Pages

Thursday, June 24, 2021

Panning yang Bikin Pening



Panning yang bikin pening. Ini bukan penyakit. Tapi ini adalah salah tugas memotret panning untuk kelas online Basic Camera yang saya ikuti. Pengajarnya adalah Uncle Buddy. Kelas ini diselenggarakan oleh Kelas by Request pimpinan Mbak Eka yang juga jadi pengajar. Saya sudah ikut kelas yang diajarkan Mba Eka sebelumnya.

Selain tugas memotret panning, tugas lainnya adalah memotret kertas, bumbu dapur, dan terakhir freeze. Semua tehnik punya caranya tersendiri supaya hasil fotonya menarik. Dan saya paling mati gaya ketika disuruh motret kertas, mending motret makanan aja deh hehehe.

Apa itu panning? Berikut adalah penjelasan dari Uncle Buddy di kelas online via Whatsapp grup:
Panning adalah salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan pada benda yang bergerak. Cara melakukan panning adalah dengan menggerakkan kamera searah dengan arah gerakan obyek yang ingin dibidik sehingga obyek akan tampak fokus, sementara background akan tampak kabur atu blur. Jangan takut hanya karena ada kata “teknik”, cara melakukan panning dapat dibilang cukup mudah.
Cara memoret panning:
  1. Sorot objek dari jauh. Kunci fokus pada objek dengan cara menekan shutter 1/2. 
  2. Ikuti terus pergerakan objek dengan menggoyangkan pinggul. Kamera dan tangan jangan bergeser. Objek tetap terkunci titik fokusnya.
  3. Saat objek ada di tengah frame, tekan shutter. Gunakan continuous shoot agar dapat banyak foto.
  4. Pakai setelan AI Servo (untuk memotret objek bergerak) pada kamera, bukan One Shoot. 
  5. Jangan lupa aturan segitiga eksposure: setelah fokus, shutter speed, dan ISO juga berperan penting dalam motret panning. 
Kelihatannnya gampang ya. Prakteknya itu... susah banget!

Baru kali ini dapet tugas yang dirasa cukup berat. Karena harus motret keluar rumah dan menggeser jadwal masak. Maklum yee, saya kan emak rumahan. Mau keluar rumah rasanya berat banget hahaha.

Awalnya nyoba motret depan rumah. Modelnya si bungsu yg naik sepeda n disuru bolak-balik di depan kamera. Dua hari berturut-turut ngga dapet hasil yang bagus. Anaknya keburu pundung, lalu saya jadi putus asa.

Modelnya capek disuruh mondar-mandir :P

Hmm... ini mah harus motret di pingir jalan. Etapi saya ngga pede nangkring sendirian. Mulailah saya nyari orang yang bersedia menemani saya. 

Percobaan pertama, minta ditemenin suami. Saya diajak motret di depan pinggir jalan dekat Taman Kencana. Berhubung taman masih dikelilingi pita dilarang melintas dan dijaga satpam (biar nggak ada yang nongkrong di taman), saya motret di trotoar pinggir jalan aja. Masih di samping Taman Kencana.

Teringat waktu praktek motret panning di kelas Belajar Fotografi untuk Pemula di JPC Kemang dulu. Waktu itu saya belum punya tripod dan anyar banget pegang kamera. Masih grogi plus tremor. Wajar hasilnya hancur minah. 

Motret panning perdana di Kemang

Kalau sekarang emang udah bisa pegang kamera? Belum juga. Masih ngandelin fitur otomatis di kamera. Dasar ya udah belajar berkali-kali masih juga sok lupa dengan setingan segitiga exposure. Kebiasaan terburu-buru saat memotret, jadi ngambil jalan pintas pilih seting otomatis hehehe. Jangan ditiru yaa...

Gaya beuut pake tripod. Ini beli dalam rangka liburan. Beratnya lumayan. Sengaja beli yang mahal dan berat, maksudnya biar awet. Kenyataannya, pas traveling malah cuma kepake sekali aja. Terus males dipake lagi karena berat dan riweuh bawanya. Hadeuh!

Candid by Bapa

Hasilnya gimana? Saya sukses diliatin orang yang lewat, juga ada yang ngedadahin karena sadar kamera. Langsung auto saya dadahin balik dong. 
Dadaah!

Saya malah seneng ada yang ngedadahin. Soalnya ada temen sekelas yang orang Malaysia, dia cerita kalau orang lewat yang difotonya marah-marah. Disana memang kudu hati-hati kalau ambil foto orang. Beda yaa sama di negara kita, ramah dan sadar kamera hehehe.

Percobaan pertama

Kedua, minta temenin tetangga motret di deket sekolahan. Mama Malikah adalah partner jalan sore. Kalau cuaca mendukung dan kami berdua nggak lagi riweuh, langsung deh cuss jalan bareng. 

Sore itu, saya minta ditemani nongkrong motret di pinggir jalan. Berhubung waktu dah mepet mau magrib dan saya riweuh bawa tripod, Mam Malikah bersedia antar saya dengan motor. Nuhun Mam :)

Lokasi yang dituju atas saran Mam Malikah, yaitu di depan lapangan dekat sekolahan anak saya. Setelah memarkir motor, langsung deh saya pasang tripod dan memotret. 

Posisi saya yang agak tersembunyi membuat pengemudi yang lewat nggak sadar lagi difoto. Plus, kecepatannya juga lumayan ngebut. Tinggal saya ajah harus mengimbangi kecepatan mencet shutter dengan kecepatan motor yang lewat.

Terus, gimana hasilnya? Sukses... jajan surabi oncom di pinggir jalan. Fotonya? Gagal maning. Masih kurang fokus. Tapi setidaknya saya sudah dapat efek movement-nya dengan latar belakang yang ngeblur bergaris-garis. 
Percobaan kedua

Percobaan ketiga, nyoba motret di depan komplek. Saya minta ditemenin suami lagi. Jawabnya: belum beres juga? Duh, jadi minder karena nggak lulus-lulus. Katanya, nggak perlu lulus juga nggak apa-apa, udah bayar ini. Haiyah...

Meski dapat ijin buat gagal, saya masih penasaran  buat nyoba lagi. Dengan waktu yang super mefet magrib, saya motret terburu-buru karena belum masak. 

Lokasi motret yang jalanannya lurus tanpa tukang jualan membuat saya sudah terlihat dari kejauhan. Jadinya saya sukses diklaksonin kendaraan yang lewat karena mereka pada sadar kamera, hehehe. 

Sebagian dari ratusan foto :D

Hasil fotonya gimana? Alhamdulillah akhirnya di-acc juga ada yang dianggap berhasil. Menurut saya sih masih kurang fokus. Tapi ini sudah mentok, nggak bisa disiasati lagi karena ada sesuatu hal pada setingan kamera saya. Pesimis bakal sempurna hasil foto panningnya.

Akhirnya berhasil!

Masalahnya apa? Ini yang membuat saya sempat ingin menyerah. Saya nggak tahu setingan kamera kudu diapain lagi. Titik fokusnya menghilang saat shutter dipencet 1/2. Makanya hampir 200 foto gagal semua akibat kurang fokus. Naitu yang satu berhasil? Mungkin saya hanya beruntung :D

Terima kasih untuk bimbinganny, Uncle Buddy. Berkat ikut kelas Basic Camera ini, saya jadi fitur-fitur kamera. Terutama baru tahu ada yg namanya AI Servo.

Usai kelas ini, saya sudah masuk ke kelas berikutnya, yaitu kelas Edit Video. Lihat banyak kelas di Kelas by Requset bikin mupeng. Kalo diturutin mah, pengen banget ikut semua kelasnya. Yang mau ikut belajar, boleh kepoin Instagram @kelasbyrequest ya!

Selamat memotret ^_^

No comments:

Post a Comment

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^