Tuesday, December 18, 2018

5 Situs yang Sering Dikunjungi Saat Menulis Blog

saat menulis blog


5 Situs yang sering dikunjungi? Nah lho, malu-maluin karena ketahuan kalau saya jarang beredar dengan baik dan benar. Jadi bingung, saya ke mana aja ya? Perasaan cuma muter-muter di situ aja, hehehe.


Biasanya, situs yang saya kunjungi selalu berhubungan dengan materi postingan blog. Jadi, saya nyari bahan lewat situs tersebut. Yang pasti, setiap hari wajib pisan buka situs website pribadi alias blog sendiri. Ya iya lah.


Setelah buka blog pribadi dan berhasil posting, tulisan terbaru saya share. Saya buka deh situs website media sosial. Ini juga wajib dikunjungi buat share tulisan, yaitu: Facebook, Twitter, Instagram. Linkedin. Buka Facebook aja bisa makan waktu karena tempat yang saya share adalah di timeline pribadi, Fanpage pribadi, dan grup komunitas (ini kadang nggak semua saya share). 


Berhasil share, alhamdulillah postingan saya ada yang baca. Siapa lagi pembaca setia blog saya kalau bukan teman-teman blogger. Sebagai ucapan terima kasih, saya berkunjung balik ke blog mereka. Istilahnya blogwalking dan blogwalking balik (BW dan BW balik). Mohon maaf, saya suka lambat nggak langsung BW. Tapi Insha Allah saya selalu BW balik.

Situs yang sering saya kunjungi nggak jauh dari kegiatan ngeblog. Tapi yang terakhir ini emang nggak ada hubungannya dengan tulisan blog. Apa aja ya...



5 situs yang sering dikunjungi versi saya:

1. Wikipedia

Cari info apa aja ada i Wikipedia

Kalau lagi gugling cari informasi, entah kenapa saya selalu mampir di situs Wikipedia duluan. Setelah itu baru klik situs lain yang ada di halaman pertama google search. 


2. Situs Dowload Foto Gratis 

Setelah info terkumpul, mulai deh nulis di blog. Sambil nulis, saya juga nyari foto buat pelengkapnya. Biar nggak bosen baca, postingan blog saya selingin dengan foto. Kebanyakan foto milik pribadi. Tapi kalau saya pas nggak punya foto yang oke buat disambunging dengan tulisan, saya cari foto gratisan yang bebas diunduh. 


Tampilan situs Pixabay

Biasanya saya mampir ke www.pixabay.com dan www.freepik.com. Dua itu aja sih yang sering saya ambil fotonya buat pelengkap tulisan blog. Kadang mampir juga ke www.pexels.com.


Tampilan situs Freepik


Situs Pexels


3. Situs Desain Canva

Sudah dapat foto, saya cari foto buat cover alias judul postingan. Foto diusahakan harus menarik. Karena saat link postingan dishare, foto itulah yang bakal keluar sebagai thumbnail. 


Tampilan www.canva.com

Saya bisa pakai foto sendiri atau yang sudah diunduh gratis. Setelah dapat foto yang cocok dijadiin judul, meluncurlah ke www.canva.com. Lewat Canva, saya bikin cover judul yang menarik untuk dilihat (mudah-mudahan). 



4. Situs Penyedia Gambar Gif Gratisan


Tampilan situs Giphy

Baru beberapa bulan terakhir ini, saya seneng banget melampirkan gambar bergerak alias gif di postingan blog. Awalnya gara-gara nemu gif lucu seputar review drama korea yang sedang saya tulis. Sejak itu, saya sering hunting gif lucu yang bisa nyambung di postingan blog. 


Selain di www.giphy.com ada juga di www.tenor.com. Tapi saya lebih sering mampir di Giphy. Belum diulik lagi buat nyoba bikin gif sendiri. Kayaknya asyik aja bisa bikin gif sendiri. Tuh, Mas Nunu alias Keanu Reeves aja setuju sama sayah...

Oke, Mak! Gue dukung!


5. Situs Nonton Film Streaming 

Setelah postingan blog jadi, saya memberi diri sendiri hadiah berupa nonton drama korea! Biasanya saya nonton pas siang hari. Pas jam tidur siang. Maunya sih sebenernya tidur siang aja. Apa daya, 2  boyz selalu berisik tiap pulang sekolah. Untuk leyeh-leyeh sambil mencagah ngantuk, saya nonton drakor. 

Dulu saya suka nonton lewat aplikasi Viu. Apa daya, aplikasi tersebut ada di tablet. Dan tablet itu selalu dibajak oleh boyz buat main game. Bisa aja saya nonton pas pagi hari. Tapi pagi hari itu jadwal saya memasak, ngeblog, dan beraktivitas di luar rumah. Selain merasa terganggu, saya juga nggak punya akses gratisan lagi di Viu. Jadi, Viu diuninstal aja deh.

Tadinya uninstal Viu biar konsen kerja dan emang mau fokus berangkat umroh. Sepulang umroh, saya malah galau nggak nonton drakor, haha. Jadilah saya kemudian gentayangan ke www.dramaqu.net buat nonton drakor.   

Tampilan situs Dramaq dengan drama ongoing-nya

Kalau streaming drakor pas lagi nggak bisa dibuka, saya loncat ke www.bioskopkeren.id. Ini juga asyik, banyak stok film nggak sekedar dari Korea aja. Kapan-kapan saya mau nonton film barat di situs ini kalau drama ongoing yang saya tonton selesai.


Tampilan Bioskop Keren dan drama ongoing-nya


Nah, itulah 5 situs yang sering saya kunjungi yang masih berhubungan dengan kegiatan menulis blog. Kalau kamu sendiri, sering mampir ke situs apa? Boleh dong, bagi-bagi sama saya infonya ^_^

10 comments :

  1. Wah makasih rekomendasi web Korea nya teh mau mampir ahhh

    ReplyDelete
  2. Wikipedia juga favoritku mbaa, apalagi untuk tugas anak sekolah, nemunya sering disini

    ReplyDelete
  3. Kukira Canva cuma ada apps nya aja mbak, ternyata ada versi web nya juga yaaa

    ReplyDelete
  4. Canva is my favorite site too!! Canva ini keren banget ya, Mbaa. Bisa bantu kita bikin desain yang cuchmey tanpa ribet :D

    ReplyDelete
  5. Situs streaming drama emang enggak boleh ketinggalan ya Teh..

    ReplyDelete
  6. Pengen nonton drakor tapi anak-anak lagi di rumah terus. Nanti aja nunggu mereka masuk sekolah, biar nggak ketahuan, hahah. Makasih rekomendasinya.

    ReplyDelete
  7. Aku suka streaming juga sekalian download *ups

    ReplyDelete
  8. Aku juga suka ke pixabay hehehe. Ngomong-ngomong, makasih mba karena sekarang ku jadi tahu deh kalau nyari gambar gif yang macam begitu di mana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betah kalo dah ngulik pixabay ya.

      masama mba :)

      Delete
  9. Wah, kalau lagi ngeblog saya juga lebih sering ngunjungin situs buat download gambar gratis. Tapi berhubung saya lebih banyak nyari gambar vector, saya larinya ke freepik.com

    Btw masih sempet yah nonton drakor, klo saya nanti malah banyakan nontonnya dibanding ngeblognya, hihihi

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top