Wednesday, April 1, 2020

Perjuangan Membesarkan Bisnis Makanan di Drama Korea Itaewon Class



Halo semua! Saat menulis ini, situasi negara kita tengah berjuang melawan pandemi virus Corona. Sekolah diliburkan selama 1 bulan dan banyak pekerja kantoran yang work from home. Jika kebetulan sedang tidak sibuk dengan menemani dan membantu anak-anak belajar via online, boleh nih tonton drama Korea Itaewon Class untuk mengisi waktu selama di rumah aja.


Awalnya saya nggak yakin bisa nulis blog. Soalnya udah riweuh di dapur dan bantu anak-anak belajar. Tapi, demi kewarasan dan kesehatan mental... saya tetap harus menulis! Tanpa ngeblog, hati terasa hampa. Kan nggak boleh stress supaya daya tahan nggak drop dan nggak gampang sakit, iya nggak?


Okede, kenapa saya suka banget sama drama Itaewon Class? Pertama, karena tokoh utama wanitanya diceritakan sebagai blogger dan influencer. Kedua, pemeran utama pria adalah Park Seo Joon yang saya udah kagumi aktingnya di drama dia yang lain. Ketiga, tentu dong ceritanya yang menarik! Cukup harus ada 3 poin buat saya tergerak nonton drama Korea.


Review Drama Korea Itaewon Class

Drama Korea Itaewon Class diangkat dari komik webtoon dengan judul yang sama. Ditulis oleh Jo Kwang Jin, komik ini menjadi sebuah drama sukses. Disutradarai oleh Kim Sung-yoon, yang pernah menangani drama Love in The Moonlight. Drama Itaewon Class ditayangkan di Netflix mulai akhir Januari 2020 sampai 21 Maret 2020.


drama korea
Poster Itaewon Class

Dikisahkan, Park Sae-roy mengalami nasib tidak menyenangkan di masa sekolahnya. Setelah membela seorang teman yang dibully dan memukul anak bos ayahnya, dia dikeluarkan dari sekolah. 



drama korea
Berkelahi di sekolah


drama korea
Adegan perkelahian dalam webtoon

Bukan itu saja, sang ayah, Pak Park Sung-yeol pun dipecat dari perusahaan Jangga. Yaitu sebuah perusahaan makanan yang terkenal tempat ayahnya bekerja untuk menghidupi mereka berdua.



drama korea
Ayah dan anak yang saling menyayangi

Pak Park dan putranya yang sama-sama jago masak bersiap membuka kedai makanan untuk menyambung hidup. Naas, suatu malam saat berkendara dengan motor, Pak Park ditabrak mobil dan meninggal. 


Sang penabrak ternyata adalah Jang Geun Won, anak bos Jangga yang dulu dipukuli Park Sae-roy. Namun ayah Jang Geun Won, yaitu Pak Jang Dae-hee menutupi kasus ini dan melimpahkan kesalahan pada orang lain. Park Sae-roy yang mengetahui kebenaran tersebut tidak terima. 



drama korea
Kepedihan Park Sae-roy usai kematian ayahnya

Dia menghajar Jang Geun Won dan masuk penjara. Selama di penjara, Park Sae-roy yang masih berduka tiba-tiba ingin membalas dendam. Tujuan hidupnya pun berubah. Dia ingin hidup sukses dan menjatuhkan perusahaan Jangga. 

  

drama korea
Park Sae-roy saat menjadi tahanan

Selepas dari penjara, Park Seo-roy bekerja keras untuk mengumpulkan modal. Tidak diceritakan pekerjaan apa yang dilakukannya. Di drama hanya dikatakan dia pergi sebagai nelayan di kapal. Pekerjaan kasar yang akhirnya menimbulkan beberapa bekas luka di tubuhnya. 



drama korea
Salah satu pekerjaan Park Sae-roy

Tujuh tahun kemudian, Park Sae-roy berhasil mengontrak sebuah bangunan di kawasan Itaewon Seol dan mendirikan kedai makanan bernama DanBam. Di sinilah perjuangan Park Sae-roy untuk mengalahkan perusahaan Jangga dimulai. 


Berhasilkah usaha Park Sae-roy? Simak aja ceritanya. Seru banget deh, nyimak 16 episode tentang perjuangan membesarkan Kedai Danbam untuk mengalahkan Perusahaan Jangga. Tambah menarik dengan kisah cinta antar tokohnya yang bikin geregetan.


Kita kenalan dulu yuk dengan para tokoh yang memperkaya cerita di Itaewon Class...



Orang-orang di Kedai DanBam

drama korea

Di awal tulisan, kita sudah kenalan dengan Park Sae-roy sang tokoh utama pria yang diperankan oleh Park Seo-joon. Sifatnya gigih, keras kepala, dan cenderung dingin. Dia sulit berteman di masa sekolahnya. Setelah keluar dari penjara dan mengumpulkan modal untuk membuka Kedai DanBam, dia mengumpulkan orang-orang yang dikenalnya untuk bekerjasama dengannya.


Park Seo-joon sebagai Park Sae-roy

drama korea
Park Sae-roy yang manis kalau tersenyum


Untuk mewujudkan impiannya mengalahkan Perusahaan Jangga sekaligus balas dendam atas kematian ayahnya, Park Sae-roy tidak sendirian. Berikut ini adalah orang-orang yang membantu Park Sae-roy membesarkan Kedai DanBam menjadi perusahaan makanan dengan nama IC (singkatan dari Itaewon Class). 


drama korea
Orang-orang yang ada di Kedai Dan Bam


Tokoh utama wanita adalah Jo Yi-seo, yang diperankan oleh Kim Da Mi. Yi-Seo adalah gadis cerdas lulusan SMA yang memilih untuk tidak meneruskan kuliah. Sifatnya sosiopat dan keras kepala. Sebagai influencer yang sukses, Yi-seo mendapatkan penghasilan dari media sosial dan blog. Asyik, senangnya ada blogger yang jadi peran utama.

drama korea
Jo Yi-seo yang unik

drama korea
Cewek galak dan nggak kenal takut :D

Jo Yi-seo jatuh cinta pada Park Sae-roy dan bersedia menjadi manajer di Kedai Dan Bam. Berkat kecerdasannya dalam strategi pemasaran, Kedai Dan Bam yang awalnya sepi mulai ramai didatangi pengunjung. 



drama korea
Saat Jo Yi-seo jatuh cinta pada Park Sae-roy

Dia pun berterus terang menyatakan perasaannya pada Park Sae-roy, sayang sang pujaan hati sudah mencintai orang lain. Sedih usai ditolak tidak membuatnya menyerah. Jo Yi-seo tetap ada di Dan Bam dan yakin suatu saat cintanya akan dibalas.



drama korea
Pak boss dan sang manager pemasaran


Pekerja berikutnya di Kedai DanBam adalah Choi Seung Kwon yang diperankan oleh Ryu Kyung Soo. Dia adalah mantan preman yang menjadi teman Park Sae-roy waktu di penjara. Sifatnya emosional dan sering berbuat sesuatu tanpa berpikir panjang. Meskipun pemarah, Seung Kwon setia pada Park Sae-roy yang sudah mengubah hidupnya menjadi orang baik.  

drama korea
Choi Seung Kwon sang mantan preman


Selanjutnya, ada koki cantik Ma Hyun Yi yang diperankan oleh Lee Ju Young. Juru masak Kedai DanBam ini diceritakan sebagai seorang transgender, yaitu laki-laki yang menjadi perempuan. Pemain aslinya adalah wanita tulen yang cantik. Aktingnya keren dan tidak canggung. Saya sendiri menganggapnya sebagai wanita selama menonton drama ini, biar nggak ada yang ngeganjel gitu hehe.


drama korea
Ma Hyun-yi yang beneran cantik

drama korea
Jo Yi-seo sedang mencicipi masakan Ma Hyun Yi

Pekerja selanjutnya adalah Jang Geun Soo yang diperankan oleh Kim Dong Hee. Jang Geun Soo adalah anak kedua Pak Jang Dae-hae dari istri tidak sah. Sejak kecil kerap diperlakukan tidak adil oleh kakak tirinya, Jang Geun Won. Pergi dari rumah dan hidup mandiri saat SMA karena kecewa dengan keluarganya. 



drama korea
Jang Geun Soo saat di Kedai Danbam


Jang Geun Soo berteman dengan Jo Yi-seo sejak SMA. Dia mencintai Jo Yi-seo. Karena rasa cinta itulah, Geun Soo kembali ke rumahnya untuk menjadi penerus Jangga saat kakaknya terkena masalah. Gara-gara obsesi itu, sifat Geun Soo berubah yang tadinya kalem jadi licik tak berperasaan. Persis seperti ayah dan kakaknya.

drama korea
Jang Geun Soo dan Jo Yi-seo yang sudah berteman lama

Nah, tokoh terakhir ini tidak ada di webtoon. Diciptakan khusus untuk versi drama supaya ceritanya makin berwarna. Yaitu Kim Toni yang diperankan oleh Chris Lyon. Diceritakan Kim Toni adalah blasteran Korea dan Guinea. Dia datang ke Korea untuk mencari ayahnya. Park Sae-roy kemudian membantunya, namun gagal. Meski begitu, nasibnya berujung bahagia karena dipertemukan dengan anggota keluarganya yang lain.


drama korea
Kim Toni yang ceria

Ada tokoh penting lainnya yang turut membantu Park Sae-roy. Yaitu Lee Ho-jin yang menjadi penasehat keuangan dan manajer investasi Park Sae-roy. Dia adalah teman sekolah yang dulu dibully oleh Jang Geun Woon dan dibela oleh Park Sae-roy. Ingin membalas budi, Lee Ho-jin menawarkan kerjasama untuk menjatuhkan Perusahaan Jangga, terutama membalas dendam terhadap Jang Geun Won.



drama korea
Lee Ho-jin sang manager investasi

Oia, Lee David yang berperan sebagai Lee Ho-jin yang grogianini pertama saya lihat di drama Hotel del Luna. Dia jadi pembunuh berantai lalu mati dan menjadi hantu menyeramkan.


Orang-orang di Perusahaan Jangga

drama korea


Kurang seru dong kalau dalam cerita nggak ada tokoh jahatnya. Nah, di Perusahaan Jangga ini sudah pasti yang jahat adalah sang bos pemilik perusahaan ini, yaitu Jang Dae Hae. Diperankan sangat apik oleh aktor kawakan Yoo Jae-myung, bikin kita sebagai penonton ikutan sebel dengan kelicikannya.

drama korea
Pak Jang Dae Hae yang arogan

Pak Jang Dae Hae merintis Perusahaan Jangga dari nol. Berawal dari masa kecilnya yang miskin, dia membuka kedai makanan agar keluarganya tidak kelaparan. Sukses membesarkan Jangga membuatnya jadi ambisius dan menghalalkan segala cara demi perusahaan. 

drama korea
Orang-orang di Perusahan Jangga

Dulu, Jangga didirikan oleh Pak Jang Dae-hee juga berawal dari sebuah kedai kecil. Lambat laun, kedai Jangga punya beberapa cabang. Bisnis Jangga pun merambah ke bisnis makanan yang lain hingga perusahaan ini menjadi perusahaan besar makanan yang terkenal.

drama korea
Apa pun akan dilakukan Jang Dae Hee demi Jangga

Ketenangan hidup Pak Jang mulai terganggu sejak kemunculan Park Sae-roy dengan Kedai DanBam-nya. Dia melakukan berbagai trik kotor agar Kedai DanBam bangkrut. Tapi usahanya berulang kali gagal karena Park Sae-roy punya teman-teman yang bisa diandalkan untuk membantunya.


drama korea
Park Sae-roy dan Pak Jang Dae-hee

Tokoh penting dalam drama ini selanjutnya adalah Ooh So Ah yang diperankan oleh Kwon Nara. Gadis cantik ini adalah karyawan Jangga yang handal. Dibesarkan di panti asuhan, Ooh So Ah dekat dengan ayah Park Sae-roy. Dia juga merupakan cinta pertama Park Sae-roy dan Jang Geun Won. 



drama korea
Cantiknyaa Oh Soo Ah 

Pada episode awal, penonton dibuat baper dengan hubungan akrab Park Sae-roy dan Oh Soo Ah. Apalagi Park Sae-roy bucin banget sama Oh Soo Ah. Rasanya pengen banget mereka jadian! Oh Soo Ah yang ambisius menerima tawaran untuk bekerja pada Perusahaan Jangga. Inilah yang kemudian membuat hubungan mereka jadi sulit saat Park Sae-roy justru bangkit untuk menjatuhkan Jangga. 



drama korea
Sulit bersatu: Park Sae-roy dan Oh Soo Ah
Hadirnya Oh Soo Ah sempat membuat saya suudzon kalau dia jahat. Termasuk persaingannya dengan Jo Yi-seo untuk mendapatkan Park Sae-roy. Dia sangat percaya diri bisa bersatu dengan Park Sae-roy dan mengangap Jo Yi-seo sebagai anak kecil. Meskipun begitu, dia tidak membenci Jo Yi-seo. Kebalikannya, Jo Yi-seo yang benci banget pada Oh Soo Ah.
drama korea
Dua penggemar Park Sae-roy :D 

Tokoh penjahat selanjutnya adalah Jang Geun Won, anak pertama Pak Jang Dae-hee. Sebagai pewaris Perusahaan Jangga, sikapnya arogan, emosional, dan kerap ceroboh. Meski dididik secara keras, dia sangat menyayangi sang ayah dan selalu ingin menjadi anak yang dibanggakan.



drama korea
Jang Geun Woon yang suka membuat onar


Jang Geun Won tidak suka pada adik tirinya, Jang Geun Soo. Dia kerap memukuli adiknya sejak masih kecil. Sang adik yang tidak tahan akhirnya kabur dari rumah dan hidup mandiri saat SMA. Setelah bekerja di Kedai Dan Bam, Jang Geun Soo kembali pulang untuk menjadi pewaris Jangga dan menggantikan posisi sang kakak.


drama korea
Adik kakak yang nggak pernah akur

Tokoh selanjutnya di perusahaan Jangga ada Kang Min Jung. Diperankan oleh Kim Hye Un, dia adalah tangan kanan Pak Jang Dae Hee. Dia juga dekat dengan ayah Park Sae-roy. Oleh karena itu, dia mendukung Kedai Dan Bam secara diam-diam. Ketika ketahuan, dia dibuang ke cabang kecil oleh Pak Jang yang marah.



Kang Min Jung yang membela Park Sae-roy

Perjuangan Membesarkan Bisnis Makanan

Menyimak drama Korea Itaewon Class ini nggak bosenin deh. Di episode pertama masih cerita tentang kisah Park Sae-roy saat di SMA. Episode kedua juga baru mulai buka kedai. Nah, giliran persaingan DanBam vs Jangga baru keseruan dimulai!

Berbagai langkah ditempuh Kedai DanBam untuk menjadi sukses. Beberapa kali Jangga selalu menjegatnya, bahkan rela bermain kotor supaya Kedai DanBam gagal berkembang menjadi waralaba.


Drama berjumlah 16 episode ini mencapai puncak keseruannya jelang episode akhir. Jang Geun Woon yang sangat membenci Park Sae-roy berbuat ulah nekad yang mengancam nyawa orang-orang terdekat Park Sae-roy. Dalam webtoon diceritakan Park Sae-roy tertikam pisau saat hendak melindungi salah satu temannya. Tapi dalam drama tidak ada adegan tersebut dan diganti dengan adegan lain yang tidak kalah epic. Apa itu? Tonton sendiri ya!


drama korea
Adegan dalam webtoon yang tidak ada di drama

Saya suka banget menonton drama ini karena hubungan antar tokohnya yang berkembang semakin menarik. Kisah persahabatan yang kian erat di Kedai DanBam hingga mereka jadi kompak dan saling menyayangi satu sama lain. Park Sae-roy dan Jo Yi-seo yang tadinya tidak bisa punya teman dekat kini dikelilingi oleh orang-orang yang peduli.


drama korea
Selalu berdiskusi untuk keputusan bersama

Kompak selalu

Saling menyayangi


Mereka dekat sekali seperti keluarga. Nggak rela kalau salah satu ada yang disakiti. Saya suka dengan tindakan keren sang mantan preman Choi Seung Kwon saat membela Park Sae-roy. Dia berani menghadapi ketua gangster mantan bossnya dulu. Suka dengan pembawaan Kim Toni yang rendah hati. Juga sikap elegan Ma Hyun Yi di depan orang yang menyakitinya. 


drama korea
Lagi promosiin Kedai DanBam lewat live video


Tentang Kedai Danbam

drama korea
Honey night is DanBam

Park Sae-roy memulai perjuangannya dengan membuka sebuah kedai makanan DanBam (yang artinya honey or sweet night) di kawasan Itaewon Seol. Dia jatuh hati pada Itaewon karena kawasan tersebut selalu ramai dan banyak orang asing yang tinggal di sana. Menurut sejarah, di Itaewon ada bekas markas Jepang dan pangkalan militer Amerika Serikat. Pada akhir pekan, banyak orang asing yang main ke Itaewon. Bahkan kawasan ini menjadi pusat perayaan Halloween setiap tahun. 


drama korea
Kedai Danbam di lokasi pertama

Ketika bisnis mereka dihalang-halangi oleh Perusahaan Jangga, Kedai Dan Bam terpaksa harus pindah lokasi. Lokasi kedai yang baru menempati sebuah gedung yang dibeli oleh Park Sae-roy. Lokasinya di jalan kecil yang kurang ramai pengunjung. Justru ini menjadi tantangan tersendiri untuk memajukan kawasan tersebut menjadi ramai pengunjung.



drama korea
Kedai Dan Bam pindah ke gedung ini 

Suasana di dalam Kedai Dan Bam dibuat senyaman mungkin buat nongkrong bareng. Awalnya, interior DanBam kacau banget dan nggak menarik. Kemudian Jo Yi-seo datang dan mengubah tatanan kedai tersebut menjadi lebih nyaman untuk pengunjung.


drama korea
Membuat lampu dari botol minuman

Di lantai paling atas ada area terbuka yang asyik banget buat makan dan minum sambil menikmati pemandangan. Tempat ini yang ceritanya jadi favorit buat para pegawai DanBam.

drama korea
Nongkrong bareng teman di Kedai DanBam

Buat orang Korea, tempat makan ya pastinya nggak bisa dipisahkan dengan minuman beralkohol. Terutama soju yang sudah merakyat. Tentu saja Kedai Dan Bam menyediakan minuman tersebut dan minuman lain yang biasa disajikan di negara tersebut. 


drama korea
Menu di Kedai DanBam

Makanannya gimana? Pastinya bukan makanan yang halal untuk muslim. Diceritakan bahwa masakan di kedai DanBam rasanya enak. Dan standar rasa yang sama diberlakukan untuk para pengusaha yang bergabung menjadi mitra waralaba DanBam.


drama korea
Salah satu menu di Kedai DanBam


drama korea
Menu dengan lobster

Standar resep dibuat catatan tersendiri. Terutama untuk menu yang menjadi andalan di Kedai DanBam. Andai ada terjemahan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia untuk menu berikut, saya mau coba bikin di rumah yang versi halalnya.  


drama korea
Resep apakah ini?


drama korea
Yang ini juga resep apa ya?

Well, sekian dulu review drama Korea Itaewon Class. Saya mau nulis lebih panjang lagi sebenernya, haha. Lebih baik berhenti dulu sebelum saya kebablasan karena saking sukanya sama drama ini. 


drama korea
Adegan flashback yang menyadarkan Park Sae-roy

Baca juga: French Toast yang Terinspirasi dari Drama Korea Coffee Friends

Sebagai bonus, saya kasih penampakan aktor Park Bo Gum yang terakhir main di drama EncounterKemunculannya di akhir episode membawa kebahagiaan tersendiri (buat saya sih, hehe). 


drama korea
Park Bo Gum tampil di episode akhir

Tentu saja, kisah pejuangan Park Sae-roy untuk membesarkan Kedai DanBam jadi perusahaan makanan bernama IC (Itaewon Class) berujung manis dan happy ending. Sebagai penutup, saya mau berbagi salah satu OST Itaewon Class favorit saya yang satu ini. Enjoy!



32 comments :

  1. Huaaa makasih banget udah review drama ini dengan detil :D udah dari awal bulan film ini rame dibahas di timeline IG-ku, beberapa teman merekomendasikan film ini katanya ceritanya unik. Baru hari ini aku baca review-nya di blog emak Inna, langsung tertarik karena topiknya yang kusuka: tentang makanan dan pemeran utama ceweknya blogger huahahaha

    Besok cuss langsung nonton ah! Makasih banyak yaa!

    ReplyDelete
  2. Huwaaaa review detil di sini jadi bikin oengen baca webtoonnya dan nonton dramanya dehhh.

    ReplyDelete
  3. Aku tahu Itaewon Class dari cuitan Handikoo di Twitter.
    Kata dia sih, alur cerita menariiikk bgt dan mengingatkan dia sama SKY CASTLE.
    Wohooo, auto-penasaran dong, dan terjawab sudah di blogpost ini.
    Makasiii!

    ReplyDelete
  4. Aku nonton IC ini ya karena karakternya yang blogger dan influencer. Berasa dekat gitu ya, hahaha

    Kunci berhasilnya Saeroyi tuh karena orang-orang di sekitarnya

    ReplyDelete
  5. Sampai saat ini saya belum tertarik nonton film korea. Tepatnya menahan rasa ketertarikan. Takut adiksi, Mbak hehehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga dulu menahan diri. lalu kena racun temen2 asinan blogger. sampe skr jadi demen nonton drakor. tapi milih2 nonton yg bermangpaat aja buatku hehehe

      Delete
  6. Waktu buka Netflix, Itaewon selalu direkomendasikan agar saya tonton. Pembukaannya sedih ya. Untungnya kesedihan dan dendam disalurkan secara postif, korban berketekad untuk sukses. Menarik nih

    ReplyDelete
  7. Nah balas dendamnya jangan dengan bunuh-bunuhan, tapi jadi motivasi untuk hidup lebih sukses.

    Jadi akhir ceritanya gimana? kasih bocoran dong

    ReplyDelete
  8. uwuu.. aku lupa terus nonton itaewon class. padahal pengin bgt nonton itu. cari waktu luangnya susah. mungkin pas bulan puasa disempet2in

    ReplyDelete
  9. Begh.. kbayang deh muka mesem2, senyum2 manis ketika ada penampakan aktor Park Bo Gum, hahhaha, ye kaaan...

    Terima kasih nonton 16 episode, aku cukup dengan membacanya aja udah bikin mesem2 Maaak, udah ke dapur lagi yuuk..

    ReplyDelete
  10. Aku lagi nonton ini sampe episode 7 duh semoga bisa selesai hehehe,,, menu danbam dirombak habis sama si mbak2 blogger,,

    ReplyDelete
  11. Menarik ini, karena menceritakan dunia blogger. Jadi berasa ada chemistry sebagai blogger, hehehe.

    ReplyDelete
  12. Ya ampun aku belum kelar-kelar nontononton taewon class masih episode 1 aja hahaha malah nontonin series Elite di Netflix

    ReplyDelete
  13. stay at home ini jadi membuat org pada nonton drakor ya. Aku aja yg gak doyan drakor jadi ikut2an ngubek2 drakor :)
    Itaweon ini udah cukup santer juga aku denger orang2 bahas :))

    ReplyDelete
  14. Baca sinopsisnya disini keknya seru ya. Butuh 7 tahun utk ngumpulin modal buat usaha restoran. Duuh..

    Inu masuk list drakor ade nih cuma blm donlot.. hahaha.. hemat kuota. Kelarin find me in my memories dulu.

    ReplyDelete
  15. Sepertinya bagus mbak..konfliknya juga menarik. Banyak bertabur makanan lagi. Jadi semangat buat nonton

    ReplyDelete
  16. Kayaknya seru ceritanya, tokohnya juga banyak sampai nggak bisa hapal nama-namanya. Tapi aku tertarik dengan Kim Tony yang khusus diciptakan meski di Webtoon gak ada ya aslinya

    ReplyDelete
  17. menu nya lucu yah, aih jadi penasaran sama drakor ini deh ingin nonton juga.

    ReplyDelete
  18. Dramanya keren, kekinian banget ya dengan anak muda sekarang, apalagi ada Live, Ngebuzz kedainya dan tokohnya beda banget. Hikmah ceritanya dapat walau ending kurang greget menurutku sih hehe...

    ReplyDelete
  19. Kemarin baca di mana gtu reviewnya haha, ini kyknya yang kedua yang kubaca tapi blm tertarik nonton. Biasa aku tuh telat kalau nonton drakor heits hihihi.
    Ini intriknya kejem tapi kyknya sarat makna cinta kasih keluarga dan persahabatan gtu ya mbak? :D

    ReplyDelete
  20. jadi ini dari Webtoon kemudian menjadi seri yaa mba. aku suka banget kalau ada cerita mengenai restaurant atau bisnis kuliner mba. Seneng ajaaa

    ReplyDelete
  21. Mba, Park Sae-roy akhirnya jadian sama siapa? Hahahaa kepo aku, kayaknya belum disebutin kan ya. Salut dengan perjuangannya mendirikan DanBam meskipun niat awalnya untuk membalas dendam pada Jangga.

    ReplyDelete
  22. Ya, Allah tadi pak suami order 15 judul drakor, apa masuk nggak film yang ini. aku memang ngak ngajuin judul, kuserahkan aja dengan pilihan beliau sih. moga masuklah judul yang ini

    ReplyDelete
  23. sayang makanannya nggak ada yg halal, padahalkan ingin icip juha, terus maunya diceritain detail gmn dapat duit untuk modal, biar jd inspirasi

    ReplyDelete
  24. Mba Inna gemes banget drama ini, aku belum nonton yakin seru banget
    PR filmku masih banyak ini, hahaha kelarin dulu baru ngebut drama ini ah

    ReplyDelete
  25. Belum pernah nonton drakor. Bisa nih buat referensi. Kata orang, semua akan nonton drakor pada waktunya. Mungkin ini waktunya aku nonton drakor, hihi

    ReplyDelete
  26. Aku nonton ini karena anakku nonton duluan. Akhirnya keikut. Ngga dari awal sih, walau nontonnya mulai dari tengah kurang lebihnya paham dengan plot ceritanya. En yess, akting leading actornya emang keren. Benerannya dia emang bisa masak. Aku tahu gegara nonton variety show Youn's Kitchen season 2 di TVN ^_^

    ReplyDelete
  27. Wah..blogger jadi ikutan baper nih.., soalnya yang diceritakan juga ada blogger2 nya..

    Tau banget Drakor..kalo pecintanya juga dari kalangan blogger

    ReplyDelete
  28. Keren banget sih ini asli drakornya, bikin haru hahaha

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top