Wednesday, January 18, 2017

Free Printable Blog Weekly Planner



Halo semua!  Awal tahun baru, saatnya punya agenda blog yang baru. Setahun belakangan, saya menggunakan blogpost agenda agar jadwal postingan di tiga blog yang saya kelola jadi lebih teratur dan terencana. Buat yang punya satu blog, agenda khusus buat ngeblog ini bisa bikin kita lebih konsisten dan teratur menulis blog sesuai jadwal. 

  Tahun 2016 kemarin saya pakai blogpost agenda hasil mengunduh dari Mbah Google. Tahun ini, saya membuat sendiri blogpost planner. Saya 'terpaksa' bikin sendiri karena tidak menemukan design yang pas dengan selera saya. Emang bisa? Gaya, ih. Bisa juga ternyata, haha. Untung sekarang ada aplikasinya, yaitu Canva, jadi tinggal ganti edit dan copas sana-sini aja. 
Selengkapnya tentang blogpost planner bisa dibaca di postingan Mengatur Postingan Blog dengan Blogpost Agenda

  Sebenarnya, design blogpost planner dari internet itu keren bin kece semua, lho! Tapi coba teliti lagi... tulisan dan kolom yang ada sesuai nggak dengan kebutuhan kita. Misalnya, ada yang gambarnya bagus banget, tapi ada kolom dengan tulisan 'maintenance'. Ini nggak cocok buat saya yang malas me-maintenance blog sendiri. Bukan malas sih, tepatnya gaptek, hehe. Atau ada yang cakep banget designnya, tapi kolom untuk tulisan 'to do' kekecilan. Dan sebagainya.
Blogpost agenda tahun 2016
   Dari semua design yang ada, saya mencari design yang dilengkapi ikon media sosial. Nanti ikon tersebut dicontreng jika kita selesai share postingan blog di berbagai medsos. Buat saya, ini penting banget! Tahun lalu, saya nulis sendiri ikon-ikon medsos tersebut. Pegel euy!

   Saya mulai otak-atik design blogpost planner idaman di laptop. Untuk ikon sosial media yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, dan Linkedin saya cari dan unduh sendiri dari mana lagi kalau bukan Mbah Google (maaf lupa nama websitenya).

   Blogpost agenda yang saya buat adalah versi mingguan alias weekly planner. Ini lebih efektif daripada membuat monthly planner. Saya tidak suka membuat daily planner karena nggak banyak yang bisa saya tulis setiap hari. Cukup mingguan saja. Kalau lagi rajin, emang sih bisa posting setiap hari. Tapi kalau lagi malas, satu minggu bisa kosong nggak ada isinya! Kesimpulannya, bikin daily planner itu bikin buang-buang halaman. Sayang banget buat saya yang mood-nya nggak jelas ini.


Si Grey dan blogpost agenda
   Bikin warna apa? Sengaja dipilih warna monokrom putih, abu-abu, dan hitam supaya nggak boros tinta print warna, hehe. Plus biar maching dengan laptop baru saya yang berwarna abu-abu. Kapan-kapan saya kenalin deh si Grey andalan hadiah ultah dari suami. Laptop ini adalah pengganti si Netty, netbook marun teman setia ngeblog saya. Netty sudah dihibahkan ke si sulung Aa Dilshad di pesantren. Okedee... tampilannya seperti ini berikut cover depan dan cover belakang: 


Isi blog weekly planner


Cover depan

Cover belakang

  Cara mengisi blog weekly planner ini sebenarnya bebas aja sih. Mau nulis apa aja juga bisa. Beberapa kolom sengaja dibuat kosong untuk diisi tanggal dan judul postingan yang sudah diterbitkan. Sebelahnya, ada ikon-ikon medsos yang sudah saya ceritakan tadi. Jika sudah share, tinggal centang ikonnya. Ada ruang kosong untuk menambahkan sendiri ikon medsos yang lain sesuai selera. Saya sih cukup lima ikon aja. Nggak tahu kalau Mas Anang...

   Sudah siap membuat blog weekly planner sendiri? Buat yang mau mencari, selamat berburu, ya! Cara browsing di mesin pencarian Google yaitu dengan mengetik kata kunci sebagai berikut di kolom search:
  • blog weekly planner
  • free printable blog weekly planner
  • weekly blogpost planner
  • free blogpost planner
   Malas nyari dan mau bikin seperti punya saya? Boleh. Sila unduh blog weekly planner di bawah ini. Terus Mak, cara bikin jadi buku agenda blog yang cakep gimana? Gampang, ikuti langkah berikut:
  1. Unduh file pdf.
  2. Datang ke percetakan terdekat. 
  3. Cetak ukuran A4 (mau ganti ukuran lain kayaknya sih bisa). 
  4. Cetak lembar isi sebanyak 30 halaman bolak-balik (total ada 60 halaman). Mau bikin 60 halaman nggak bolak-balik juga boleh. Bebas aja.
  5. Cetak cover depan dan belakan masing-masing satu lembar (minta kertas cover yang agak tebal). 
  6. Minta dibuatkan jilid ring. 
  Mau yang lebih murah? Bisa ke tukang fotocopi. Langkah-langkahnya:
  1. Cukup print file yang sudah diunduh ke selembar kertas ukuran A4. 
  2. Fotokopi sebanyak 30 halaman bolak-balik atau 60 halaman. 
  3. Cover bisa dicopi ke kertas yang lebih tebal sebagai sampul.  
  4. Tambahkan cover dari kertas plastik jika suka. 
  5. Kasih jilid ring. 
  Tahun lalu, saya menggunakan jasa fotokopi untuk mencetak blogpost agenda. Kelemahannya adalah kurang rapi dan kualitas kertas biasa saja. Saat itu saya mencetak sebanyak 60 halaman. Mau bikin bolak-balik, saya nggak percaya abang fotokopi bisa mengerjakannya dengan rapi. Duh!

  Nah, dengan dicetak jadi lebih rapi dan kualitas kertasnya bagus. Saya puas sekali dengan hasilnya. Percetakan di Bogor yang bagus letaknya jauh dari rumah saya. Karena sudah terkenal dengan mutu dan pelayanannya, saya memutuskan untuk mencetak blogpost planner di sini. Oia, saya membuat kartu nama juga di tempat yang sama, lho!

  Coba... mana hasilnya? Ini dia andalan saya buat ngeblog di tahun 2017:

Bagian depan

Bagian isi

Blog weekly plannaer. Mau?
   Belum terlambat untuk punya blog weekly planner buat bikin kita semangat ngeblog di tahun 2017 ini. Males bikin dan mau beli aja? Boleh banget pesen langsung ke saya, hehe. Atau... mau dapat blog weekly planner ini secara gratis? Tunggu ajang giveway yang bakal saya adakan di blog www.emakriweuh.com ya! Stay tune!

34 comments :

  1. Waaa, ada planner gini ngebantu banget biar lbh terjadwal, lbh rapi jg ya mba. Selama ini aku nulisnya msh di note hape.. Hehe.. :D

    ReplyDelete
  2. Waaahh, mauuuu kak!
    Aku belum posting blog lagi nih, mungkin karena ada beberapa yang belum harus diposting tapi belum membuat targetan gitu :(
    Itu donlotnya dimana yaaa? *ngga sabar 😁

    ReplyDelete
  3. Duh,
    Jadwal ngeblog aku selalu pabalatak banget nih mbaaaak, kayaknya harus ikutan ngeprint juga nih biar makin kekinian deh hehehe.

    ReplyDelete
  4. Wah akan makin semangat dan teratur ngeblognya! Thanks for sharing ya Mak..

    ReplyDelete
  5. Kayaknya aku harus pakai ini juga nih Soalnya sering mepet-mepet banget, malah sering amburadul.

    ReplyDelete
  6. keren euy desainnya. apalagi disandingkan sama laptop baru...

    ReplyDelete
  7. Mau donk mbak punya beginian.
    Sangat membantu agar produktif nih mbak.hehe

    ReplyDelete
  8. Inspiratif banget dan lengkap. Yg paling dibutuhkan adalah share ke medsosnya tuh yg simple tapi justru datangin PV. Makasih ya

    ReplyDelete
  9. Ahhh nungguin aja blog weekly planner dari Mba Inna, xixixiii. Cakep sih ��

    ReplyDelete
  10. Aku maaauuu bangeet mak..cocok banget buat aku yg pelupa n unorganized supaya target ngeblog teratur tahun ni tercapai. Siap2 mantengin GA nya ah

    ReplyDelete
  11. Mba Inna mah hebaaat, strong women, rajiin bikin planning

    ReplyDelete
  12. Besok mau aku print ah :) Makasih mba Inna :)

    ReplyDelete
  13. Desainnya cakeep euy... coba ngeprint beberapa dulu. Liat dulu, saya bisa konsisten ngisinya, apa nggak?...hihihi...

    ReplyDelete
  14. sistematis banget ya...saya masih bikin pake tulisan tangan di kertas kecil .trus ditaruh dijepit di kalender meja hehehe

    ReplyDelete
  15. Wah, ini keren. Makasih ya mbak. Salam kenal.

    ReplyDelete
  16. keren nih designnya mba, jadi pengen punya juga

    ReplyDelete
  17. kalau dengan ini pasti bisa terjadwal ya.. terima kasih shareya..

    ReplyDelete
  18. Mau tak print. Biar lebih terjadwal. Makasih ya.

    ReplyDelete
  19. Isssh aku salut ama blogger yg rutin dan konsisten mengupdate blognya, apalagi pake planner segala. Aku mah biasanya rajin di awal2 ngisi planner mba, trs banyak lupanya deh.. -_-

    ReplyDelete
  20. wah makasih tipsnya , wah ada satu blogku yang nganggur sekarang, perlu nih bikin ginian

    ReplyDelete
  21. Wah In, keren loh designnya, sharing kamu ini bagus banget buat saya jadi teratur dan terencana dg baik ya postingan blog kita. Thanks for sharing Inna

    ReplyDelete
  22. rajin iihhhh bikin weekly planer, saya boleh nunggu GAnya aja boleeeh? *lirik manjaah

    ReplyDelete
  23. Mak Inna ini kreatifnya banget ya, aku cuma coret-coret enggak jelas di kertas,

    ReplyDelete
  24. punya beginian nih harusnya..biar lebih produktif nulis. tfs mbaa

    ReplyDelete
  25. Cuma bisa komen..super kreatif, keren

    ReplyDelete
  26. Deuh kerennya mak yg satu ini.... saya mah masih sahayunya ngeblog teh xixixi

    ReplyDelete
  27. Designnya bagus mbak :)
    Aku juga udah beli planner, belum dipake :D wkwkw kebanyakan mikir...

    ReplyDelete
  28. wah keren ini mak.. Kayaknya saya butuh ini. Amburadul banget saya :D

    ReplyDelete
  29. Produksi desain lain yg agak banyak trus dijual mbak hehehe

    ReplyDelete
  30. Kalo di catet gini jadi ga lupa :D hehhe jadi banyak yang ignetin nih jadinya di blog ini :3

    ReplyDelete
  31. suka deh sama ide kreatifnya mba inna
    salam kenal ya mbaa ^^

    ReplyDelete
  32. cakep ya mak plannernya..
    warna hitam putihnya elegan

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^

Back to Top