Pages

Tuesday, May 21, 2019

Skippy Chicken Fillet yang Praktis untuk Sahur

menu sahur

Sahur! Sahur!

Suara nyaring dari pengeras suara di mesjid dekat rumah terdengar. Tepat jam 3 pagi untuk membangunkan warga komplek, khususnya para ibu untuk menyiapkan makan sahur. Saya biasanya sudah bangun duluan oleh alarm smartphone. Tapi kalau malas langsung bangun, saya sering menunggu panggilan dari mesjid itu supaya bangkit dari tempat tidur.

Masak hidangan sahur itu waktunya singkat. Jika kelamaan masak di dapur, nanti kapan waktunya makan? Keburu imsak alias waktu untuk berhenti makan sahur dan mulai berpuasa. Malah bisa jadi kepepet buru-buru makan sebelum adzan subuh berkumandang. Yang terakhir itu sebaiknya jangan dilakukan, ya.

Supaya masak sahur nggak pake riweuh karena terburu-buru, siapkan dulu bahan masakan yang akan diolah. Tentu saja sudah tahu mau masak apa sebelumnya. Paling gampang bikin masakan yang tinggal goreng atau dioseng. Hindari jenis makanan yang memasaknya butuh proses lama. Misalnya rendang. Nggak mungkin lah masak rendang buat sahur. Kalau keukeuh pengen makan rendang juga. bikinnya pada hari sebelumnya. Jadi nanti tinggal menghangatkan saja pas sahur.

Saya punya resep sahur yang praktis, enak, dan pastinya bakal disukai anak-anak. Namanya Skippy Chicken Fillet alias fillet ayam isi Skippy. Yaitu ayam berisi selai kacang Skippy dan dibalut dengan tepung panir sehingga rasanya menjadi renyah. 

Kenapa Skippy Chicken Fillet ini praktis untuk sahur? Karena tinggal goreng aja, jadi deh. Proses pembuatannya sudah dilakukan sebelum waktu sahur. Bisa dibuat sehari atau bahkan seminggu sebelumnya (buat stok). Taruh di freezer. Pada malam hari sebelum dimasak untuk sahur, turunkan Skippy Chicken Fillet yang beku dari freezer ke kulkas bagian bawah. Setelah mencair, proses menggoreng jadi lebih mudah.

Skippy Chicken Fillet ini terinspirasi dari Chicken Cordon Bleu. Bedanya, Chicken Cordon Bleu yang dari negeri barat sono ini berisi daging asap dan keju. Sedangkan Skippy Chicken Fillet isinya tentu saja Skippy Peanut Butter yang nikmat.

Kenapa pilih Skippy Peanut Butter? Selai kacang legend ini memang kesukaan saya sejak kecil. Sudah coba merk lain, tapi tetap saja hanya Skippy yang ada di hati (hei, it's rhyme). Selai kacang Skippy yang digunakan untuk masakan Skippy Chicken Fillet adalah Skippy Peanut Butter Creamy. Teksturnya yang lembut pas banget jadi isian ayam.


menu sahur
Skippy Peanut Butter Creamy

Penasaran pengen tahu cara membuatnya? Simak ya..


Skippy Chicken Fillet

menu sahur
Bahan untuk membuat Skippy Chicken Fillet
menu sahur
Putih telurnya ketinggalan :D

Bahan:
  • 400 gr fillet ayam
  • 8 sdm Skippy Peanut Butter Creamy
  • 100 gr tepung panir kasar
  • 3 butir putih telur
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • minyak goreng secukupnya
Cara membuat:
  1. Potong-potong ayam seukuran kira-kira 5 x 5 cm. Sesuaikan dengan bentuk fillet. Tidak apa jika bentuknya menjadi segitiga atau persegi nggak rapi. Nanti akan tertutup dengan tepung panir.
  2. Belah dua fillet ayam tapi jangan sampai putus. Gunakan pisau besar yang tajam untuk menghasilkan sayatan tipis yang rapi. 
  3. Lumuri atau marinasi potongan ayam dengan garam, merica, bawang putih bubuk, dan 1 sdm Skippy Peanut Butter Creamy. Diamkan selama 30 menit (lebih juga boleh) di kulkas.
    menu sahur
    Ayam dimarinasi dulu

  4. Sisa daging ayam yang potongannya kecil, bercampur tulang, atau bentuknya sulit dibuat jadi fillet bisa disimpan atau diolah jadi masakan lain. Kalau saya dibuat jadi kuah sop. Terserah saja, tergantung selera.
    menu sahur
    Sisa ayam yang direbus untuk kuah sop

  5. Setelah bumbu meresap, kelurkan ayam fillet dari kulkas. Ambil satu potong, isi bagian tengahnya dengan 1 sdm Skippy Peanut Butter. Rapatkan.
    menu sahur
    Isi dengan Skippy Peanut Butter

  6. Celupkan ke putih telur secara merata. 
    menu sahur
    Celupkan ke putih telur

  7. Langsung gulingkan di tepung panir. Tutupi seluruh bagian ayam dengan tepung panir.
    menu sahur
    Gulingkan ke tepung panir

  8. Ulangi sekali lagi melapisi fillet ayam. Celupkan ke putih telur dan kemudian ke tepung panir. Sisihkan. Lakukan yang sama pada seluruh potongan ayam.
    menu sahur
    Baluran pertama, masih tipis tepung panirnya

  9. Taruh fillet ayam di freezer. Simpan untuk digoreng saat sahur nanti. Jika ingin disajikan untuk buka puasa atau waktu makan lainnya pa bukan bulan puasa juga bisa. Cukup diamkan selama 30 menit di freezer sebelum langsung digoreng. Ditaruh di freezer supaya tepung panir menempel dengan sempurna.
    menu sahur
    Setelah dua kali dibalur tepung panir

  10. Sebelum digoreng untuk sahur: keluarkan Skippy Chicken Fillet dari freezer dan turunkan ke kulkas bagian bawah. Lakukan semalam sebelum tidur (habis tarawih misalnya). 
    menu sahur
    Masuk freezer dulu ya semua!

  11. Menggoreng Skippy Chicken Fillet. Panaskan minyak goreng. Goreng Skippy Chicken Fillet dengan api kecil hingga matang kecoklatan pada kedua sisinya. Bisa juga digoreng menggunakan deep fryer.
    menu sahur
    Mari menggoreng!

  12. Sajikan Skippy Chicken Fillet dengan saus sambal botolan.

Selesai sudah! Nggak susah kan cara membuatnya? Setelah matang, langsung hidangkan buat makan sahur. Nggak nolak juga buat buka puasa pakai Skippy Chicken Fillet. Atau kapan-kapan mau simpan juga buat menyajikan sarapan, makan siang, makan malam, sampai bekal sekolah... oke oke aja.

Gimana rasanya? Daging ayam yang nikmat berpadu harmonis dengan selai kacang Skippy yang gurih dan creamy. Ditambah renyahnya tepung panir dengan sensasi kriuk-kriuk pas digigit. Wow, yummy! Nambah lagi, dong!


menu sahur
Kelihatan nggak selai Skippy yang lagi ngintip?

Selamat mencoba, ya! Jangan lupa, kalau sudah matang bagi buat saya ^_^


menu sahur
Skippy Fillet Chicken yang praktis untuk sahur

4 comments:

  1. Wah kebayang creamy Skippy dibalut gurih ayam dengan tepung panirnya
    Keknya bikin ini praktis pas sahur, juga buat buka dijamin anak-anak suka
    Tengkyu resepnya mbak:)

    ReplyDelete
  2. Wah enak nih mbak kalau fillet ayam dikasih skippy, crispy gurih :D

    ReplyDelete
  3. Wah jadi gurih maknyuss ini chicken fillet-nya, Chef. Selain pake keju, dipakein selai kacang Skippy ini enak juga ya. Saya kalau masak sahur pas sekalian sore aja, hehe... Tapi kalo chicken fillet gini mah gorengnya cepet ya.

    ReplyDelete
  4. Salam kunjungan dan follow disini ya :)

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^