Wednesday, May 11, 2022

Satu Bulan Ter-riweuh


Satu bulan ter-riweuh setelah sekian dekade.

Maksudnya apa, Mak? Kok pake dekade segala? 

Ahaha, enggak kok. Dekade itu mencerminkan umur saya. Sudah sekian lama saya nggak seriweuh tempo hari. Mungkin ada sekian dekade saking lamanya. 

Oia, selamat datang kembali di blog Inna Riana. Akhirnya saya update blog lagi setelah rehat tiga minggu lebih. Blog ini emang nggak serajin update kayak blog resep masakan di Dapur Ngebut. 

Tetiba aja selama bulan Mei, blog Inna Riana update SETIAP HARI. Sampai kewalahan sendiri dan blog satunya lagi gantian terbengkalai haha.

Kok tumben rajin, Mak? Engg iya. Ini dia kegiatan yang bikin saya super riweuh dan jungkir balik selama satu bulan puasa kemarin:

1. Ikutan One Day One Post

Tahu-tahu saya kesambet aja ikutan challenge dari Blogger Perempuan Network untuk update one day one post. Dulu pernah ikutan waktu ODOP perdana tahun 2018 dan alhamdulillah dapat juara. Terus nggak ikutan lagi. Dan tetiba maksain diri ikutan demi memicu hasrat ngeblog yang mulai kendor. Nyari tantangan ceritanya.

Kebayang nggak sih. Yang tadinya nggak rajin nulis jadi 'dipaksa' buat bikin postingan blog. Setiap hari pula. Biasanya satu postingan seminggu aja susah banget (buat postingan non resep masakan). Dikasih jadwal dua minggu sekali aja sering mangkir. 

Mana situasinya pas bulan puasa pula. Di saat badan lemes karena lapar dan haus. Otak dipaksa mikir buat nulis haha.

Sering kali ngeblank karena tema ODOP yang tidak sesuai dengan kepribadian. Yang ada jadi asal-asalan nulis aja pakai feeling. Jadi tahu kan. Kalau postingan yang dipaksakan itu kualitasnya nggak oke. Cuma 1 hari gitu lho. Mana cukup waktunya buat saya.


2. Posting Menu Sahur dan Buka Puasa Setiap Hari

Sebenarnya saya kapok bikin postingan #dapurngebutramadan yang isinya menu sahur dan buka puasa. Beberapa bulan puasa sempet bikin beginian. Awalnya respon bagus. Lama-lama seiring dengan menurunnya aktivitas saya di Instagram, yaa yang lihat segitu aja.

Terus, kenapa nekad ngaririweuh olangan posting beginian? Mencari tantangan. Sama seperti alasan di nomor 1: mencari tantangan.

Bayangin aja... sudah capek masak, harus menata masakan untuk difoto. Sablengnya lagi, bukan sekedar foto saja kali ini. Saya malah bikin video Reels setiap hari! Kewalahan.... tapi berusaha bertahan.

Demi kewarasan, saya nggak menuntut hasil foto yang bagus. Aspret alias asal jepret aja. Yang penting kelihatan menunya saya sudah masak apa saja.


3. Masak Sahur dan Buka Puasa Setiap Hari

Pada bulan biasa, saya memang selalu masak. Kecuali sakit, lagi kesambet malesnya, lagi pergi... baru deh saya libur masak. Itu pun jarang banget. Andai beli masakan, misalnya makan siang, makan malam or sarapannya pasti masak sendiri.

Kalau ini mah keriweuhan hampir semua emak yang rajin masak di rumah ya. Sahur masak jam 3 pagi. Buat buka puasa sore sudah matang. Bukan sekedar lauk makan saja, buat takjil cemilan dan minuman buka puasa juga. Seringnya emang pelengkap yang terakhir ini saya beli aja. Udah capek...


4. Edit template Feed Instagram, Foto, dan Video Pakai HP

Untuk posting foto-foto masakan, saya harus edit dulu lewat aplikasi di HP. Itu buat yang postingan masakan. Kalau untuk postingan blog, saya sok rajin bikin feed cantik di Instagram. Jadi setiap postingan yang tayang, saya share lagi di Instagram. Biar runut saya tata gitu. Selain nyarinya gampang, ngeliatnya juga nggak puyeng hihi.


5. Berjuang Melawan Kondisi Fisik yang Lemas

Dengan aktivitas sok riweuh tadi, saya sebenarnya sedang masa pengobatan penyakit autoimun. Sudah hampir sembuh dan sekarang dicoba stop tanpa obat (bismillah, doakan semoga pulih seutuhnya).

Pertama kali seumur hidup, baru bulan puasa kali ini saya tambah berat badan. Biasanya setelah satu bulan puasa, berat badan saya berkurang 1 kg. Eh ini kok malah nambah. 

Penyebabnya adalah... saya makan sebanyak-banyaknya setelah buka puasa. Demi menambah energi untuk begadang: bikin postingan blog dan edit segala macamnya pakai HP.

Kenapa nggak dikerjain siang aja sih? Pagi or siang juga bisa. Bisa setelah masak untuk buka puasa atau setelahnya. Jadi saya masak dicicil pagi dan sore atau cuma masak sore aja. Ngetik diantara waktu itu dan waktu tidur.

Yap, saya nggak bisa kalau nggak tidur saat puasa. Lemes banget. Belum lagi pusingnya. Maafkan HambaMU yang lemah ini Ya Allah... Saat perut kosong, saya susah banget konsentrasi nulis. Hik.


Kesimpulan

Jadi gimana, masih mau ikutan ODOP lagi? Enggak ah. Sudah tua, sudah nggak kuat lagi energinya. Kalau bukan pas bulan puasa? Enggak juga, saya nggak mau ngalamin lagi perasaan jungkir balik yang melelahkan ini.

Mau bikin #dapurngebutramadan lagi? Enggak. Kapok. Sudah bukan jamannya lagi buat saya posting menu sahur dan buka puasa setiap hari. Capeknya bikin postingan nggak sepadan dengan yang melihatnya di Instagram. Salah sendiri kenapa nggak aktif di Instagram. Jadi nggak ada yang lihat kan hahaha.

Mau bikin feed cantik lagi? Mungkin. Tapi nyari yang versi gampang. Sementara sudah ada ide sih mau gimana modelnya. Tinggal ngumpulin bahan buat eksekusi.

Mau bikin video Reels lagi? Tentu. Walau nggak seaktif awal nyobain Reels. Saya tetap pengen bisa bikin video yang menarik. Masih penasaran belajar. Sudah ikut kelas online bikin video tapi masih belum puas karena kurang praktek.

Dan pastinya satu hal: berhenti ikut challenge or kegiatan apa pun selama bulan puasa! Kenapa? Saya kewalahan bestie... nggak bisa beribadah dengan tenang karena mikirin setoran postingan huhuhu. Ampuni Hamba Ya Allah...



1 comment :

  1. Hemm produktifnya selama bulan puasa banyak banget yang diikuti, tapi iya juga sih walau banyak waktu luang cuma kalau banyak kayak gini kewalahan bagi waktu sama kegiatan selama bulan puasa. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top