Thursday, January 15, 2015

Ketika Emak Pemalu Bergabung di KEB

 


Saya orang yang pemalu. Waktu masih sekolah, teman dekat saya tidak banyak. Begitu pula setelah menikah. Apalagi saat merantau, saya jarang bersosialisasi dengan ibu-ibu di sekitar rumah. Merasa sungkan sebagai pendatang plus kesibukan mengurus anak dan urusan rumah tangga menjadi alasan saya untuk membatasi pergaulan.

   Seperti anak pendiam pada umumnya, saya jarang mengobrol bahkan mengungkapkan perasaan pada sembarang orang. Beberapa rasa yang membuncah sering kali saya tuangkan dalam bentuk tulisan di buku harian. Kegiatan ini berlangsung sejak SD hingga kuliah. Sejak menikah, saya tidak sempat lagi menulis diary karena sudah ada suami tempat mencurahkan segala perasaan *ihiyy*


   Suatu hari, saya tertarik postingan salah seorang teman Facebook tentang tutorial membuat blog. Wah kebetulan. Saya kangen menulis. Rasanya banyak sekali isi kepala saya yang ingin dituangkan menjadi sebuah tulisan. Bukan curhat alay lagi seperti jaman masih single, tapi saya sangat ingin bercerita tentang ketiga anak laki-laki saya dan kehidupan keluarga kami di tanah rantau.

   Blog pertama jadi. Saya beri nama: Emak Riweuh. Sesuai dengan apa yang saya hadapi sehari-hari, yaitu riweuh alias rempong alias ribet mengurus 3 bocah yang masih piyik-piyik beserta urusan rumah tangga lainnya. Puas hanya menulis sendiri? Tidak. Rasanya ada yang kurang. Kayaknya enak juga nih kalau punya teman dengan minat yang sama, yaitu sama-sama suka menulis. Tapi, saya harus cari ke mana?

   Saat itulah saya tidak sengaja menemukan komunitas Emak2 Blogger di timeline Twitter saya. Saya lupa dari mana saya baca kata KEB, mungkin dari salah satu teman Twitter yang menjadi member KEB tapi saya lupa siapa. Singkat cerita, saya berhasil diterima jadi member KEB oleh Mak eRTe Sary Melati.

   Masuk ke grup Facebook KEB, saya merasa seperti masuk ke rumah baru dan disambut dengan hangat oleh penghuni di dalamnya. Ada founder alias Makpon Mira Sahid dan soulmatenya Makjurbay Irma Susanti (keduanya ternyata aslinya lebih cantik daripada di foto, lho). Selain sudah dicegat di pintu masuk KEB oleh oleh Mak Sary tadi, ada makmin kece lainnya yaitu co foaunder Makpuh Indah Juli, Maklin Vema Syafei, Maksekdes Sumarti 'Icoel' Saelan, dan Makmin cuap-cuap Lusiana Trisnasari yang cetar membahana. Saya juga sudah sempat berjumpa dengan Makpuh dan Mak Icoel. Semoga suatu hari bisa bertatap muka dengan makmin lain yang super ini.

  Cerita tentang awal bergabung di KEB pernah saya tulis di postingan ulang tahun KEB sebelumnya: Belajar Ilmu Padi dari Komunitas Emak Blogger. Kini, sudah dua tahun saya menjadi member KEB. Perasaan saya? Senang dan bangga bisa jadi bagian dari KEB.

Manfaat yang saya peroleh sejak bergabung di KEB adalah:

Menambah ilmu tentang dunia blog dan seputar kegiatan blogging. 
Lewat KEB, saya jadi mengerti bagaimana cara mengurus blog dengan baik dan benar. Berbagai istilah asing yang berhubungan dengan blog juga perlahan saya pelajari. Buktinya, sekarang saya punya domain sendiri. Saya juga nekad pasang widget Alexa rank untuk penyemangat saja. Selain itu, blog saya juga bertambah dari hanya satu menjadi empat. Rajin posting nggak? Nah itu dia, hehehe.

Menambah banyak teman baru. 
Senangnya berkenalan dengan banyak teman baru, bahkan bisa kopdar dan bertemu langsung. Sebelumnya saya dan beberapa emak KEB hanya saling menyapa di dunia maya. Tambah teman baru, tambah silaturahim.

Membuat saya jadi semakin bersemangat menulis. 
Dulu saya malas banget untuk mulai menulis. Sekarang, melihat postingan emak-emak lain yang ciamik di grup, saya jadi terpacu untuk bisa produktif seperti mereka.

Dapat hadiah dari berbagai lomba blog. 
Memang belum banyak lomba yang saya ikuti. Kapasitas saya belum ke arah sana. Saya ikut lomba kalau sedang ingin saja. Saati ini masih memprioritaskan waktu untuk mengurus keluarga. Dengan kata lain, manajemen waktu saya payah! Waktu buat nulis saja masih seenaknya, hehe.

Bisa ikut hadir di beberapa event menarik.
Wah ini pengalaman baru bagi saya sebagai blogger pemula. Duh, siapa sih saya ini. Cuma emak biasa yang mangkal cantik di rumah. Eeh nggak nyangka bisa diajak mampir ke Kantor Google Indonesia. Apalagi kalau bukan gara-gara KEB :)

Main ke kantor Google

Sharing tentang foto pruduk di Elevania
Terakhir dan paling penting: menambah rasa percaya diri!
Saya yang pemalu ini pelan-pelan mulai membuka diri. Agak canggung pada awalnya karena saya tidak terbiasa membuka percakapan lebih dahulu dengan lawan bicara.  Bertemu Makpon, Makmins, dan para member KEB yang ramah-ramah membuat saya nyaman berada di komunitas ini dan berani bertegur sapa. 

   Interaksi saya dengan para makmin dan member KEB semakin erat terjalin sejak saya terpilih menjadi salah satu dari 50 besar finalis Srikandi Blogger. Srikandi blogger adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh KEB. Kebetulan saya ikut pada ajang yang kedua. Wah, saya senang sekali. Tentu saja efeknya saya jadi semakin percaya diri karena merasa diakui sebagai seorang blogger :)

Menjadi bagian dari 50 finalis SB2014

   Menyesal sekali, saya tidak bisa hadir di ajang penganugerahan Srikandi Blogger 2014 karena ada acara keluarga. Meski acara SB2014 sudah usai, silaturahim antar finalis pun terus berjalan dengan adanya grup Whatsapp. Saya juga diikutsertakan dalam grup Whatsap KEB. Terima kasih sudah mengajak saya bergabung di grup Whatsap, emak-emak semua. Mohon maaf sebelumnya karena saya jarang aktif dalam chat. Bukan apa-apa, saya punya keterbatasan waktu dan ada semacam larangan di rumah untuk tidak bersentuhan dengan gadget terlalu lama. Jadi, saya membatasi diri pada semua aplikasi chatting demi kelancaran tugas saya di rumah dan kegiatan berjualan di toko obat yang saya kelola.

Saran saya untuk KEB tercinta:

Kelas online seputar blogging. 
Saya mendapatkan banyak manfaat dari kelas online yang pernah diselanggarakan oleh KEB pada saat awal saya bergabung. Waktu itu saya ikut kelas online design blog dengan tutor Mak Shinta Ries (yang hasilnya adalah blog ini), kelas online ediiting oleh Mak Haya Aliya Zaki, dan kelas menulis novel oleh Mak Nunik Utami. Ayo, bikin lagi, dong!

Membuat cabang perwakilan KEB di setiap kota besar. 
Ternyata oh ternyata, emak KEB yang tinggal satu kota dengan saya itu ada banyak! Terbukti dengan suksesnya acara kopdar di Bogor yang bertepatan dengan peringatan hari Ibu pada tahun 2013. Saya bersedia jadi seksi bantu-bantu jika ada acara KEB yang akan diselenggarakan di Bogor. Belum sanggup jadi seksi sibuk yang urus proposal dll. Saya jadi seksi sasapu juga mau. Beneran.
Kopdar KEB di Bogor
Membuat proyek nulis buku bareng. 
Waktu ikut kelas online menulis novel, para peserta diberitahu tentang kemungkinan naskah akan dibukukan. Karena belum ada kabar hingga saat ini, maka saya berkesimpulan bahwa naskah para peserta belum layak untuk ditawarkan ke penerbit. 
Saya tidak tahu tentang proyek buku yang pernah KEB buat sebelumnya (saat itu saya belum bergabung). Jadi, saya kurang paham informasinya. Kasih tahu ya Mak. CMIIW ^_^

Memperbanyak merchandise KEB. 
Saya suka memakai kaos bertuliskan KEB ini. Jadi bangga menunjukan jati diri sebagai blogger dan member KEB. Kalau bisa, nanti bikin agak banyakan, dong. Dengan warna dan design yang unyu-unyu. Hasil penjualannya bisa untuk menambah uang kas KEB. Lumayan kan :)
Kaos SB 2014

Postingan untuk website KEB
Saya pernah sekali menyumbangkan tulisan untuk website KEB. Karena kesibukan, niat untuk menulis dan mengirimkan naskah ke web KEB tertunda terus. Seringnya sih karena lupa. Saran saya, Makmin pasang pengumuman untuk para emak yang ingin menyumbangkan tulisannya.Sekarang kan, member KEB semakin banyak. Pasti banyak juga dong, emak yang ingin tulisannya tayang di web KEB tercinta. Biasanya emak member baru belum tahu bagaimana caranya. Jadi makmin jangan bosan mengingatkan ya :)

Website KEB

Arisan Ilmu Keliling Kota
Ada kegiatan baru di KEB, yaitu arisan ilmu. Wah, acara yang sangat bermanfaat! Sayang arisan masih banyak diadakan di Jakarta. Kalau bisa, arisan ilmu juga diadakan di kota lainnya dengan dibantu para emak blogger setempat. Pasti seru, deh!

   Bicara tentang Arisan Ilmu, dalam rangka memperingati ulang tahun KEB yang ketiga, ada event seru yaitu Arisan Ilmu yang akan diadakan di Bandung. Saya beruntung termasuk emak yang menang kocokan arisan untuk mendapatkan merchandise. Alhamdulillah. 

  Dan ternyata, karena ini ulang tahun KEB, para emak KEB yang namanya tidak terdaftar dalam peserta arisan boleh hadir! Sesuai dengan tema uang tahun kali ini: sauyunan (artinya seia sekata). Wah, dijamin bakal heboh dan semakin rame! Can't wait to meet you all ^_^

   
  Terakhir, ucapan selamat ulang tahun yang ketiga buat KEB tercinta. Terima kasih sudah mengubahku menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih percaya diri. Terima kasih Makpon, Makmins, dan semua member KEB. Semoga sukses selalu untuk KEB dan tetaplah menginspirasi.

Love you so much.

(Tulisan ini diikutsertakan dalam postingan serentak menyambut HUT KEB yang ketiga)

16 comments:

  1. Eyalahh ... ternyata dirimu pemalu ya mak :D hihihi....
    Asyiknya yg bisa hadir arisan ilmu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah...aku pemalu *nyumput*
      Alhamdulillah, mak. Smoga ga ada halangan mendadak u bisa dateng ke Bdng besok :)

      Delete
  2. Jadi kenal sama tetangga jugaaak...hihhiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wktu pertama kenal malah ga ngeh alamat mak Arin itu tetanggan. Maklum pendatang baru di Bogor hihi

      Delete
  3. Senangnya membaca postingan ini. Terima kasih untuk doanya, semoga KEB ke depan bisa maju bersama membernya.
    Insya Allah, saran-sarannya akan diagendakan dan banyak sponsor yang mau mewujudkannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir, Makpuh.
      Alhamdulillah semoga ke depannya KEB makin banyak sponsor, aamiin.
      Senang bisa ketemu Mak Indah waktu di kantor Google. Semoga kapan2 kita bisa ketemu lagi ^_^

      Delete
  4. Selalu suka baca tulisanmu yang komprehensif, Mak Ri ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk pujiannya, Mak Ratna ^_^

      Delete
  5. sukses untuk acaranya dan semoga menang ya bu :) lama tidak berkunjung kemari ^_^

    ReplyDelete
  6. Biasanya yang pemalu itu lebih bisa menuangkan luapan hatinya melalui tulisan. Saya juga awalnya pemalu mak, tapi dengan bergabung dengan komunitas lebih bisa mengekspresikan diri. Salam kenal mak :)

    ReplyDelete
  7. Ide2nya keren Mak.
    Semgo bs terealisasi utk kebaikan KEB dan anggotanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga KEB semakin sukses ya mak...aamiin

      Delete
  8. karena KEB, saya jadi kenal emak riweuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ....sayah juga jadi kenal mak myraa *celepoks*

      Delete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^