Wednesday, July 15, 2015

Alat Penangkap Nyamuk Ekonomis

Musim kemarau tiba. Biasanya, nyamuk pun mulai banyak berdatangan. Aliran got yang mampet karena tidak ada hujan membuat telur dan jentik-jentik nyamuk nyaman berkembang biak. Duh, sebel banget kalau sudah banyak nyamuk begini!

   Ada berbagai cara untuk mengusir nyamuk-nyamuk nakal ini. Bisa dengan obat nyamuk atau alat pembunuh nyamuk. Obat nyamuk terdiri dari obat nyamuk elektrik yang menggunakan tenaga listrik, semprotan obat nyamuk dalam botol, semprotan obat nyamuk cair dalam alat seperti pompa, dan obat nyamuk bakar. Sedangkan alat pembunuh nyamuk yang lazim digunakan di rumah adalah raket nyamuk dengan tenaga baterai.


   Hampir semua jenis pembasmi nyamuk sudah pernah saya gunakan. Tapi kok rasanya tidak mampu memusnahkan seluruh nyamuk? Nyamuknya sih, cuma ada satu. Tapi teman-temannya ada banyak! 

   Saya menggunakan obat nyamuk elektrik di rumah. Tapi itu saja tidak cukup. Boyz kerap mondar-mandir masuk kamar yang sedang dipasangi obat nyamuk. Pintu kembali terbuka. Nyamuk masuk ke dalam kamar. Obat nyamuk elektrik juga tidak bisa bekerja maksimal. Jadi, tetap masih ada nyamuk di dalam kamar.

  Pakai semprotan nyamuk? Duh, ini malah jadi rebutan boyz setiap saya ingin menyemprot kamar dengan obat nyamuk semprot. Saya pakai semprotan nyamuk botolan. Yang tinggal pencet itu. Kalau jaman saya kecil, di rumah pakai obat nyamuk semprot isi ulang yang alat penyemprotnya seperti pompa. 

  Cerita tentang obat semprot jadul, anehnya, saya sangat suka dengan baunya! Padahal kan, bahaya ya, menghirup secara langsung. Bandelnya, saya tetap keukeuh mengikuti sang penyemprot obat nyamuk dan menghirupnya dengan suka cita! Hadeuh!

  Kalau di rumah mertua saya, kakeknya boyz biasa memaakai obat nyamuk bakar. Saat kami sekeluarga menginap di sana, boyz malah terpana dan menggerubungi obat nyamuk berbentuk spiral tersebut! Mereka seneng-seneng aja tuh, menghirup bau obat nyamuk bakar dalam jarak dekat! Selain itu, mereka kagum dengan asap yang mengepul dan bara kecil di ujung obat nyamuk. Buntutnya, mereka malah main bakar-bakaran dengan obat nyamuk! Haiyah....

   Obat nyamuk bakar versi terbaru yang berbentuk kertas juga pernah saya coba. Ternyata cepat sekali habisnya ya! Agak horor jika memakai obat nyamuk bakar. Khawatir tersenggol lalu apinya menyulut sesuatu hingga terjadi kebakaran! Hii! Amit-amit! Tapi beneran lho, kasus kebakaran akibat obat nyamuk tidak bisa dianggap sepele.

   Jadi, pakai apa lagi nih? Wangi obat nyamuk sudah tercium di dalam kamar. Tapi suara ngiung-ngiung nyamuk masih terdengar! Akhirnya, kami pun pasang kuda-kuda untuk menepuk sang nyamuk. Ciaattt!!! Plokkkk!!!

    Bersyukurlah ada alat yang bernama raket nyamuk. Alat pembunuh nyamuk berbentuk raket ini sangat mudah digunakan dan membantu kita dalam urusan membasmi nyamuk. Raket yang dialiri listrik tegangan ringan ini mampu membunuh nyamuk dalam sekali smash. Tak tak tak! Bunyi raket bertubrukan dengan tubuh nyamuk. Kilatan cahanya listrik berkelebat. Bau terbakar pun tercium. Sang nyamuk tewas terbakar!  

   Saya pernah menikmati senangnya bermain raket nyamuk menjelang tidur. Apalagi raket tersebut adalah barang gratisan dari kantor. Lumayan, hemat uang belanja, hehe. Saat itu saya masih tinggal di Makassar. Wah, boyz yang saat itu masih piyik ikut senang main raket nyamuk.. Tapi saya malah parno sendiri, takut mereka kesetrum. Jadi, saat tidak digunakan, seluruh baterai saya sembunyikan. Biar aman. Tidak lama kemudian, sang raket akhirnya rusak karena sering dipakai tepok-tepok nggak jelas oleh boyz. Baguslah. Saya nggak perlu parno lagi kan.

   Sekarang saya sudah menetap di Bogor. Musim kemarau di kota hujan ini memang tidak sepenuhnya kering. Sesekali, hujan gerimis turun. Meski cuma gerimis dan sebentar, yang penting hujan tetap turun di Bogor. Bogor never dry getoh!

   Hujan yang nanggung tersebut tidak sukses membasmi para jentik nyamuk di selokan. Malah bikin air tergenang di tempat-tempat tertentu. Yah...banyak nyamuk lagi deh! Harus pakai apa lagi nih? Oia, kalau pakai lotion anti nyamuk gimana? Tinggal oles ke bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Nyamuk tidak suka dengan bau lotion anti nyamuk. Dijamin nggak bakalan digigit nyamuk.

   Iya. Setuju banget. Lotion anti nyamuk memang ampuh mencegah kita dari gigitan nyamuk. Selain lotion, ada juga minyak oles seperti minyak telon dan minyak kayu putih anti nyamuk. Itu efektif banget karena ada rasa hangat setelah dioleskan. Jika sudah terlanjur digigit nyamuk, rasa gatal bisa hilang dengan minyak oles tersebut.

  "Ya sudah. Pakai lotion atau minyak anti nyamuk saja, Mak. Tinggal ambil di toko obat kan gampang." mungkin banyak yang menyarankan demikian. Sudah pernah saya coba. Dan akhirnya si lotion sudah habis duluan. Dipakai oleh boyz untuk mengoles terus menerus! Haha!

  Malam ini, ketika saya lagi kesel nepokin nyamuk, tiba-tiba Bapa bilang ada cara gampang menangkap nyamuk! Tadinya saya pikir, Bapa mau bikin perangkap di botol plastik yang pernah saya baca di buku percobaan sains (saya sudah lupa lagi caranya bagaimana). Ternyata, Bapa mengambil tutup panci! Tutup panci diolesi dengan minyak goreng. Cara menggunakannya: cukup kibaskan tutup panci ke arah nyamuk yang sedang terbang. Hap! Nyamuk akan terperangkap dan tidak bisa terbang lagi. Kena deh!

   Wah! Ide cemerlang! Rupanya Bapa waktu kecil menggunakan tutup panci untuk menangkap nyamuk. Cara yang ekonomis! Tidak perlu membeli raket nyamuk bukan? Menangkap nyamuk dengan cara ini juga sangat menyenangkan! Saya, Bapa, dan boyz berebutan tutup panci dan tertawa bersama. Bisa sekalian olahraga, lho! Itu, nyamuknya di atas! Hap! Langsung melompat! Yuk dicoba!

Tutup panci sebagai alat penangkap nyamuk

5 comments:

  1. Hahahaha.... Ini salah satu cara kuno di sini mbak. Murce deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emejing ya murce sekali.
      aku baru tahu dari suami :D

      Delete
  2. wah, cara sedehana tapi bisa nangkap nyamuk banyak mak hehehe

    ReplyDelete
  3. Xixixi, patut dicoba deh. Langsung ke dapur buat cari tutup panci. :D

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^