Monday, June 27, 2016

Mengenal Yonna Kairupan dan Profesional Make Up



Halo, semua! Apa kabar? Kayaknya lagi pada sibuk ya? Sibuk ngabisin THR, hehehe. Iya, sekarang memang sudah masuk Indonesia bagian Tunjangan Hari Raya. Bawaannya pengen shopping melulu ya! Nah, Buibu sekalian kalau Lebaran, pasti pengen tampil cantik ya. Sebagai perempuan, untuk mendukung rasa percaya diri biar cantik biasanya diperlukan make up. Saya pribadi memang nggak jago untuk urusan yang satu ini. Tapi saya punya teman blogger yang jago banget soal make up. 



Yonna Kairupan
   Kenalin, Mbak Yonna Kairupan. Blogger yang fokus pada niche kecantikan ini berprofesi sebagai make up artist. Bukan itu saja, perempuan berdarah Minang ini adalah mamah multi talenta. Profesi yang dijalani oleh beliau saat ini adalah sebagai beauty and sepcial effect makeup artist, trainer untuk Internet Marketing, videographer, sebagai youtuber, blogger, pebisnis Oriflame, dan Social Media Manager untuk selebriti. Wow hebat ya! 


   Sekarang, kita intip blog Yonna Kairupan yuk! Ternyata beliau punya empat blog lho. Ketiga blognya sudah TLD semua. Satu blog beralamat blogspot nampaknya sudah tidak aktif lagi. Blog milik Yonna dikelompokkan sesuai dengan niche-nya masing-masing, yaitu:

1. Blog tentang kehidupan Yonna dan keluarganya beralamat di www.thekairupan.com.
    Kecintaannya pada keluarga ditulis pada kata sambutan di blognya:

    "They're the treasures. My strength. My batteries. My powers. My belief in the power 
    of God. They're my laughters. My Joy. My everything in life..."


Blog www.thekairupan.com

2. Blog tentang make up dan kecantikan di www.yonnaandmakeup.com.
    Saya suka dengan tagline di blog ini: "Makeup was invented to intensify your beauty,
    and your beauty comes from inside you."

Blog www.yonnaangmakeup.com

3. Blog tentang profesi Yonna sebagai make up artis di alamat www.yonnamakeupartist.com

Blog www.yonnamakeupartist.com

4. Blog dengan alamat www.yonnakairupan.blogspot.co.id yang belum diupdate lagi.


Blog www.yonnakairupan.blogspot.co.id

   Sebagai sesama peternak blog, saya suka dengan blog Mbak Yonna yang beragam ini. Jadi ya pas. Ada tema keluarga tinggal posting di blog The Kairupan, ada tema tentang make up bisa posting di blog kecantikan, terus soal kerjaan dan portofolio sebagai make up artis sudah ada blog khusus juga. Mantap!

   Sedikit saran dari saya untuk blog The Kairupan. Kalau bisa ditambahkan label untuk setiap postingan, Mbak. Soalnya saya tidak menemukan label postingan di blog ini. Kalau saya perhatikan, postingan dengan tema tertentu diberi tagar di depan judul ya, Mbak? Misalnya #TemenBlogger untuk postingan arisan link dan #OneStepAhead untuk yang berhubungan dengan parenting atau event seminar. Beberapa postingan curhat yang lucu atau cerita tentang anak-anak jadi tidak bisa terbaca tanpa label. Dengan adanya label nanti pembaca akan lebih mudah mencari postingan yang dibutuhkan.  Kan sayang, Mbak. Saya suka kok baca tulisan Mbak Yonna. Ngebayangin... pasti kalau ketemu orangnya rame banget serame tulisan di blognya :)

   Membaca blog Yonna Kairupan membuat saya melek mata tentang make up bahkan jadi tahu tentang make up artist. Dunia make up dan entertainment memang tidak bisa lepas dari sosok Yonna. Bakat seninya sudah terlihat sejak masih sekolah. Mulai dari jago gambar dan menjual hasil gambar ke teman-temannya. Menekuni dunia tari hingga menjadi koreografer tari yang handal ketika SMA. Hingga menjadi penyanyi cafe profesional saat kuliah. 

  Sejak mengikuti kegiatan menari, Yonna semakin mahir menggunakan make up bahkan sering mengajari make up kepada teman-temannya. Ketika kuliah di Akademi Sekretaris LPK Tarakanita, Yonna semakin bebas berekspresi dengan make up dan belajar menyanyi. Saat itu Yonna mulai mencari uang dengan manggung sebagai penyanyi cafe. Jelang lulus kuliah, Yonna bergabung dengan manajemen artis dan potensinya sebagai penyanyi mulai mendapat perhatian. Ketika lulus, Yonna semakin memantapkan karirnya sebagai penyanyi cafe. 

  Ketika menyanyi, Yonna dipertemukan dengan Eric Kairupan, pria yang sekarang menjadi suaminya. Pergaulan Eric yang luas dan kerap melibatkan teman-teman artis membuat nama Yonna semakin dikenal di dunia tarik suara. Bakatnya menarik minat pihak Warner Music untuk mengajaknya rekaman. Bahkan Maia dulu menawarkan Yonna untuk menjadi rekan duetnya di grup Ratu. Keduanya ditolak oleh Yonna karena ia merasa dirinya adalah stage person dan belum siap untuk rekaman. Eh Mbak, kalau beneran tawaran dari Maia diterima, dirimu pasti makin ngetop. Terus, nggak bakalan juga kan Dhani nikah sama Mulan. Ahaha jadi bahas infotainment...

  Jodoh memang sudah ada yang mengatur. Yonna memutuskan untuk menikah muda diusia 23 tahun dengan Eric Kairupan setelah 16 bulan pacaran. Pada usia 25 tahun, Yonna melahirkan putra pertama. Selanjutnya, rumah tangga mereka semakin ramai dengan putra kedua dan ketiga yang terlahir kembar. Ditambah putri bungsu yang keempat, semakin komplit deh. Tiga anak laki-laki dan satu anak perempuan. Jadi nggak penasaran lagi pengen punya anak perempuan kayak saya yang juga punya tiga anak laki-laki, hehe. 


Yonna dan keluarga

  Saat menginjak usia 26 tahun Yonna mulai mendalami agama. Saat itu Yonna bekerja di majalah Tempo dan masih menyanyi di cafe. Pada bulan September 2003, Yonna memutuskan untuk berhijab. Awalnya masih memakai hijab model gipsy, kemudian Yonna merasa nyaman memakai jilbab panjang hingga saat ini. Perubahan penampilan Yonna terjadi dalam waktu kurang dari 2 bulan, termasuk mencopot anting di hidungnya. Bahkan perubahan ini sempat dimunculkan di Tabloid Indonesia, lho. 

  Meski berhijab panjang, kiprah Yonna di dunia entartainment tidak berhenti. Yonna tetap bernyanyi tapi jika ada event dan hanya lagu2 islami saja. Setelah melahirkan anak kedua dan ketiganya yang kembar, Yonna berhenti bernyanyi. Mengajukan berhenti dari pekerjaannya usai melahirkan anak keempat. Namun majalah Tempo tempatnya bekerja malah memberikan pekerjaan untuk mengurus project majalah Tempo edisi Inggris untuk majalah AsiaViews yang terbit di 5 negara. Pekerjaan ini membuat Yonna sering bertugas ke Singapore, Malaysia, dan Thailand.

  Pada tahun 2009, Yonna bergabung di perusahaan kosmetik Swedia. Kembali bersentuhan dengan makeup, Yonna aktif melakukan Beauty Demo ke luar kota. Ingin total di bidang makeup, pada tahun 2013 Yonna berehenti bekerja di Tempo dan berbisnis Oriflame sekaligus mengembangkan usaha make up artis. Yonna juga belajar Special Effect Makeup Artist dan ikut mengembangkan komunitas zombie terbesar di Indonesia yang didirikan oleh suaminya.


Bersama para zombie

  Perannya sebagai Special Effect Makeup Artist sempat dimuat di media cetak dan media TV. Yonna semakin dikenal sebagai make up artist profesional berkat dukungan suami tercinta. Meski sudah berpengalaman, Yonna tidak pelit berbagi ilmu dan kerap memberikan pelatihan bagi yang ingin belajar make up.


Sebagai make up artist yang profesional

  Mau lihat hasil karya Yonna Kairupan secara langsung? Coba saja datang ke wahana wisata horor bernama Dead Prison di Mall of Indonesia Jakarta. Wahana yang baru dibuka tanggal 10 Juni 2016 hingga tanggal 31 Juli nanti ini menyuguhkan atraksi horor dengan banyak zombie seperti di film seri The Walking Dead. Huaa...nonton serialnya aja saya nggak berani. Apalagi disuruh ketemu langsung. Biar itu manusia biasa yang didandani jadi zombie, dijamin saya pasti ngacir duluan dah. Duh, saya emang penakut banget orangnya...

   Kalau ketemu Mbak Yonna secara langsung, saya nggak mau dipertemukan dengan zombie. Saya pengen diajarin pakai make up secara baik dan benar. Saya sudah nonton video Youtobe tentang tutorial make up Wardah (karena saya pakai produk tersebut). Lihat kelihaian Mbak Yonna, sat set sat set, kayaknya enakeun aja pakai make up. Sampai sekarang, saya masih bingung dan gagal melulu pakai eye liner. Putus asa dan menyerah deh. Ajarin ya Mbakk... *nguber sambil ngacungin eye liner*

   Nah, seru kan kenalan baru teman blogger kali ini? Mau kenalan lebih jauh lagi dengan Yonna Kairupan? Boleh chit-chat langsung dengan beliau di akun sosial media berikut:
  • Blog: http://www.thekairupan.com/
  • Twitter: @yonnakairupan
  • Facebook: Yonna Kairupan
  • Instagram: @yonnakairupan
  • Youtube: https://www.youtube.com/user/yokairupan

Sebagai penutup, saya mengutip kalimat di blog Yonna Kairupan: 

This multi-talented woman desires to create so many young Special Effect Makeup Artist in her communities. "Young Indonesian should be skillful so that they could have the meaningful experiences in life" she said. Her teaching skill really has its own uniqueness so that the participants could have their own character in makeup.

Semoga sukses terus untuk Mbak Yonna ^_^

3 comments:

  1. mbak Yonna ini keren ya...
    bidangnya nggak biasa ... jadi pengen banyak bahas

    ReplyDelete
  2. aaawwhh.. makasih sarannya mbak. Berguna banget untuk blogger hore2 macam aku ini. Baru 'ngeh' fungsi label. Will make some time untuk memperbaiki. Tx for the writing ya mbak..

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^