Friday, February 3, 2017

Ayu Ningtyas and Her Daily Life as A Mighty Woman


Pertemanan dunia maya bisa terjalin lewat media sosial. Jaman sekarang, siapa sih yang nggak punya banyak teman di media sosial? Jujur, saya merasa setiap hari lebih banyak berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya daripada di dunia nyata, hehe. Gimana nggak, saya jarang gaul beneran di dunia nyata :)

   Teman di dunia maya memang ada banyak, sampai ada puluhan status yang berseliweran di timeline media sosial saya. Semakin banyak saya nongkrongin media sosial, semakin banyak status yang bermunculan, hehe. Facebook dan Twitter jadi andalan saya dalam berjejaring sosial (sekarang ditambah Instagram). Saya banyak memfollow teman-teman sesama blogger. Salah satunya adalah Ayu Citraningtyas. Disingkat Ayu Ningtyas pada semua akun medsosnya, saya sering mengamati cuitan Ayu di Twitter yang lumayan aktif. 

Ayu Citraningtyas
   Saya senang saja menikmati ramainya timeline dengan beragam status dari teman-teman berbagai usia dan berbeda latar belakang. Jarang banget saya ikut menyapa atau mensyen balik karena pada dasarnya saya pemalu, enggan menyapa lebih dulu.

   Sampai suatu hari, saya membalas cuitan Ayu yang bertanya tentang kota Palangkaraya. Sebagai emak yang pernah merantau di sana, saya ceritakan sedikit gambaran tentang kita yang ada di tengah pulau Kalimantan tersebut. Saya paham, kebanyakan warga kota metropolitan seperti Ayu pasti agak meragukan kehidupan seperti apa di Palangkaraya. 

   Ternyata, sang tambatan hati Ayu ada di Palangkaraya. Setelah mereka menikah pada tahun 2015, Ayu berhenti kerja untuk mengikuti suami ke Kalimantan dan menetap di Sampit. Sekarang mereka sudah dikaruniai seorang bayi perempuan yang cantik. Tempat tinggal mereka juga baru pindah ke Palangkaraya saat ini. 

Ayu dan keluarga kecilnya
  Ayu berdarah asli Lamongan. Waktu sekolah, Ayu pernah dibully namun berhasil mengatasinya sejak ikut ekstrakulikuler pencinta alam. Tahun 2008 masuk kuliah jurusan listrik di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Awalnya Ayu merasa salah jurusan, namun Ayu berhasil mendapat beasiswa, tugas akhir (skripsi) masuk koran, dan lulus cumlaude di tahun 2011.

   Setelah lulus, Ayu Samsung Electronics Indonesia sebagai Software Tester selama 4 tahun di Cikarang. Kepiawaian Ayu di tempat kerjanya mendapatkan penghargaan sebagai Outstanding R&D Contribution. 

   Ayu mulai mengenal blog pada tahun 2011 dari teman kuliahnya. Blog Ayu bernama My Fingerprint dengan alamat aiyuchee.blogspot.com. Isi blog awalnya hanya untuk curhat pribadi. Kemudian Ayu rajin ikut giveaway dan lomba blog. Hadiah sudah banyak dikumpulkan. Lomba blog paling berkesan yang diikuti Ayu adalah ajang menulis di Samsung Global yang pesertanya berasal dari seluruh dunia dan berhasil menjadi juara 2.

Serius dengan blog, Ayu membuat dua blog dengan niche yang berbeda, yaitu:

1) Blog www.gendhiss.com. Blog ini berisi tulisan tentang inspirasi wanita, gaya hidup, reportase liburan dan kegiatan, ulasan produk atau jasa, blogging tips, dan artikel lainnya.

Blog www.gendiss.com

2) Blog www.ayuningtias.com yang berniche parenting. Blog ini belum sempat diupdate lagi karena kesibukan Ayu. Wah, pasti bakal seru banget nih kalau sudah banyak diisi oleh pengalaman Ayu mamah muda sebagai yang kreaatif.

Blog www.ayuningtias.com

  Saya tertarik dengan blog utama Ayu, yaitu blog www.gendiss.com. Blog ini punya tagline yang menarik: daily life of a mighty woman. Tagline itu ditemukan Ayu saat pindah ke Cikarang untuk bekerja dan tinggal jauh dari keluarga. Iyes, Ayu menyebut dirinya sebagai mighty woman, perempuan yang kuat. Sekuat Ayu dalam menjalani kehidupan yang penuh tantangan dan rintangan. 

   Sejak menikah dan berhenti bekerja, Ayu fokus pada keluarga sekaligus menjadi full time blogger. Ayu senang berbagi cerita dan menulis informasi yang bermanfaat di blognya. Sibuk dengan sang buah hati, Ayu mengaku aktivitas ngeblognya tidak seaktif dulu lagi. Namun rejeki dari ngeblog tidak berhenti begitu saja. Dari ngeblog, Ayu sudah membiayai kuliah adiknya. Wah, hebat! Bener-bener mighty woman!

Prestasi yang diraih Ayu lewat ngeblog dengan kategori lomba, yaitu:
  • 2012 Juara 2 menulis artikel "Touching and Inspiring Story" oleh Samsung Electronics seluruh dunia. 
  • 2012 Termasuk dalam 15 postingan menarik lomba blog #KosmetikHalal Wardah. 
  • 2013 Juara hiburan Lomba blog Pojok Pulsa. 
Saya pernah membaca cerita fiksi yang dibuat Ayu. Ceritanya keren-keren, lho! Beberapa diantaranya mendapat apresiasi sebagai berikut:
  • Cerita Terbaik Berani Cerita #02 ~ [BeraniCerita #02] Menang 
  • Cerita Terbaik Berani Cerita #07 ~ [BeraniCerita #07] Si Pendiam yang Aneh 
  • Cerita Terbaik Berani Cerita #15 ~ [BeraniCerita #15] Ironi 
  • Cerita Terbaik Berani Cerita #16 ~ [BeraniCerita #16] Suporter Bola 
  • Cerita Terbaik Berani Cerita #17 ~ [BeraniCerita #17] Tanda Cinta 
Ayu juga sudah menerbitkan beberapa buku antologi, yaitu:
  • Best of Monday FlashFiction
  • Long Distance Relationship
  • Heart Ring, Ketika Hati Saling Memiliki
  • Harapku Untukmu.
Mau kenalan lebih jauh dengan mighty woman yang satu ini? Boleh kontak langsung di akun media sosial berikut:

Facebook: Ayu Ningtias
Twitter: @ayuningtias90
Instagram: @ayuningtias

4 comments :

  1. Keren banget, banyak pertasi ngeblognya, saya ga ada prestasinya huhu

    ReplyDelete
  2. Wah, salam kenal buat Mbak Ayu, ya? Sangat isnpiratif. ^_^

    ReplyDelete
  3. dua blog ayu kece2 yaa...waah banyak blogger perempuan yg nernak blog kayak mba inna dan semuanya kece2...sy jd terpicu nih

    ReplyDelete
  4. Selalu salut sama blogger yg penuh prestasi & maksimal banget ngeblognya.. Ngga kayak aku hiks.. hare2 banget ngeblognya :(

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top