Wednesday, January 8, 2020

Target dan Rencana di Tahun 2020



Assalamualaikum! Halo semua! Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Mengawali awal tahun ini, saya mau share tentang target dan rencana di tahun 2020. Sebenernya saya nggak pernah punya target apa-apa tiap memulai tahun yang baru. Yah gitu-gitu aja, standar sama target yang biasa rangorang bikin. 


Setelah banyak berintrospeksi di akhir tahun, saatnya bebenah dan menata langkah untuk melanjutkan hidup. Saya harus melakukan sesuatu yang lebih berguna lagi, lebih bermanfaat untuk diri saya dan keluarga. 


Berhubung nggak ada target, banyak hal yang saya jalani adalah semacam pelampiasan. Pelampiasan biar saya nggak stress. Pelampiasan agar saya lupa sejenak dengan beban kehidupan. Kalau sibuk, kan bisa lupa sejenak sama masalah hehehe.

Tapi percaya nggak sih, kalau pelampiasan saya itu justru menuai keberhasilan? Seperti waktu saya total mengembangkan tiga blog untuk dimonetasi. Juga ketika saya punya usaha aksesoris handmade. Yang terakhir berhenti karena saya nggak ketenagaan untuk menangani order yang kian meningkat.


Ada juga yang gagal. Tapi yang ini mah bukan pelampiasan, emang beneran niat mau jualan. Yaitu ketika saya dan suami memulai bisnis toko obat. Banyak faktor yang membuatnya tidak berhasil. Yah, mungkin belum rejekinya.


Selanjutnya, saya cerita target dan rencana sesuai kategori ya. Mangga kalau mau menyimak...



1. Menuju sehat jelang usia lima puluh

Usia saya saat ini 42 tahun. Tujuan jangka panjang adalah pada usia senja nanti bisa hidup sehat tanpa direpotkan oleh penyakit berat yang mematikan. Serem, kan. 


Foto tanggal 22 Desember 2019

Tujuan jangka menengah adalah untuk modal naik haji. Insha Allah, jika tidak ada halangan mungkin saya dan suami akan dipanggil ke tanah suci 4 tahun lagi (kalau ngintip daftar tunggu jamaah haji).  Secara mental, saya sudah latihan dari ibadah umroh kemarin. Secara fisik, saya harus jauh lebih kuat dong! Jangan sampai pas mau berangkat nanti saya dalam keadaan tidak fit. Kalau bisa, stay fit dari sekarang biar nggak gampang capek!


Foto waktu umroh tahun 2018

Tujuan jangka pendek: ngurusin badan! Weleh, ini cita-cita dari kapan tahu kok belum kesampaian aja yak, hahaha. Saat ini berat badan saya adalah yang paling berat sepanjang hidup, yaitu 59 kg untuk tinggi badan 156 cm. Gimana nggak tambah subur, sejak pindah ke Bogor usai merantau, bobot saya naik secara signifikan. Maklum, kuliner Bogor enak-enak sih (salahin aja mak, salahin).

Baca juga: Diet Aman dan Sehat dengan Slim & Fit


2. Merapikan rumah

Merapikan rumah kelihatannya gampang, ya. Prakteknya yang susah! Selama ini saya terhambat oleh faktor X untuk merapikan rumah. Sekarang saya pengen bebas berkreasi. Mulai akhir tahun, saya sudah berhasil merapikan halaman depan yang amburadul jadi taman hijau dengan bunga mawar aneka warna.


Mawar merah dan belalang yang sudah diusir :D

Next step, saya pengen banget ngebenahin dapur yang amburadul. Maunya sih punya kitchen set baru. Karena kitchen set lama sudah ambruk! Maklum udah belasan tahun dan lapuk plus bolong di bagian belakang. Kalau dibuka, ciluk ba... langsung tembok! 


Masak cantik di dapur cantik :D

Setelah dapur, kalau ada rejeki maunya mempercantik tampilan ruang tengah yang merangkap ruang tamu. Terus lanjut deh ke kamar tidur. Kepikiran pengen pasang wallpaper or something gitu. Entahlah, ide berjalan seiring dengan irama dompet hihihi. 

3. Memulai bisnis untuk modal pensiun

Sudah lama suami saya ingin punya usaha yang nanti bisa menopang masa pensiun kami berdua. Alangkah baiknya jika usaha itu dimulai... sekarang! Supaya saat jatuh bangun, tidak banyak kerugian karena suami masih punya penghasilan dari kantor. Kalau baru mulai pas pensiun, nanti keburu ludes dong modal usaha dan modal untuk jalani kehidupan pensiun.

Mau buka usaha apa? Saya belum tahu. Selama ini langkah yang saya lakukan adalah belajar. Seperti ikut kelas belajar bisnis makanan, sampai kelas memasak. Belum tahu produk apa yang bakal dijual. Kayaknya sih nggak jauh dari hobi saya yang demen masak. Jadi, mungkin kami akan buka usaha kuliner. Doakan ya!



Pengennya hepi kayak gini pas pensiun


4. Belajar Menjahit

Kalau ngintip ada apa di gudang, pasti 'empet' deh lihat tumpukan kain dan bahan craft. Sisa peninggalan dari jualan aksesoris yang nggak diterusin lagi. Daripada basi (emang kain bisa basi mak), baiknya ya dimangpaatin lah itu semua bahan craft. 

Saya belum tahu mau diapain tumpukan kain perca dan printilan bahan craft lainnya mau dibikin jadi apa. Enaknya saya belajar menjahit dulu. Setelah bisa jahit, baru deh bisa bikin apa sesuai kemampuan saya nanti.


Seru juga menjahit dibantuin kocheng :p

Baca juga: Menjahit Bros Lagi

Oia, ini masih termasuk dalam merapikan rumah ya. Daripada bahan craft dibuang, kan lebih baik diolah lalu dijual. Hmm... jadi jualan lagi kan? Asyik!


5. Pensiun sebagai blogger aktif 

Ngeblog ibarat bernafas bagi saya. Tanpa menulis blog, saya merasa 'eungaph' alias sesak napas. Kepikiran buat pensiun, saya sudah mengurangi aktivitas ikutan event blogger dan lebih banyak menerima job dari rumah saja.

Kenapa masih setia ngeblog? Karena... cuma ngeblog yang membuat saya tetap waras. Saya akan terus ngeblog meskipun nggak bisa eksis di dunia blogging. Nggak peduli sepi order job, saya tetap nulis blog sesuai jadwal. Iya, saya punya jadwal khusus buat tiga blog yang saya kelola. Meski hanya postingan receh seperti postingan ini, tetap saya tayangkan di blog demi mematuhi jadwal dan konsisten menulis.



Ngeblog membuat emak terlihat keren bak wanita karir dari rumah :)

Baca juga: Target Blogging 2019. Hindari Nomor 5 Jika Ingin Jadi Blogger Profesional

Saya sudah cukup merasakan nikmatnya menjadi blogger aktif. Mulai dari yang menang lomba dengan barang, uang tunai, sampai smartphone. Bersuka ria sebagai blogger event dengan teman-teman blogger yang seru. Juga menerima produk dari makanan sampai alat masak elektronik yang mahal. Alhamdulillah. 


Emak ngeblog... kelihatan keren kaan (iyahin aja deh)

Jadi kesimpulannya: saya tetap ngeblog, tapi pensiun sebagai blogger pasif yang mager di rumah aja. Tetap menulis walau bukan postingan berbayar. Menulis blog untuk diri sendiri dan mudah-mudahan tulisan saya bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya.

Baca juga: 5 Cara Santuy yang Saya Lakukan untuk Bertahan Sebagai Blogger


6. Jangan ditiru influencer: seadanya di dunia Instagram dan Youtube

Menjadi blogger, otomatis saya ikut andil jadi influencer di media sosial. Terutama di Instagram yang sedang hits. Sayang, saya nggak bisa eksis di Instagram, penyebabnya adalah:
  • * Sulit meningkatkan impresion karena riweuh nggak sempat instagram walking dst. 
  • * Akibat gaptek, saya terlalu lama mengedit foto.  
  • * Merasa sia-sia. Sudah bikin konten susah payah, tetep aja nggak ada yang liat. 
Buat poin yang terakhir... ya iyalah, kan situ nggak ada usaha ningkatin impresion, jangan harap postingan bisa keliatan wkwkkw! 


...sayah juga, Jeung. Bikin konten di blog :)


Baca juga: Behind The Scene Postingan Foto di Instagram

Saya nggak bisa eksis di Youtube. Belajar bikin video belum jadi prioritas utama. Bikin konten foto aja saya kewalahan, apalagi video. Saya selalu stress jika disuruh bikin video. Maafkan... tapi memang begitu kenyataannya. Jangan ditiru ya, ini bukan contoh yang baik untuk influencer buat bertahan hidup :D


Posting makanan mah jalan teruss di blog www.dapurngebut.com


Yap sudah segitu aja target dan rencana saya di tahun 2020. Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Selamat tahun baru 2020! Semoga sehat selalu dan kita semua dinaungi keberkahan di sepanjang tahun ini, aamiin.

27 comments :

  1. Mbaaaa dirimu kliatan awet muda banget lho
    Ini karena positive thinking yg selalu bersemayam dalam kalbu yak.
    Duh, keren banget ini sih planning di 2020
    Semangaaatt, semoga ALLAH meridho yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih makasi.. duhh jadi melayang :D
      yuk kemon semangat bareng, aamiin

      Delete
  2. Thumbnail pake image dari tahun lalu. Artinya kita harus pepotoan lagi, In hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwuwu potograpernya muncul hihihi hayuk mbaa kapan atuh. ga berjodoh mulu waktunya kita nih :P

      Delete
  3. AKu agak denial nih kalau usianya udah mau segitu hehehe sama kita ya Mak Inna seumuran. Aku pinginnya sih punya usaha sendiri gitu tapi masih bingung bidang apa ya yg memang nyaman.
    Semoga resolusi kita di tahun ini tercapai ya, Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dah lewat fase denial, udah masuk fase pasrah ahahah
      semoga apa yg kita harapkan bisa terlaksana ya mbaa aamiin :*

      Delete
  4. Ada beberapa rencana yang sama denganku mba. Semoga saja start from 2020 itu rencana tsb berjalan sesuai harapan ya dengan pencapaian yang memuaskan.

    ReplyDelete
  5. Iya mba sama. Aku juga ngerasa susah maksimal sebagai influencer. Soalnya saya pujya anak kecik. Masa saya pegang hp mulu klo depan anak. Kan nggak enak terus saya juga ga bisa sring ambil job dibluar karena alasan anak juga. Tapi ya nggak apa-apa, setiap orang pujya prioritasjya masing-masing. Yang penting kita tetep semangat ya. Hihihi. Semoga Mba sehat terus ya dan target-targetnya tercaoai

    ReplyDelete
  6. Tahun 2020 malah aku gak punya target apa-apa. Pengennya mengalir aja dan menerima. Begitu juga urusan blogging dan sosmed, pengen mengurangi malah posting urusan personal dan malah pengennya pensiun aja hehe. Tapi baru niat penegn tutup akun eh dapet tawaran, gimana dong. Jadinya selektif aja sih skrg. Semoga semua target dan rencanamu di tahun 2020 ini tercapai ya, mak. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Kita seusia ternyata yaaaa.... beda tipissss. Mbak, dirimu punya potensi konten yang oke kok di instagram. Temanya menarik dan fotonya kan udah cakep-cakep. Semangattt

    ReplyDelete
  8. Saya juga gak pernah bikin target apapun. Tetapi, poin 1 s/d 3 persis lah seperti yang saya inginkan. Toss dulu hehehe.

    Dulu, saya kepengen banget bisa menjahit. Apalagi mamah saya sampai sekarang masih menjahit. Tapi, saya malah gak bergerak juga. Jadi ya udahlah sama niatan ini :D

    ReplyDelete
  9. Chef Inna, kok kita sama semua ya tujuannya.. hahahaha.. apa krn kita seumuran. Dan itu.. influencer jangan ditiru pun kita sama. Hahaha.. tapi saya juga ga akan lepas blog, Mba dan mulai mengurangi event, karena ga lolos syaray milu fol haru 10K, usia maksimal 35.. haha.. ketawa aja lah untuk menikmati hidup ya, Mba.

    Btw, enak banget Mba inna tinggal 4 tahun lagi. Saya masih lama 15 tahun lagi.. hiks. Semoga ada kemudahan dr Allah maju berangkatnya sblm saya usia 50th.. aamiiin.

    ReplyDelete
  10. semoga targetnya tercapai semua mbaaa...saya fokus pada keluarga, kesehatan dan kerjaan..ngeblog di sela - sela deh, karena memang untuk balancing my life aja, bukan untuk yang lain - lain..

    ReplyDelete
  11. InsyaAllah mba akupun mau bnget deh resolusi tetapi no5 mau terus memberikan tulisan yg bermanfaat kpd pembaca blog setiaku..

    ReplyDelete
  12. Resolusi nya 2020 ini sangat keren mbak.. Aku salut sama mbaknya masih keliatan awet muda kok mbak dan masi produktif... Sukses ya mbak... Doanya

    ReplyDelete
  13. Rencana yang dibuat Inna untuk tahun ini, ada beberapa yang sama dengan punya saya.
    Smoga tercapai buka usaha kulinerannya ya..

    ReplyDelete
  14. Yang penting HEPI ya mba, tua itu pasti tapi bahagia itu lah pilihan kita. Peluuk

    ReplyDelete
  15. Saya malah belum membaut list apa saja target yang harus dicapai di 2020 ini. Masih mager dengan aktifitas yang ada. Padahal niat ingin membereskan dan merapikan rumah.

    ReplyDelete
  16. Punya usaha sendiri, itu juga jadi cita -cita dan resolusi saya entah sejak kapan. Hihi. Semoga secara bertahap semua resolusinya terwujud ya mb....aamiin...

    ReplyDelete
  17. Aku juga sama mbak, untuk instagram jarang banget tersentuh

    Kadang malah, sampai berhari-hari gak posting IG ataupun Instagram Walking, padahal sekarang banyak orang yang mencari influencer instagram dan dilihat dari impresion-nya

    ReplyDelete
  18. Diantara semuanya. Aku paling mau upgrade ttg belajar menjahit. Pengen banget bisa jahit baju sendiri. Tapi kapan yaaak. Punya bayi gini kadang mikir luangkan waktunya pun susah. Hihi

    ReplyDelete
  19. Resolusinya semoga terealisasi semua ya Mak... dan t3tap semangat ngeblog...

    ReplyDelete
  20. Waahh moga dilancarkan nih naik hajinya dan renov dapurnya mbk aamiin.
    Pengen belajar jahit juga sejak lama bahkan dulu beli mesin jahit tapi bemasalah huhuhu. Entah kapan bisa belajar jahit :D

    ReplyDelete
  21. target dan rencana di tahun 2020 versi aku, menyelesaikan utang riba hahhaha... deadline 6 bulan pulak, lalu setelah itu kerja freelance aja... gak kantoran lagi.

    ReplyDelete
  22. mba ina awet muda banget, apa sih rahasianya ? injek jempolnya biar ketularan muda ^_^
    semoga resolusi 2020 tercapai semua :)

    ReplyDelete
  23. Resolusinya mantap mba, aku ga bikin pemgen mengalir saja tapi tetep harus ada pencapaian hahaha

    Btw aku juga pengen bbelajar jahit lagi tp belum ada waktunya udah kesita banget rasanya seminggu full cieeh

    ReplyDelete
  24. Wah aku juga pengen banget belajar menjahit Mak. Apalagi untuk ukuran plus size kayak aku, bisa bikin baju dengan seleraku sendiri tuh udah cita2 sejak dulu banget :')

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top