Tuesday, November 7, 2017

Tempat Wisata Murah Meriah Dekat Stasiun Bogor

wisata bogor


Bogor di akhir pekan dan saat liburan selalu ramai. Banyak warga baik dalam kota maupun luar kota yang memanfaatkan waktu libur untuk bersantai bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Menikmati suasana Kota Bogor yang adem, jauh dari hiruk-pikuk kota metropolitan. Tidak heran, plat mobil dengan huruf B (asal Jakarta) kerap merajai jalan-jalan kota Bogor jika hari libur tiba. 


Sebagai warga Bogor yang baru menetap selama hampir enam tahun, saya merasa betah dan senang tinggal di sini. Dulu, setiap singgah ke Bogor, waktu sehari kayaknya nggak cukup buat menjelajah tempat-tempat wisata yang menarik. Ditambah kuliner Bogor yang beragam, bikin bingung karena pengen nyobain semuanya, haha. 


Nah, sekarang saya mau share beberapa tempat wisata murah meriah dekat Stasiun saja. Karena pergi dengan commuter line alias kereta itu paling hemat! Enak lagi, nggak perlu capek nyetir dan kena macet, hehe.

Tempat wisata yang berikut ini harga tiket masuknya cukup terjangkau, bahkan ada yang gratis! Setelah keluar dari Stasiun Bogor, selanjutnya bisa naik angkot atau jalan kaki.

1. Kebun Raya Bogor

Ini sudah pasti idola banget! Kebun Raya yang menjadi ikon Kota Bogor ini sudah terkenal ke antero jagad. Wisata alam dengan menikmati suasana teduh dan asri di bawah pohon rindang dan hamparan rumput hijau. Bawaannya pengen piknik sambil makan bareng bersama teman dan keluarga tercinta. 


wisata bogor
Berkeliling Kebun Raya

Kebun Raya Bogor terletak di pusat kota. Dari Stasiun Bogor bisa naik angkot 03  atau 02 yang akan mengitari Kebun Raya. Bisa pilih turun di pintu masuk gerbang tiga (seberang Lippo Pajajaran) atau gerbang empat (seberang kampus IPB). Mau jalan kaki juga bisa, kok. Jaraknya sekitar 1km saja menuju pintu gerbang dua yang ada di dekat kantor pos.


wisata bogor
Kebun Raya Bogor setelah renovasi (foto: travel.kompas.com)


Harga tiket masuk Rp.15.000 per orang. Jam Buka mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Selengkapnya tentang Kebun Raya Bogor bisa dibaca di postingan Kebun Raya Bogor Bagian 1 dan Kebun Raya Bogor Bagian 2.

Lokasi Kebun Raya Bogor di Jl. Ir. Haji Juanda No. 13 Paledang Bogor Jawa Barat.

 


2. Museum Zoologi

Museum Zoologi berada dalam Kebun Raya Bogor. Jadi, tiket masuk ke museum ini sudah termasuk dalam tiket masuk Kebun Raya. Ekonomis bukan? Di dalam museum ini pengunjung bisa melihat proses evolusi hewan di muka bumi dan beberapa contoh fosil yang dipajang dalam lemari kaca. Bahkan ada kerangka paus biru yang dipajang di museum ini lho! Kebayang seperti apa gedenya kan...


wisata bogor
Kerangka paus biru di Museum Zoologi Bogor


Museum Zoologi mulai buka pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB setiap hari. Cerita lengkap waktu saya dan keluarga mengunjungi Museum Zoologi bisa dibaca di sini.


Lokasi Museum Zoologi: Jl. Ir. H, Juanda No.9 Paledang Bogor Jawa Barat.


3. Istana Bogor

Terletak di jantung Kota Bogor dan bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor, Istana Bogor menarik perhatian wisatawan untuk dikagumi. Memang, Istana Bogor tertutup untuk umum dan hanya bisa dinikmati dari luar pagar. Meskipun hanya melihat dari jauh, rusa-rusa peliharaan di balik pagar istana cukup membuat bahagia anak-anak lho. 


wisata bogor
Lihat rusa dari balik pagar istana

Mau coba keliling naik delman mengelilingi Kebun Raya bisa dicoba. Memang tarfinya lumayan mahal. Tapi nggak bakal nyesel karena dijamin bikin anak-anak jadi hepi. Seperti yang ada di foto berikut, yaitu Kk Rasyad mengelus sang kuda yang bernama Rambo ketika kami turun di depan Botani Square.


wisata bogor
Thank you, Rambo!

Istana Bogor dibuka untuk umum setahun sekali saja. Jika ingin melihat isi Istana Bogor, tunggu bulan Juni saat Kota Bogor ulang tahun, ya! Pemberitahuan via media sosial untuk lokasi pendaftaran dan pembagian tiket. Pendaftaran akan diinfokan sebelum Istana Bogor dibuka. Bayarnya? Gratis! 


wisata bogor
Istana Bogor
wisata bogor
Aa Dilshad di Istana Bogor

Manfaatkan kesempatan langka untuk bisa masuk ke Istana Bogor. Boleh bawa rombongan. Jangan lupa, patuhi peraturan ya. Seperti berpakaian rapi, menitipkan tas di tempat penitipan barang dan tidak memotret keadaan di dalam Istana. Ini cerita saya dan Aa Dilshad waktu main ke Istana Bogor.

Lokasi Istana Bogor di sebelah Kebun Raya Bogor, Paledang Bogor Jawa Barat.




4. Taman Topi

Nama unik taman topi berasal dari bangunan unik yang menyerupai topi di tempat ini. Taman yang letaknya bersebelahan dengan Stasiun Bogor ini adalah tempat yang menyenangkan untuk mengajak anak-anak bermain atau sekedar berkumpul bersama keluarga. Ada tempat makan dan jajanan dengan harga terjangkau dan pastinya enak. Saya sering mampir ke taman topi untuk sekedar numpang makan batagor dan es duren doang. Hmm, nikmat!

wisata bogor
Bangunan menyerupai topi yang unik

Di dalam Taman Topi, ada wahana bermain Taman Ade Irma Suryani dengan tiket masuk Rp. 10.000 per orang. Ada beragam wahana wisata, seperti komidi putar, kereta kelinci, wahana gajah terbang, kincir mini, bom bom car, atau flying fox. Setiap permainan membayar lagi tiket dengan harga mulai Rp.5.000. 
wisata bogor
Menemani 3boyz bermain di Taman Topi

Saya sendiri sudah dua kali ke Taman Topi. Pertama waktu baru pindah dari Makassar, saya ajak Aa Dilshad dan Kk Rasyad (Dd Irsyad masih bayi). Setelah agak besar, saya kembali lagi dengan membawa Dd Irsyad ke Taman Topi. Cerita selengkapnya ada di postingan ini


Taman Topi buka setiap hari. Hari Senin sampai Jumat buka dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu, Minggu dan hari libur buka dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Lokasi Taman Topi di Jalan Kapten Muslimat no 51.




5. Taman Kaulinan

Masih edisi mengajak bermain anak-anak. Jika Taman Topi kita harus merogoh kocek untuk menikmati wahana permainannya, kali ini ada tempat bermain yang gratis! Namanya Taman Kaulinan. Taman bermain untuk anak-anak ini terletak di lapangan Sempur Bogor. Cara ke tempat ini bisa jalan kaki atau naik angkot dari Stasiun Bogor.

wisata bogor
Rumah pohon di Taman Kaulinan


Taman Kaulinan berasal dari kata dalam bahasa Sunda ‘kaulinan’ yang artinya permainan. Taman ini khusus dibuat untuk mengajak anak-anak bermain, mengolah kemampuan motoriknya supaya tubuh jadi lebih sehat. Daripada ajak anak-anak jalan ke mall dan makan serta jajan nggak jelas, atau diam saja di rumah berkutat main gadjet, lebih baik aja ke Taman Kaulinan saja.

wisata bogor
Main galasin

Ada banyak permainan tradisional di Taman Kaulinan seperti perosotan, ayunan, egrang, rumah pohon, panjat tali, galah asin, engklek, ular tangga. Wah, jadi ingat permainan tradisional masa kecil dulu. Selengkapnya tentang Taman kaulinan bisa dibaca di sini.

Lokasi Taman Kaulinan di Jalan Sempur No. 1 Bogor Jawa Barat.


7. Klenteng Ho Tek Bio Bogor


Kelenteng Ho Tek Bio atau Vihara Dhanagun ini adalah kelenteng tertua di Bogor. Lokasinya di Jalan Suryakencana No 1, tepat di seberang gerbang utama Kebun Raya Bogor. Saya dan keluarga belum pernah masuk ke dalam kelenteng ini. Cuma lewat seminggu sekali melintas di sampingnya. Bahkan waktu saya masih punya toko obat, saya berjalan kaki melewati kelenteng ini juga seminggu sekali!


wisata bogor
Kelenteng Ho Tek Bio (foto: Halobogor.com)

Interior serba merah di kelenteng ini tentu sangat menarik bagi para wisatawan. Hmm, semoga kapan-kapan saya dan keluarga bisa singgah beneran ke kelenteng ini. 

Lokasi Kelenteng Ho Tek Bio


Nah, gimana? Menarik bukan tempat wisata yang ada di dekat Stasiun Bogor ini? Sudah ekonomis dengan datang menggunakan commuter line, lanjut ke tempat wisata yang murah meriah bahkan gratis! 

Sedangkan untuk rekomendasi tempat makan yang murah meriah, gampang kok. Sepanjang jalan banyak penjaja makanan khas Bogor yang bisa dipilih. Dari luar stasiun, bisa jalan kaki melewati jembatan merah. Diseberang jalan ada pusat jajan Devris dengan aneka kuliner jadul khas Bogor mulai doclang, soto mie, toge goreng, laksa, mie ayam, siomay, dan lain-lain.


wisata bogor
Soto kuning khas Bogor


Mau makan pilih makanan lainnya bisa berwisata kuliner di Jalan Suryakencana. Dari kelenteng, jalan kaki melewati pasar Bogor, terus sampai ke Gang Aut untuk makan soto kuning Pak Yusuf yang sudah terkenal. Mau nggak usah jalan kaki jauh-jauh bisa ke soto kuning di sebelah BCA yang saya tulis di postingan ini: Terpikat Soto Kuning Khas Bogor yang Legendaris.

Mengajak anak-anak berwisata nggak harus pergi ke tempat yang mahal kan? Diajak ke tempat yang wisata murah meriah saja anak-anak pasti senang. Asalkan ada orangtua penuh cinta yang selalu menemani, anak-anak dijamin bahagia dan menggoreskan kebersamaan tersebut dalam kenangan indah. Yuk, kita jalan-jalan!

Postingan ini adalah collabs post Arisan Link Dilo Bogor untuk menjawab postingan trigger dari Shine Fitri berjudul Spot Asyik di Ampera.


43 comments :

  1. Aku penasaran sama taman topi mba.. klo bawa bocil, pada bakalan betah kayaknya ya mba..

    Nice artikel..semoga suatu hari nanti bisa dolan ke Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijamin ga mau pulang deh kalo diajak ke taman topi

      Delete
  2. Pas bangad, desember mau plesiran dulu ke DKI dan ada niat mau ke Bogor.

    Semoga semesta memihak sehari aja biar bisa mengunjungi tempat-tempat wisata murah meriah di atas

    ReplyDelete
  3. kangen bogor, kayaknay dulu belum ada taman kaulinan dan taman topinya bagus sekarang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. taman kaulinan memang baru dibuka, bu
      kalau taman topi skr lebih komplit permainannya

      Delete
  4. pengen banget ke kebun raya bogor. waktu ke bogor kemarin cuma sempat ke mall-nya

    ReplyDelete
  5. Aku pernahnya ke Museum Zoologi, Kebun raya, itupun waktu masih jamannya SMA maak hhaaa

    Hayulah ajak aku keliling Bogor atulah, ngadem di hutan aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. sinih ngadem di bogor makk. kuajak kukurilingan or mager syantik jg bolee

      Delete
  6. Pengen ke Kebun Raya dan Istana nih, tfs mba

    ReplyDelete
  7. Taman Kaulinan blm kesampaian. Bogor wiskulnya juga rameee ya mba �� Asyiknya jadi warga Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik mba. makanya saya betah dan jadi makin gendud #eh

      Delete
  8. Mbak aku dah pindah Cilebut :D
    Pengen banget bawa anak2 ke sana. Aku aja belum pernah masuk kebun raya Bogor haha TFS

    ReplyDelete
  9. Aku cuma pernah ke kebun raya dan istana bogor saja. Semoga bisa main main ke bogor sama anak anak....

    ReplyDelete
  10. Dija paling pingin ke Istana Bogor Tante...

    belum pernah sekalipun masuk istana
    pingiiiin tau istana kayak apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau masuk istana bogor, tunggu bulan juni ya dija. pas ultah kota bogor, istana baru dibuka

      Delete
  11. Wah cocok banget tuh, kalo main ke bogor bisa wisata kesitu..
    terimakasih infonya, salam sukses, salam blogwalking

    ReplyDelete
  12. Wah, aku tertarik sama Taman Kaulinan, kayaknya seru ya bisa main-main di sana :) Artikelnya bisa jadi referensi buat liburan nih, apalagi sekarang akhir tahun. Waktu kecil aku pernah ke Taman Topi, gak nyangka sekarang tempatnya masih ada :D

    ReplyDelete
  13. Terakhir ke bogor banyak yang lagi dirapihkan. Makin banyak taman-taman cantik buat aktifitas warganya nih ya, seneng banget deh jd banyak ruang terbuka hijau yg menarik untuk dikunjungi :)

    ReplyDelete
  14. Waktu suami training aku pernah ikut. Siang pas jam training, aku turun jalan2 sendiri pake angkot. Tapi beraninya cuma sekitar mall ekalokasari atau apa gitu ya? Aku lupa nama mall nya heheheee. Tapi waktu itu blm ngeblog. Coba kalau sekarang, pasti sudah kopdaran ya kita.

    ReplyDelete
  15. Masih banyak lagi Mbak yang dekat dengan stasiun Bogor kalau memang mau. Terutama kalau yang berbau wisata budaya. Ada museum Etnobotani di Jalan Juanda yang kalau berjalan kaki ke Kebun Raya juga bisa dicapai. Museum Tanah. Taman Perlintasan Bogor, Taman Kencana, dan kebanyakan kalau disebutkan disini.

    Bogor banyak sekali Cagar Budayanya (bangunan yang berusia di atas 50tahun) dan peninggalan jaman Belanda, seperti Museum dan Monumen PETA..

    ReplyDelete
  16. Mba klo misalkan mau ke bogor nirwana residence(BNR) klo udh sampe stasiun kmna lagi ya.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Dari stasiun bogor naik angkot 02 (bubulak - sukasari). Turun di pertigaan ke arah bnr. jalan kaki sedikit dekat makam dreded ada shuttle bus untuk ke bnr

      Delete
  17. Kebun raya bogor, musium zoologi, dan taman topi sudah pernah saya kunjungi, sedangkan yang lainya belum.

    ReplyDelete
  18. aku dulu tinggal di bogor dan pernah ke semua destinasi di atas kecuali yg terakhir. asyik memang ya bogor :)

    ReplyDelete
  19. Dari dulu pengen ke bogor, main ke kebun raya bogor. Nengok bunga raflessia, hehe. Pengen tau bentuknya

    ReplyDelete
  20. Sudah pernah semua ke destinasi destinasi di Bogor yang ditulis Mbak Inna ini. Jadinya bikin kangen deh. Paling kangen adalah Kebun Raya nya, tempat sejuk, dan anak-anak bebas berlari kesana kemari

    ReplyDelete
  21. Penasaran dengan semua tempatnya. Kapan ya bisa main ke Bogor ketemu Mak Inna :)

    BTW, kenapa namanya Taman Topi ya?

    ReplyDelete
  22. Wah kalau bisa ditulis harga tiket masuk wisata.

    Aku pernahnya kebun raya bogor . Pengen banget ke istana negara. Cuma susah

    ReplyDelete
  23. Yang paling deket kayaknya Tama Topi, ya. Kalau keluar dari stasiun, kayaknya suka lihat Taman Topi

    ReplyDelete
  24. Bogor memang ngangenin, eh, tapi bener tuh tempat wisatanya yang menarik dan murah meriah ya...

    ReplyDelete
  25. Udah semua kecuali ke Taman Kaulinan dan Klenteng...
    Wah jadi kangen nginep di Bogor...seringnya pulang hari jadi kurang puas deh jalan jalannya

    ReplyDelete
  26. Taman topi dan taman kaulinan cakep ya mba, ternyata banyak juga tempat wisata deket stasiun Bogor. Next kesana bawa anak ah

    ReplyDelete
  27. Aku tahu Taman Topi, duku oernah main tapi cuma di foodcourtnya gitu. Jadi tertarik ngajak si bayi kesitu deh 😍

    ReplyDelete
  28. Aku belum pernah ke klentengnya, kalau yang lain sih sudah, apalagi Kebun Raya Bogor yang nggak pernah absen disambangi setiap ke Bogor. JAdi penasaran ah, kapan2 mau ke klentengnya sekalian berburu objek foto.

    ReplyDelete
  29. Jadi kepingin rekreasi kesini deh, explore bogor kota yang terdekat dari Jakarta soalnya.

    ReplyDelete
  30. Saya yg tinggal di jakarta aja masih suka bolak balik Bogor untuk eksplore2. Klo kebun raya sudah beberapa kali
    tp paling suka ke bogor itu eksplore curug2nya. Buanyak..

    ReplyDelete
  31. Teh kalo dari stasiun bogor ke taman kaulinan sempur naik angkot apa teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa naik angkot yg ke arah kebun raya bogor, no 03

      Delete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top