Thursday, March 2, 2017

Akhirnya... Ganti Template Blog!




Akhirnya... ganti template blog! Sejak awal bikin, tampilan blog Inna Riana tidak pernah berubah. Blog ini dibuat secara tidak sengaja. Lho, kok bisa? Ceritanya, pada tahun 2013 saya mengikuti kelas online design blog yang diadakan secara gratis oleh komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB). Di kelas online tersebut, peserta diajari step by step membuat blog lengkap dengan cara mendandaninya supanya kelihatan cantik. Berkat bimbingan mentor Mbak Shinta dan Mbak Eka, jadilah blog www.ceritaemakriweuh.blogspot.com. Pemilihan nama sengaja nggak jauh dari induknya, yaitu blog www.emakriweuh.blogspot.com.

   Punya blog baru, semangat baru dong buat mengisinya dengan apa saja yang tidak bisa diceritakan di blog utama. Yap, blog utama saya buat khusus untuk perenting dan keluarga (lama-lama berkembang jadi traveling). Jadi, ada blog baru ini saya lebih bebas menuangkan segala ide. Mulai dari cerita curhat, cerita toko obat, cerita fiksi, sampai resep masakan. Nah, terakhir, untuk resep masakan sudah pindah semua ke blog baru khusus masakan, yaitu www.dapurngebut.blogspot.com.


Tampilan lama
   Mangubah blog utama menjadi top level domain (TLD) alias berlabel dot com di belakangnya, bikin saya kepincut untuk mengubah blog ini jadi TLD juga. Berbarengan dengan blog masak, saya membuat TLD blog www.ceritaemakriweuh.blogspot.com menjadi www.innariana.com dan www.dapurngebut.blogspot.com menjadi www.dapurngebut.com. Melahirkan dua blog TLD ini ibarat punya anak kembar. Dibesarkan bareng secara bersamaan.


   Kenapa saya tidak ganti desain blog? Karena saya gaptek, hehe. Kedua blog sudah berganti kulit. Keduanya dibantu oleh teman blogger yang mumpuni dalam hal design. Yaitu Mbak Shinta (kembali minta tolong beliau) untuk blog Emak Riweuh dan Mbak Alma untuk blog Dapur Ngebut. Header Dapur Ngebut dikerjakan oleh Mbak Anisa Stevani (mana bisa saya design sendiri). Dari awal pemasangan, saya asli nggak ngapa-ngapain, tinggal duduk manis dan semua beres! Duh, maafkan saya yang gaptek ini yaa...

  Perkara gaptek juga yang membuat saya enggan mengganti design blog. Saya masih cinta dengan segala bunga mawar ungu yang menjadi latar belakangnya. Tapi... kok lihat design blog yang sekarang, kayaknya blog saya ketinggalan jaman. Nggak kekinian ah!

  Setelah galau cukup lama, saya membaca postingan di blog Nyak Rotun tentang design template yang baru saja dibelinya. Tertarik dengan iming-iming diskon, saya pun nekad membeli template di website skyandstars.co. Aih, semua designya kece-kece! Sampai bingung mau pilih yang mana. 

Website skyandstars.co

   Akhirnya, saya pilih design Clarity karena masih ada unsur pink sebagai pemanis. Yap, blog Inna Riana harus tampil manis karena isinya kan yang manis-manis *uhuk* Setelah melakukan pembayaran (dengan memanfaatkan diskon tentunya), saya lanjut chat dengan Mbak Angel yang membuat design. Chat dilakukan via email dengan  bahasa Indonesia. Iya, website yang go internasional ternyata punya orang Indonesia. Dukung karya anak bangsa? So pasti dong!
Clarity Blogger Template

   Berhubung kondisi fisik saya lagi tulalit alias kurang fit, saya gagal terus ngoprek file kiriman yang sudah diunduh. Kenapa ya? Langsung chat dengan Mbak Angel, deh. Dengan sabar, Mbak Angel menjelaskan setiap kendala yang saya hadapi. Tahu nggak sih, saya yang gaptek parah ini AKHIRNYA bisa pasang template blog sendiri! Uwow! Emejing! Mulai dari gugling apa itu unzip file sampe ngoprek tutorial step by step dari Mbak Angel selama dua jam! Iya, saya baru tahu unzip file itu apa, hahaha!

  Beginilah hasilnya...

Tampilan baru

  Cakep kan? Simple, clean, and minimalis tapi teuteup manis, hehe. Sedikit perubahan pada widget popular post, Mbak Angel membuatkan foto berbentuk lingkaran supaya gambarnya tidak terlalu besar. Makasih ya, Mbak :) 

   Saya memang belum banyak ngoprek tambahan widget untuk mempecantik blog. Seperti widget up yang rencananya mau saya ganti dengan gambar bunga. Nyusul deh. Bisa posting blog juga uyuhan pas lagi meriang gini.

  Begitulah cerita pamer dari saya yang kegirangan bisa ganti template blog. Jadi terinspirasi buat bikin blog baru dan mengunduh sendiri templatenya secara gratisan. What? Bikin blog lagi? Yang tiga ini aja eungaph ngurusinnya. Yah gimana nanti deh.

  Tertarik ingin membeli template juga? Boleh mampir ke website www.skyandstars.co. Mau custom blog juga bisa, lho! Tinggal klik aja pilihannya ke daftar belanja. Happy shopping!

18 comments :

  1. Eaaaaaaaaaa mantaf emak yang satu ini heihiehiee. Kalau urusan ganti wajah atau template saya juga sudah pernah. Dalam catatan saya sih banhkan sampai 3 kali ganti template. Banyak efekknya juga sih di traffic. Skor Alexa saya jadi lebih gemuk Konon kata banyak orang salah satu penyebabnya karena sering gonta ganti pacar eh template

    ReplyDelete
  2. Aku mauu..dan gaptekku lebih parah dari dirimu nih. Itu yang bikin aku pasrah dengan template yg kumiliki sekarang buat blog carianginku..

    ReplyDelete
  3. Aseeek.. Makin kelihatan sumringah ya mak blognya. Selalu suka deh kalo warnanya pink begini :)

    ReplyDelete
  4. cakep banget mbak..duh jadi pingin ganti template nih

    ReplyDelete
  5. Saya pakai skyandstars juga, keren-keren ya emang designnya.
    Btw, selamat ya Mbak Inna berhasil ganti wajah, yang sekarang lebih clean dan kekinian banget lah pokoknya.

    ReplyDelete
  6. bagus templatenya, keren,,,,, jadi pengen coba saya,.. makasih berbaginya

    ReplyDelete
  7. Eaaaak jdi kelihatan girly gitu deh ya :)

    ReplyDelete
  8. Bagus mbak...aku belum ganti juga nih

    ReplyDelete
  9. kece banget templatenya mba.. ternyata ganti template itu gak seribet yang dibayangkan ya mba

    ReplyDelete
  10. Keren mbak.. sederhana tp tetap elegan. Aku jadi pengen ganti template juga nih,hahaha

    ReplyDelete
  11. cantiik templatenya...rapi pula...jadi betah..

    ReplyDelete
  12. ecie... ganti baju baru..he2.. cakep.

    ReplyDelete
  13. Saya juga pengin ganti template nih, Mbak. Mungkin bisa mengdongkrak semangat ngeblog lagi kalau ganti template :-)

    ReplyDelete
  14. Mba Inna, terima kasih ya untuk postingannya tentang SkyandStars.co ^^ Semoga template nya bisa untuk waktu yg lama juga seperti yg sebelumnya :D

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top