah, biasanya mereka suka mengupas kulit bagian luarnya saja, agar bawangya cantik...sukanya malah di kasih ding gak beli....hihihi

    Kalo Mamak habis di rebus gitu terus telurnya di kukus, hasilnya telur lebih kenyal dan pulen. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah mak lies, nenekku nyuruh art beli kulit bawang merah ke pasar. dikasih banyak memang. bayarnya jg murah. ee ternyata kualitasnya kurang bagus dan kotor. jadi kapok deh :(

      dikukus lagi? wah belum pernah nyoba. soalnya pas mateng sering udah keburu habis, hehe

      Delete
  17. kok telornya bukan batik yaa mirip salur acakacak ..jadi garis acak2 ga bentuk batik ..hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar semangat makannnya. kan keren, makan batik :)

      Delete
  18. Waaah keren Mak ... baru tahu ada telur pindang batik.
    Di sini kan biasa tuh orang bikin telur rebus warna-warni pas maulid tapi sayangnya dipakein pewarna yang jreng (curiganya sih pewarna textil abis warnanya itu lho ngejreng abis). Coba diginikan saja kan keren etapi itu dia kudu sabar ya ... kalo mau cepat memang pake pewarna itu :(

    Keren idenya Mak .... kayaknya kapan2 bagus nih dicoba.\
    TFS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kok belum nemu ya teior warna-warni pas di Makassar. Ga gaul sih, hihi.
      Iyah, Mak Niar...selamat mencoba ^_^

      Delete
  19. Cantik ya jadinya si telur pindang... Sippsss ntar nyobain ahhh, makasih resepnya mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama mak haya....selamat mencoba :)

      Delete
  20. Wah, ternyata, kulit bawang merah ya?
    Selain yang batik,aku belum sukses bikin telur pindang, aku belum sukses bikin yang telur pindang coklat yang meresap sampai dalam tuh mba

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^