Friday, December 18, 2015

Me and My Blogs


Dunia blog itu indah. Saya sering terperangah dengan segala macam yang berhubungan dengan blogging. Kegiatan ngeblog bukan cuma numpang nulis, lalu membaginya agar bisa dibaca orang lain. Ternyata, ngeblog bisa menjalin silaturahim yang erat dengan sesama blogger. Baca postingan orang lain alias blog walking juga bikin kita bertambah wawasan. Saya lebih suka blogwalking daripada baca portal berita lho. Beneran.

   Karena cinta, saya juga niat mempelajari segala istilah blogging yang njelimet. Misalnya alexa, page rank, domain authority? Tiga istilah itu adalah skor untuk blog. Blog kita bisa dinilai untuk menarik minat pihak yang akan memberikan job review. Kalau saya sih, seneng mengamati skor sendiri demi kepuasan batin aja. Ujug-ujug seneng gitu kalau skor meningkat. Itu tandanya saya rajin. Kalau turun ya agak sedih, tapi memaklumi. Maklum, emak riweuh hehe.

   Saya memang bukan blogger yang sering menang lomba menulis. Bukan blogger yang sering dapat job review. Bukan blogger yang kerap hadir di berbagai acara launching produk atau liputan khusus. Saya ya cuma blogger apa adanya seperti yang saya ceritakan disini. 

   Jujur, saya suka nggak mau kalah sama blogger lain. Lihat blogger lain punya tampilan blog yang bagus, saya jadi kepingin. Banyak blogger yang punya TLD (top level domain) alias nama sendiri untuk blognya, saya ikut-ikutan. Tujuannya? Lagi-lagi untuk kepuasan batin. Biar keren. Biar gaya. Biar nama blog saya nggak ada yang pakai. Saya posesif? Emang!

  Kenapa saya bikin postingan ini? Karena saya mau cerita tentang tiga blog yang saya 'pelihara' saat ini. Sebenarnya, saya punya 7 (tujuh) blog. Dua blog numpang di blog Detik dan Kompasiana. Punya blog satu aja riweuh ngurusnya. Belagu amat sih pake punya banyak blog segala. Biarin deh. Terserah orang mau bilang apa. 

  Setelah melalui semedi panjang, saya putuskan untuk mengabaikan blog saya di blog Detik dan Kompasiana. Saya mau serius mengurus 3 (tiga) blog aja ah. Kebanyakan blog jadi lieur ngasih makannya, haha. Ngasih makan postingan maksudnya.

  Oke. Fix. Saya punya 3 blog aktif. Masing-masig blog punya 'jurusannya' masing-masing, yaitu:

1) Blog Emak Riweuh. Tagline: a happy hectic mom. 
Blog Emak Riweuh untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan keluarga.

Alamat blog Emak Riweuh: http://www.emakriweuh.com/

2) Blog Inna Riana. Tagline: cerita emak riweuh. 
Lebih banyak bercerita tentang saya sebagai seorang perempuan biasa. Ada cerita riweuh, cerita toko obat, cerita memasak, cerita craft, cerita fashion, cerita hijab, cerita Ibu Inna, dan yang terbanyak adalah cerita curhat, haha! 

Blog Inna Riana : http://www.innariana.com/

   Blog ini lebih gado-gado daripada blog Emak Riweuh. Saya punya cita-cita bisa belajar menulis fiksi di blog ini. Maunya ada cerita pendek dan cerita serial. Temanya udah lama nyangkut di kepala tapi belum bisa ditulis karena saya nggak tahu cara nulisnya gimana. Hiks. Harus browsing sana-sini dulu sebelum mulai menulis fiksi. 

   Harapan lain, blog ini jadi pengalihan dari blog Emak Riweuh. Sebenarnya, saya segan ada postingan berbayar di blog Emak Riweuh. Tapi berhubung saya nggak enak menolak rejeki, ya terpaksa postingan berbayar mampir dulu di blog Emak Riweuh. Jika blog Inna Riana sudah punya skor yang bagus, maka postingan berbayar dan aneka lomba (kalau lagi pengen ikutan) akan saya taruh di blog ini. 

3) Blog Dapur Ngebut. Tagline: masak cepat dalam waktu singkat. 
Blog khusus resep dan kuliner. Review resto juga ada (masih satu postingan). Review apa adanya. Maklum, bukan food blogger keren. Kalau saya mah food blogger doyan masak dan jajan ajah.

   Nah, itu tadi adalah blog yang aktif dan ingin saya kelola dengan serius. Blog yang lain terpaksa di non-aktifkan karena keterbatasan saya. Blog-blog anak tiri tersebut adalah (meneruskan nomor kepemilikan blog):

4) Blog Kompasiana
Niat awal membuat blog di Kompasiana adalah untuk memposting cerpen dan belajar menulis fiksi dari kompasioner yang lain. Sayang, saya bingung dengan masalah verifikasi yang gagal melulu. Jadi patah hati deh. Mudah-mudahan saya sempat mengisi blog ini di kemudian hari. Setelah urusan verifikasi selesai.

Alamat blog Kompasiana: http://www.kompasiana.com/innariana#

5) Blog Detik
Bikin blog khusus buat ikutan lomba. Jujur, itu niat awal ngeblog di Blog Detik. Setelah tidak ikut lomba, saya coba posting seperti biasa. Lagi-lagi, saya merasa kurang nyaman. Saya gaptek lalu stress karena harus mengetik di worpress. Nanti kalau saya sudah punya banyak waktu luang dan siap mental untuk mengetik di wordpress lagi, blog ini akan saya aktifkan kembali. 


Alamat blog: http://innariana.blogdetik.com/

6) Blog Inas Craft
Tagline: simple and sweet. Blog khusus craft yang rencananya akan saya buat jadi toko online aksesoris handmade suatu saat nanti. Kapan? Entahlah. Suatu saat nanti jika saya sudah siap.

Alamat blog Inas Craft : http://inas-craft.blogspot.co.id/

7) Blog Rahasia
Berisi curhatan terdalam yang enggan dipublikasikan karena belum siap menghadapi pro dan kontra. Blog ini dikunci, hanya saya yang bisa membuka dan membacanya. Impian saya adalah mengumpulkan semua cerita untuk dijadikan sebuah novel. Kapan? Masih lama. Saya masih belajar nulis fiksi. Perjalanan masih panjang. Lagipula, kisah saya belum berakhir. Belum tahu endingnya seperti apa. 


   Yah, begitulah. Punya banyak blog tapi nggak keurus sudah jadi resiko saya sebagai emak riweuh. Tapi saya nggak buru-buru, kok. Urusan keluarga lebih penting dibandingkan ngeblog. Jadi, sambil belajar mengelola energi dan waktu, semoga saya bisa konsisten mengurus semua blog saya ini. Aamiin.

10 comments:

  1. emak emak ribet wkwkwkkwkwk

    followback blog aku ya kak

    http://ekienglandmuse.blogspot.co.id/2015/12/review-film-single-raditya-dika.html + komentar balik

    ReplyDelete
  2. saya udah follow semua blom ya mak? banyak bgt mak sama kayak saya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh aku juga mau follow punyamu semua dong makk

      Delete
  3. Mbaaaak.. Banyak banget blognya. Bisa kehandle semua kah? Aku sejak ngga ada laptop jadi jarang ngeblog nih :(

    ReplyDelete
  4. apa gak pusing itu mba ngurus blog banyak-banyak??

    ReplyDelete
  5. Huwaaa bnyak bgt mak ..semangat semangaatt

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum emak Riana...
    mantab banget...bisa handle banyak blog.
    Saya setuju kalau tiap blog mempunyai tema sendiri, tapi risikonya adalah ribet mengurusnya.

    Keep posting

    ReplyDelete
  7. Blognya banyak banget. Kebayang deh ribetnya..
    Saya ngurus satu blog aja ribetnya bukan main :D

    ReplyDelete
  8. Keren,, bisa ngurus tujuh blog sekaligus,, emak2 strong :D

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^