Friday, November 23, 2018

5 Alasan Mengapa Harus Bergabung di Blogger Perempuan Network

#BPN30dayChallenge2018


Awal punya blog, saya nggak tahu ada yang namanya komunitas blogger. Saya pikir, saya nulis blog ya nulis aja. Ternyata, sesama penulis blog yang disebut blogger itu punya tempat berkumpul yaitu komunitas blogger. Begitu tahu, langsung deh saya gabung dengan beberapa komunitas blogger yang ada di Indonesia. 

Ternyata, gabung di komunitas blogger itu asyik banget. Berasa dikelilingi dengan teman senasib, sama-sama pencinta blog. Dari berbagai komunitas blogger, saya merasa bahagia dan berbunga-bunga sejak bergabung dengan Blogger Perempuan Network. Mau ketularan bahagia kayak saya juga? Simak alasan mengapa kamu harus bergabung di Blogger Perempuan Network berikut ini:

1. Menambah Ilmu tentang Blog

Sharing ilmu blogging kerap diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN). Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Saya tidak ragu jika harus mengeluarkan uang untuk mendapat ilmu yang bermanfaat. Jika waktu dan tempat memungkinkan, rasanya pengen deh ikut semua acara BPN. Apa daya saya lebih sering riweuh di rumah. Jadi, saya baru bisa ikutan acara BPN yang diselenggarakan di Bogor saja.

Beberapa acara BPN sempat saya ikuti. Manfaatnya terasa sekali buat saya yang tadinya gaptek jadi tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk membenahi blog menjadi lebih baik.

Terus, kalau tinggal di jauh dari ibukota Jakarta gimana? Bisa belajar ngeblog juga? Tentu bisa! Di website www.bloggerperempuan.co.id bertebaran tulisan tentang blogging. Tinggal acak-acak sendiri aja ya! Sesekali kita bisa belajar online juga lewat media sosial BPN. Tinggal duduk manis di rumah dan belajar dari jauh. BPN mengundang nara sumber yang untuk sharing pengalamannya seputar blogging dan sosial media. 

Atau kalau beruntung. tim BPN sendiri yang datang ke kotamu untuk menggelar acara. Seperti Blog Coaching Clinik di Jember pada tahun 2017 ini. Pasti seneng banget kan, didatengin tim BPN dari Jakarta ke kotamu!


#BPN30dayChallenge2018
Acara BPN di Jember

Forum interaksi antar member juga terbuka buat tanya jawab. Makanya, gabung dulu di Blogger Perempuan Network. Setelah jadi member, masuk deh ke grup Facebook dan Whatsapp-nya. Dari sana informasi seputar blog bisa diperoleh. 

#BPN30dayChallenge2018
Ngobrol cantik utak-atik blog
#BPN30dayChallenge2018
Salah satu pelatihan berbayar yang saya ikuti.
Pemateri: Mba Shintaries (Co-Founder), dan tim BPN Mbak Nunik plus Mbak Putri

2. Memperluas Jaringan Pertemanan

Senangnya ikut bergabung di BPN itu jadi kenal dengan para blogger perempuan yang tersebar di seluruh nusantara bahkan di belahan dunia lain! Lewat blogwalking dan saling komentar di blog masing-masing, saling sapa di media sosial membuat kami semakin akrab meski belum sempat bertatap muka langsung. Begitu ketemu beneran, langsung heboh deh! 

Pengalaman saya bergaul dengan teman-teman blogger dari BPN itu seru semua. Teman-temannya nggak ada yang jahat, baik hati, dan rajin berburu job #ehgimana hihihi.

#BPN30dayChallenge2018
Seru-seruan di rumah Mbak Alma, Co-Founder BPN


3. Dapat Inspirasi dan Menambah Motivasi Ngeblog 

Berteman dengan tukang parfum bikin kita ketularan wangi. Begitu juga dengan pertemanan di BPN. Berteman dengan para blogger yang punya banyak prestasi menginspirasi kita untuk membuat konten blog lebih bagus lagi. 

Para blogger berprestasi di BPN tidak pelit berbagi ilmu pada member lainnya. Misalnya ada Buibu keren Arin Murtiyarini, Evrina Budiastuti, Vania Samperuru, dan Langit Amravati yang sudah sering menang lomba blog. Mereka berbagi tips untuk menang lomba di acara Ngobrol Cantik yang digelar BPN. Wow, luar biasa! Sayang saya tidak bisa datang ke acara tersebut.   


#BPN30dayChallenge2018
Ngobrol cantik sekaligus nambah ilmu


4. Dapat Penghasilan Tambahan 

Bagaimana cara mengapat penghasilan tambahan dari blog? Dengan networking yang baik serta blog yang tertata dan rajin update, insha Allah rejeki akan datang. Tawaran berupa job review atau postingan berbayar ditawarkan langsung di grup tertutup BPN atau melalui email. BPN memfasilitasi para membernya untuk mendapatkan job untuk blog maupun sebagai buzzer di media sosial. 

Saya sebetulnya termasuk pemilih untuk urusan job. Pengalaman pahit pernah nggak dibayar membuat saya berhati-hati memilih tawaran yang ada. Tapi buat BPN itu tidak berlaku. Saya percaya banget dengan semua job yang ditawarkan oleh BPN. Pembayaran job tidak pernah ada yang tertunda dan nilainya sepadan dengan level saya (yaitu level blogger mager, hehe).


5. Mendapat Pengalaman Baru

Bergabung di BPN mendatangkan pengalaman baru buat saya. Ternyata, jadi blogger itu bukan sekedar nulis blog aja ya. Bukan sekedar duduk manis, mempraktekkan hasil belajar ngeblog, menulis untuk dapat kepuasan batin atau mengerjakan job review. Berikut pengalaman berkesan yang saya dapat selama bergabung dengan BPN:

Ikut Event Bersama Komunitas

Bergabung di komunitas otomatis kita dianggap mewakili komunitas itu. Dunia blog semakin dilirik untuk sarana promosi yang tepat untuk publik. Ketika ada acara launching suatu produk baru, bukan hanya wartawan dan media saja yang diundang tapi blogger juga! Seneng nggak sih dapat pengakuan seperti itu? 

Etapi mentang-mentang sudah merasa jadi blogger, terus kita bisa kucluk-kucluk datang sendirian ke event yang diselenggarakan brand tanpa undangan? Ow, tidak bisa! Undangan liputan event biasanya diberikan kepada komunitas blogger atau via email secara personal.

Untuk undangan komunitas, komunitas itu sendiri yang mengatur member siapa saja yang boleh hadir di acara tersebut. Tentu saja seleksi diberlakukan supaya tepat sasaran. Acara yang pas untuk blogger yang sesuai. Contohnya, nggak mungkin kan acara tentang produk cat dihadiri oleh food blogger? Hehehe.

Saya sudah lupa ikutan event apa aja bareng BPN. Stok foto lumayan njelimet buat diobrak-abrik. Plus, saya sudah jarang ikutan event lagi selama dua tahun terakhir ini. Yang pasti, ikutan event apa pun bareng BPN pasti menyenangkan!


Jadi Model Sehari


Campaign paling berkesan yang saya ikuti bersama BPN adalah Campaign Usia Cantik dengan L'Oreal sebagai sponsor. Tim BPN mengadakan sesi pemotretan di Jakarta dan Bandung untuk campaign ini. Saya yang tinggal di Bogor bergabung dengan teman-teman Jabodetabek dan berfoto bersama di sebuah mall di Jakarta. Semua member didandani, lalu diarahkan gayanya untuk difoto satu per satu. Aih, berasa jadi model! Salut dengan totalitas tim BPN untuk campaign ini.

#BPN30dayChallenge2018
Mendadak jadi model

Sebenarnya saya bukan beauty blogger. Alhamdulillah, saya senang sekali dipertemukan dengan teman-teman blogger yang cuantik-cuantik di campaign ini. Bukan hanya merasa sepantaran berusia kepala 3 dan jelang kepala 4. Saya kagum dan ikut tertular energi positif setelah melihat semangat mereka untuk tetap produktif dan merawat diri. Jadi ikutan merasa cantik luar dalam, uhuy!

Baca juga: Bahagia Merayakan #UsiaCantik

#BPN30dayChallenge2018
Mendapat energi positif dari para blogger perempuan usia cantik!


Menang Lomba Blog


Ikut lomba blog bisa mengasah kemampuan kita dalam menulis dan berkompetisi. BPN sering bikin lomba blog dan hadiahnya cihuy banget deh! Mulai dari hadiah voucher, uang tunai, sampai gadget keren! Gimana nggak tergiur coba?

Sayang, saya jarang ikutan lomba. Maklum, saya orangnya moody banget. Kalau lagi mau ya hayuk, kalau enggak ya sudahlah. Lomba blog terakhir yang saya menangkan dari BPN di tahun 2018 ini adalah hadiah voucher MAP 300 ribu untuk Lomba Blog Skippy, uang tunai 700 ribu untuk Ramadhan Blogging Challenge di blog Dapur Ngebut, dan uang tunai 2,5 juta plus produk senilai 500 ribu dari Slim & Fit. Penyerahan hadiah cepat dan nggak berbelit-belit. Sangat profesional :)

#BPN30dayChallenge2018
Hadiah terakhir dari BPN

Makan-makan Gratis dan Dibayar

Ah, yang bener... masa makan-makan gratis terus dibayar? Ya begitulah kenyataannya. Para member yang terpilih mendapat job ini disuruh makan di restoran dan menulis reviewnya di media sosial Instagram dan Facebook. Kebetulan, review restoran ini adalah job terakhir yang saya dapat dari BPN. Selanjutnya saya berangkat umroh, ketika pulang langsung riweuh dengan urusan keluarga. Jadi, saat ini saya lagi nyari job yang flexibel waktunya biar nggak keteter, wkwkwk.

Job icip-icip makanan di resto itu menyenangkan! Gimana nggak seneng, kita bisa makan enak dan gratis! Lebih kaget lagi, setelah itu kita dibayar pula! Aih, BPN emang baik hati dan tidak pelit bagi-bagi rejeki buat semua membernya...

#BPN30dayChallenge2018
Review resto di media sosial

Gimana... kebayang kan serunya jadi member Blogger Perempuan Network? 

Jika kamu blogger Indonesia dan perempuan, ingin memaksimalkan potensi blog, menjalin networking yang sehat, menambah pengalaman, serta mendapatkan penghasilan tambahan lewat blog dan media sosial... bergabunglah dengan 4000 lebih member Blogger Perempuan Network yang tersebar di penjuru dunia. Caranya bisa klik link ini untuk bergabung :)

Blogger Perempuan Network, the largest Indonesian female blogger network. 

Semoga sukes terus buat Blogger Perempuan Network. Love you so much!

#BPN30dayChallenge2018

12 comments :

  1. Wahh seru banget Mba pernah ikutan banyak acara dari BPN. Kalo ada kesempatan saya juga ingin banget ketemu dengan teman-teman blogger dan belajar ilmu bareng. Thank youu sharing-nya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama mba. pantengin terus media sosial BPN biar ga ketinggalan info yaa :)

      Delete
  2. Assalamu'alaikum

    Salam kenal mba, seru banget ya.. saya sendiri belum pernah ikut event BPN karena keterbatasan waktu. BTW, untuk gabung grup WA apa ada syarat dan ketentuannya mba?
    o iya terima kasih ya sharingnya.

    Wassalam,

    pertiwiutomo.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum

    Salam kenal mba, seru banget ya.. saya sendiri belum pernah ikut event BPN karena keterbatasan waktu. BTW, untuk gabung grup WA apa ada syarat dan ketentuannya mba?
    o iya terima kasih ya sharingnya.

    Wassalam,

    pertiwiutomo.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam, halo salam kenal juga. syarat gabungnya ya mesti jadi member Blooger Perempuan Network dulu pastinya ;)

      buat grup wa sepertinya udah penuh, bisa coba di https://chat.whatsapp.com/invite/8Dte6uTEj4xDewNLrOoyqJ

      buat grup telegram kita bisa share link blog untuk saling blog walking https://t.me/joinchat/CT9RAEEgK4tXC-7ybxoM4w

      (jawaban link invite dari Mba Alma)

      Delete
  4. Wah gak rugi ya ikutan Blogger perempuan network, kegiatan offairnya itu bikin mupeng deh mba, jujur belom pernah ikutan huhu ��, btw salam kenal ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali, mba yani.
      iya bener. ikutan Blogger Perempuan Network banyak untungnya, alhamdulillah

      Delete
  5. Wooow... Seru yaa.. Bisa ikut banyak agenda sama BPN. Saya masih baru banget di BPN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap-siap buat keseruan berikutnya dari Blogger Perempuan Network ya :)

      Delete
  6. Nomor 2 & 3 saya banget mbaaak.. hahhaa.. gabung komunitas, salah satunya ngejar ilmu. Apapun itu.. ❤️❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum Mbak salam kenal saya Ade Lisna, Seruternyata kalau sudah kopdar dengan BPN .

    ReplyDelete
  8. Wow... Terpesona dengan lomba blog yang pernah diikuti. Enak juga ya kalau di Jakarta gitu bisa sering2 hadir kalau BPN ada acara

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top