Pages

Wednesday, October 28, 2020

Ngeblog Asik ala Emak (Riweuh)


Halo para emak blogger seantero jagad! Gimana kegiatan ngeblognya? Masih semangat kan? Salut untuk emak yang masih aktif ngeblog ditengah riweuhnya menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga. Semoga sehat selalu ya Mak, aamiin. 

Sampai saat ini, saya masih banga dengan label emak blogger. Kenapa? Karena dengan menjadi blogger, saya banyak berubah. Bisa belajar banyak hal. Mulai dari belajar menulis dan bikin desain blog yang dibimbing oleh Komunitas Emak-emak Blogger. Sampai merambah belajar motret, SEO blog, optimasi media sosial, copywriting, dan masih banyak lagi.

Bonusnya lagi, saya yang aslinya pendiam dan tertutup ini mendadak punya banyak teman. Bertemu dengan teman-teman blogger di suatu acara menjadi hal yang ditunggu dan penuh kesan.

Ngeblog Asik ala Emak Riweuh

⁣⁣Percaya ngga kalau saya pernah menaruh laptop di atas mesin cuci, lalu mengetik sambil berdiri? ⁣⁣Itu dulu saya lakukan saat 'kebelet' ngeblog tapi si kecil lagi ogah tidur siang. Jadi, saya nulis blog sambil ngasuh.
⁣⁣
Kalau sekarang, anak-anak sudah besar. Sudah ngerti kalau emaknya di depan laptop mau ngapain. Kalo ngga ngetik ya nonton drakor, hahaha.⁣⁣
⁣⁣
Etapi teuteup yak, namanya di rumah suka ada aja gangguan. Ngeblog sering ga konsen. Makanya sesekali saya ganti suasana: ngeblog di kafe atau working space. Ini sekalian jadi ajang me time dan 'piknik kecil' di sela keriweuhan mengurus rumah tangga.⁣⁣

Buat saya, ngeblog adalah me time yang membuat saya bahagia❤️

⁣⁣

Ngeblog Mendatangkan Rupiah

Dari awal, saya tidak memfokuskan diri mencari uang lewat blog. Etapi ternyata dapatnya lumayan juga. Anggap aja itu bonus ya Mak... alhamdulillah. Dari penghasilan sendiri, saya bisa 'jajan' tanpa rasa bersalah ngabisin uang belanja dari suami, hehehe.

Blog pertama saya bernama Emak Riweuh. Berisi tentang kisah keluarga saya saat merantau. Setelah menetap di Bogor, saya membuat blog khusus makanan bernama Dapur Ngebut. Juga blog khusus lifestyle bernama Inna Riana. Ditambah blog khusus craft yaitu Inas Craft. Plus dua blog di platform lainnya. Seru aja ternak blog saat itu.

Sekarang tinggal 2 blog yang masih aktif diupdate. Terutama blog memasak. Saat ini ada lebih dari 70 draft resep yang belum sempat diposting. Maklum, tiap masak difoto mulu terus lupa mau ngedit.

Pensiun Ngeblog?

Tahun lalu, saya berpikir untuk pensiun menulis blog. Alasannya karena faktor usia yang tak lagi muda dan ingin fokus mengurus keluarga. Tapi ternyata... saya nggak bisa! Tanpa menulis blog, rasanya jiwa ini hampa! Akhirnya, saya nggak jadi pensiun ngeblog. 

Berhubung di masa pandemi saya nggak ada foto cakepan di tempat asik, jadi saya pajang foto lama. 

(Photo by: Mba Ratna Amalia)


Foto terbaik yang mewakili perasaan saya saat ngeblog: 
"Menulis blog adalah me time yang membuat saya bahagia." 

2 comments:

  1. Dulu saya ngeblog hanya sekedar buat curahan hati saja
    Eh tak tahunya ada yang menawari job
    Malu dan senang campur aduk
    Soal pensiun, pastinya ada. Tapi entah kapan
    Tapi sudah ancang-ancang seh.

    ReplyDelete
  2. Kala lihat foto ini, saya lalu ngebatin; kenapa gw gak punya oose kek giniihh?!
    #nangisgulingguling

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^