Thursday, September 1, 2016

Belajar Optimasi Blog dari Anisa AE



Belajar optimasi blog agar kualitas blog kita menjadi lebih baik mulai menjadi perhatian saya setelah beberapa tahun ngeblog. Padahal, niat awal bikin blog buat saya adalah untuk curhat dan mencatat kenangan, itu saja. Seiring bertambahnya waktu dan melihat perkembangan dunia blog yang dinamis, saya tertarik untuk mulai ngeblog dengan serius. Ceritanya sih, pengen jadi professional blogger. Saya pun memperbaiki ketiga blog yang saya kelola dan mulai bisa menghasilkan sedikit demi sedikit rejeki lewat ngeblog, alhamdulillah.



  Belajar ngeblog dari mana? Saya belajar dari para blogger senior yang sudah pakar dan mengelola blognya secara professional. Meski sudah banyak pundi-pundi rupiah yang dihasilkan, mereka tidak pelit berbagi ilmu. Salah satunya adalah teman blogger kita kali ini yang bernama Khoirun Nisa'ul Abidah dan punya nama top Anisa AE.


Anisa AE


Mampir dulu yuk, ke blog Anisa. Biar kita ‘nganga’ bareng…

Blog www.anisae.com

  Blog yang beralamat di www.anisae.com ini kelihatan jelas sebagai blog yang profesional. Keren, ya! Tampilannya simple namun dinamis. Ada iklan yang terpasang juga tidak mengganggu pemandangan. Ada kan, blog yang ditengah-tengah 'njembreng' iklan yang ganggu banget.


  Melihat blog Anisa, rasanya betah berlama-lama membaca berbagai topik yang menarik. Ada tentang jalan-jalan, kuliner, kesehatan, kecantikan. bisnis, profil, opini, kisah sehari-hari, liputan acara, aneka tips, info, resensi film, buku, fiksi, puisi, wah pokoknya seru deh! 



  Saya paling suka membaca label Tips Blogger. Bergizi beneran nih ilmunya. Terutama buat siapa saja yang pengen blognya menjadi profesional seperti blog Anisa. Ada postingan tentang cara menaikkan trafic blog, tips agar dilirik agency, cara mendapatkan job review, tips lulus gogle adsense, dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan tutorial blog seperti membuat link di postingan, menaruh foto dan video di blog, membuat 'baca selanjutnya', dan membersihkan broken link. 


  Nah, postingan berjudul Broken Link, Penyebab dan Cara Menghapusnya ini jadi pe er buat saya. Duh, broken link di blog saya bejibun! Pusing pala incess buat ngebersihinnya! Buat emak gaptek seperti saya, step by step yang dijelaskan oleh Anisa bisa diikuti dengan mudah. Daan... harus nyicil nih bersihinnya. Makasih tutorialnya, Mbak Anisa :)

  Blog Anisa bukan cuma satu aja, lho! Anisa juga ternak blog. 'Peliharaanya' ada banyak dan semuanya aktif. Blog lain yang Anisa kelola yaitu: 
  • www.kepanjenkenkita.com 
  • www.aepublishing.id 
  • www.wisatamalangku.com 
  • www.babyae.com 
  Kemahiran ibu dua putri ini bukan hanya seputar ngeblog saja. Beliau juga sukses membesarkan AE publishing. Anisa merintis usaha tersebut pada tahun 2011, saat belum punya komputer dan masih sanggup mengedit naskah dengan hp (hp lho, bukan smartphone). Hebat euy! Kalau saya mah udah pasti bakalan siwer duluan. Bales komentar blog aja saya merasa kesulitan jika pakai smartphone, maunya buka laptop dulu, hehe. Oia, Anisa dan penerbit AE Publishing pernah diliput di Majalah Inspirasi Usaha terbitan Makassar edisi November 2012. Keren kan!

Anisa bersama keluarga di majalah Inspirasi Usaha

  Menurut keterangan Anisa di grup, beliau baru memiliki blog pribadi pada tahun 2011. Awal berkenalan dengan blog berkat menjadi panitia pada acara pelatihan blog yang diadakan di tempat kerjanya, yaitu di sebuah website yang beralamat di www.infokepanjen.com. Mulai tahun 2014, Anisa serius mengelola blog pribadinya. Mulai dari mengotak-atik adsense hingga mendapat job review yang menghasilkan uang. 

  Berkat kegigihannya mengembangkan AE Publishing dan menjadi professional blogger, Annisa kerap menjadi pemateri dan pengisi pelatihan ngeblog di berbagai kampus. Bahkan sampai ada undangan cangkrukan bersama Kapolda dan sukses presentasi blogger pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang. Sampai saat ini, kerjasama dengan dinas masih berlangsung.

Anisa pada acara pelatihan di kampus UM

  Anisa memang sosok yang inspiratif. Saya amati di grup komunitas blogger, Anisa tidak pelit berbagi ilmu bahkan berbagi job review kepada sesama teman blogger yang ada di grup. Salah satu grup dimana Anisa aktif berinteraksi adalah grup Telegram Blogger Perempuan Network. Uhuk, saya sebetulnya jarang nongol di grup Telegram karena gaptek. Mau nimbrung, topiknya sudah lewat. Jadi, mohon maaf saya cuma bisa jadi silent reader dan baru bisa membaca setelah jumlah chat hampir mencapai angka 1000. Itu juga bacanya malam hari sebelum tidur. Senangnya bisa ngintipin ilmu ngeblog gratisan dari para pakarnya, termasuk dari Anisa.

  Saya kagum dengan sosok Anisa yang gigih dan konsisten. Meski hanya bersekolah sampai kelas 1 SMA, Anisa pantang menyerah untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Mulai dari bekerja di cafe, wartel, pabrik rokok, sampai menjadi reporter di sebuah website. Bakat menulis Anisa berkembang dengan baik di tempat kerja tersebut hingga menjadikannya blogger profesional seperti sekarang. Saat berbagi ilmu di depan para mahasiswa, Anisa tidak malu mengungkap latar belakang pendidikannya. Pada salah satu pelatihan di kampus UN, Anisa menutup acara dengan kata-kata berikut:

"Saya saja yang hanya lulusan SMP bisa berdiri di depan sini. Saya harap kalian yang mahasiswa ini bisa lebih dari saya! Tepuk tangan penuh semangat untuk kita semua!"
  Sukses terus buat Anisa. Keep inspiring ya! Buat yang mau kenalan dan konsultasi atau mau sekedar kepoin Anisa, boleh kontak beliau di alamat berikut: 


Facebook: Anisa Kepompong
Facebook Fanpage : Anisa AE
Instagram : @anisa.ae
Twitter : @anis_sa_ae

8 comments:

  1. Tulisan-tulisan di blognya Mba Anisa memang bermanfaat banget mba. Aku belajar rampingin alexa dari sana paa awal-awal baru pindahan domain.

    Yuk kita tiru semangat pantang menyerahnya mba anisa ;)

    ReplyDelete
  2. saya kenal mba Anisa Ae, dari jaman saya sering ikut kompetisi nulis antologi, hihihi kenal udah lama banget. Dia mentor yang baik Mba. Salam kenal mba Inna.

    ReplyDelete
  3. Annisae sering bagi rahasia ngeblog, makanya harus sering2 dikunjungi

    ReplyDelete
  4. Kereeeen, Mbak Anisa wajahnya pernah dimuat di majalah ternyata.

    ReplyDelete
  5. aahh mba annisa emang kereeen, saluut, sukses selalu buat mba anissa, dan kiya semua yaaa

    ReplyDelete
  6. Setuju Mba Inna, Mba Anisa ini emang baik poool. Nggak pelit sama sekali dengan ilmu yang beliau miliki. Sekarang malah suka bagi-bagi job juga tuh. Asikasik. Semoga aku kecipratan :)

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^