Thursday, February 18, 2016

Karena Ibu Dilarang Sakit, Begini Caranya Agar Tetap Sehat



Saya pernah membuat postingan berjudul Ibu dilarang sakit. Waktu itu pula saya pernah memberikan beberapa tips supaya mengurus rumah tangga jadi tetap lancar walaupun sedang sakit. Jadi, semua pekerjaan rumah tangga tidak terbengkalai saat kondisi badan sedang kurang fit. 

  Tetapi, sekarang ada hal lain yang tak kalah penting lho. Hal penting itu adalah cara supaya tetap sehat dan bersemangat setiap hari. Jangan tunggu sampai sakit dulu, baru menyesal kemudian. Menyesal karena tidak menjaga kesehatan dengan baik. Jadi, ketika tubuh dalam kondisi sehat, kita tetap harus menjaga kondisi badan supaya tidak mudah sakit. Karena ibu dilarang sakit, begini caranya agar tetap sehat. Apa saja caranya?

1. Kurangi Camilan Manis, Yuk!
Choco lava plus es krim yang menggiurkan...

Camilan manis memang lezat. Siapa sih yang tidak suka sama yang manis-manis? Anak-anak dan suami saya suka camilan manis. Sesekali membuat camilan manis untuk menyenangkan keluarga tidak apa-apa. Toh camilan manis buatan rumah lebih aman dan higenis dibanding jajan camilan di luar rumah.

Tapi ingat, jangan sampai berlebihan saat mengkonsumsinya. Camilan manis berkalori tinggi berisiko membuat berat badan bertambah dan sistem kekebalan tubuh jadi menurun. Solusinya, gantilah camilan manis dengan aneka buah segar yang tak kalah lezat. Untuk memancing selera, buah bisa dibuat menjadi sate buah dengan aneka warna. Dijamin anak-anak penasaran dan tertarik untuk menikmatinya.


2. Jangan Lupa Berolahraga

Olahraga itu penting lho! Duh, ngurus rumah aja udah riweuh, gimana mau olahraga. Tenang dulu. Olahraga sebenarnya tidak harus dilakukan di luar rumah kok. Sekarang sudah banyak yang menjual peralatan olahraga praktis untuk berolahraga di rumah. Spesial promo belanja online di MatahariMall akan membantu kita untuk memperoleh aneka peralatan olahraga yang kita butuhkan. 

Alat olahraga apa yang bisa kita beli? Tinggal pilih saja jenis olahraga yang disukai. Jika senang bersepeda seperti saya, sepeda statis bisa menjadi pilihan. Suka jogging? Ada tread mill yang membuat kita tidak perlu jauh-jauh jogging keliling komplek. Ingin punya perut ramping bahkan six pack? Bisa! Tinggal cari alat bantu olahraga yang mendukung, lalu dengan latihan dan disiplin bentuk badan idaman pasti didapat.

Bila peralatan olahraga keren yang harganya murah sudah ada di rumah, kita pasti jadi makin semangat berolahraga. Nggak usah keluar uang banyak untuk pergi ke fitness centre atau gym. Coba saja kunjungi dulu situs MatahariMall untuk melihat-lihat koleksi perlengkapan olahraganya yang super lengkap.


Bersepeda bikin sehat!
Saya sendiri rutin bersepeda setiap hari. Seminggu sekali saya ikut senam aerobik di depan komplek. Efeknya? Tubuh jadi lebih bugar meski aktivitas segudang. Ayo, mulai berolahraga dari sekarang!

3. Manfaatkan Waktu Luang dengan Baik

Ketika memiliki waktu luang di rumah, jangan hanya malas-malasan sambil ngemil dan nonton TV, ya. Lebih baik kita menggunakan waktu luang untuk membersihkan rumah atau melakukan aktivitas penting lainnya. Waktu luang tersebut juga bisa kita manfaatkan untuk beraktivitas bersama tetangga atau berolahraga di rumah.

Pokoknya lakukan apa saja deh asalkan kegiatannya positif dan membuat kita aktif bergerak. Memanjakan diri dengan luluran atau memanggil tukang pijat juga boleh lho.


4. Siapkan Makanan Sehat Setiap Hari

Memasak makanan sehat (sumber foto: Pixabay)

Nah, ini dia poin yang paling penting untuk para ibu rumah tangga. Makanan sehat yang kita siapkan setiap hari tidak cuma untuk kebutuhan kita, tetapi juga untuk seluruh anggota keluarga. Jadi, kita dan keluarga akan senantiasa bugar, bersemangat, dan tak mudah sakit. Yuk, buibu.. kita masak makanan sehat untuk keluarga tercinta.

   Nah, sekarang tugas kita tinggal mempraktikkan 4 cara mudah ini di rumah. Niscaya kita akan selalu sehat, bersemangat, dan siap mengurus rumah tangga dengan baik setiap hari. Tetap semangat, ya!

17 comments:

  1. Olahraga, nah itu yang sangat susah untuk saya lakukan huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama makk...aku juga awalnya males. tapi kalo udah biasa, badan jd lebih enak lho :)

      Delete
  2. makasih mak tipsnya,aku tiap hari olahraga,jalan keliling depan rumah sambil gendong bayi xixixixi...

    ReplyDelete
  3. Olahraga neh mak yg susah cari waktunya bawaannya mau tidur kalau udh di rmh krn kecapan kerja #alasan hehehehe

    ReplyDelete
  4. Jadi inget pingin ngejual sepeda terus tuker dengan sepeda pixy... anakku dah gede jadi gak mau lagi pake sepeda mini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepeda mini berat buat olahraga, mak. dulu mah aku pake federal. maunya sih beli sepeda olahraga lg. apadaya diriku hanya emak2, butuh sepeda berkeranjang buat belanja :D

      Delete
  5. Duh, susah sekali yang manis tu Mak, sekali waktu ada me time, si manislah yang menemani

    ReplyDelete
  6. Saya masih sulit untuk mengurangi makanan yang manis-manis Mbak :(
    semoga kita semua sehat selalu yah Mbak,amin..

    ReplyDelete
  7. Tapi tapi tapi itu choco lavanya mau bangeeet :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu itu itu aku berani makan krn gratisan. kalo bayar sndiri mah ogah hihihi

      Delete
  8. kurangin makanan manis tapi gambarnya kayak gitu. ahhh gakuaat haha

    ReplyDelete
  9. saya paling suka camilan manis berupa cake.. haduuh.. memang harus dikurangi nih

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^