Thursday, October 24, 2013

Notebook Tipis Bikin Ngeblog Makin Asyik


Menjadi seorang blogger tidak pernah terbayang oleh saya sebelumnya. Saya adalah ibu rumah tangga biasa yang kebetulan senang menulis. Awalnya, saya membuat blog www.emakriweuh.com hanya untuk kepentingan pribadi. Saya menulis tentang tentang tempat wisata dan kuliner yang keluarga kami kunjungi saat merantau, tentang ketiga anak laki-laki saya yang aktif, sedikit curahan hati, dan beberapa tips praktis untuk diterapkan di rumah. Tidak menyangka, blog saya ternyata dibaca  banyak orang. Sebagai variasi, saya lalu membuat blog www.ceritaemakriweuh.blogspot.com yang berisi tulisan tentang resep masakan, gaya hijab, aksesoris handmade, dan tulisan yang diikut sertakan untuk lomba.

  Sejatinya, seorang blogger pasti punya 'senjata' untuk ngeblog (istilah untuk aktivitas blogging). Untuk ngeblog diperlukan perangkat komputer yang dilengkapi dengan koneksi internet. Ngeblog juga bisa dilakukan dengan menggunakan laptop, notebook, tablet, atau smartphone. Saat memiliki komputer di rumah, yaitu sekitar tahun 2003, komputer hanya digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah suami. Kami sengaja tidak memasang koneksi internet. Maklum, namanya juga keluarga muda dengan satu anak. Saat itu, masih banyak kepentingan lain yang diutamakan. Anggaran beli popok dan susu termasuk salah satunya :)

  Seiring bertambahnya waktu, suami merasa tuntutan pekerjaan di kantornya semakin banyak dan membutuhkan alat bantu kerja berupa laptop. Karena harga laptop yang mahal di Kalimantan, kami membeli laptop saat pulang kampung pada tahun 2010. Pilihan jatuh pada laptop Acer Aspire 4741. Merk Acer sengaja kami pilih karena laptop dari Acer Indonesia sudah terkenal dengan kualitasnya yang handal.


Atas: si Hitam Acer Aspire 4741, laptop pertama kami.
Bawah: anak-anak sedang asyik bermain game dengan si Hitam.

  Laptop Acer Aspire 4741 (selanjutnya disebut si Hitam) menjadi hiburan bagi kami sekeluarga. Saat si Hitam ini tidak sedang dipakai kerja oleh suami, anak-anak memakainya untuk bermain game atau menonton vcd (maklum, kami tidak punya dvd player). Sedangkan saya sendiri menggunakan si Hitam saat anak-anak sedang tidur, supaya saya bisa leluasa menulis di blog dan berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya melalui media sosial. Ya, akhirnya saya kenal juga dengan yang namanya internet.


Komunitas Emak Blogger di Facebook
  Melalui interaksi di media sosial, saya bertemu dengan komunitas keren Kumpulan Emak Blogger (KEB). Bergabung di komunitas blogger yang seluruh anggotanya perempuan ini (dan sebagian besar sudah menikah), saya belajar banyak tentang dunia blog. Saya ikuti kelas online yang diadakan oleh KEB. Mulai dari kelas online tentang design blog (hasilnya adalah blog ini sebagai blog kedua saya), kelas online editing, dan kelas online menulis yang masih berlangsung sampai akhir bulan ini. Nggak rugi deh, ikut bergabung di KEB! Jadi tambah ilmu dan tambah kenalan baru. Semoga suatu saat saya bisa ikut acara kopdar KEB. Agar bisa bertemu para Emak (panggilan untuk member KEB) yang semuanya keren dan menginspirasi ini.

  Dengan bangga saya menyebut diri saya sebagai Emak Blogger. Sama seperti perempuan yang sudah menikah pada umumnya, kesibukan saya tidak jauh dari mengurus anak-anak dan pekerjaan rumah tangga. Saya juga mempunyai pekerjaan sampingan dengan membuka toko obat dan membuat aksesoris handmadePada saat senggang saya baru bisa ngeblog, atau ngeblog sambil menjaga toko. Pakai perangkat apa untuk urusan pekerjaan dan ngeblog? Apalagi kalau bukan si Hitam, laptop Acer kesayangan keluarga.

   Suatu hari, anak bungsu saya menjatuhkan si Hitam ke lantai. Laptop terjatuh dan langsung rusak. Semua data penjualan dan foto-foto kami hilang. Untunglah beberapa foto sudah sempat disimpan dan dipublish menjadi cerita di blog. Jika tidak ngeblog, semua foto sudah hilang dan kami tidak punya kenang-kenangan.

  Boleh dibilang kejadian tersebut adalah musibah yang membawa berkah. Memahami istrinya yang bersedih kehilangan 'senjata' untuk ngeblog, suami tercinta membelikan saya sebuah notebook! Ya, sebuah notebook Acer Aspire One 756 Series yang cantik dan berwarna merah. Itulah awal kebersamaan saya bersama si Merah, notebook baru teman setia saya. 


Acer Aspire One 756 Series selalu menemani di rumah dan di toko.
Berhubung tidak punya meja, saya memakai kaleng kue (di rumah)
dan laci plastik (di toko) sebagai meja :D
  Lantas, bagaimana dengan nasib si Hitam? Syukurlah, berkat layanan servis yang memuaskan dari Acer Indonesia, si Hitam masih bisa dipergunakan. Kini kami memiliki laptop dan notebook! Saya tidak perlu lagi menunggu anak-anak selesai main game untuk ngeblog. Sekarang, anak-anak bisa main game dan saya bisa ngeblog dengan tenang tanpa gangguan, hehe.

  Notebook tipis dan ringan menjadi impian saya yang aktif bepergian ke luar rumah. Saya suka ngeblog di mana saja. Di toko, di tempat makan yang enak untuk nongkrong, di rumah sakit saat menunggu dokter, di rumah mertua, bahkan saat menunggu anak-anak di sekolah. Daya tahan beterai yang tinggi juga harus ada. Saya naksir banget deh, sama notebook Acer Aspire E1-432. Notebook dari Acer Indonesia ini termasuk dalam Acer Aspire E1 Series, yaitu notebook yang lebih tipis.
Acer Aspire E1-432 warna silver, notebook impian saya.
  Notebook Acer Aspire E1-432 tebalnya sekitar 25,3 mm, 30% lebih tipis dibanding notebook sekelas lainnya. Layar monitor LED ukuran 14" dengan resolusi 1366x768 px, cocok untuk kebutuhan office basic, browsing, multimedia, bahkan untuk bermain game. Fitur penting lainnya adalah optical drive dengan tersedianya DVD-RW agar pengguna tidak repot lagi membawa DVD-RW external. Transfer datanya juga kencang berkat tiga buah port USB 3.0, ditambah card reader. Mentransfer foto aksesoris dagangan saya pasti jadi lebih mudah. 

  Daya tahan baterai berkapasitas 2500 mAh membuat notebook Acer Aspire E1-432 dapat bertahan hingga 6 jam (untuk memutar konten multimedia) , dan sekitar 3-4 jam (saat bermain game). Performa ini didukung berkat penggunaan prosesor Intel 4 Gen terbaru, atau dikenal dengan kode Haswell. Dilengkapi dengan prosesor Intel@Dual Core Celeron 2955U, kecepatannya berjalan pada 1,40 GHz. Jangan khawatir notebook cepat panas, sebab ada form factor sebagai penjaga suhu notebook. 

  Notebook Acer Aspire E1-432 punya dua warna: Piano Black dan Silky Silver. Penambahan desain bintang Starry Swirls pada casing dan keyboard menjadikan notebook ini makin elegan. Keyboard model chiclet dan trackpad yang bertekstur membuat pemakaian notebook jadi nyaman. Saya kesengsem dengan notebook yang berwarna Silky Silver. Andai berjodoh, kelak akan saya beri nama si Abu. Aamiin. Doain ya :)

  Tehnologi yang canggih biasanya kan, diikuti dengan harga yang mahal. Tenang, Acer Aspire E1-432 harganya Rp.4.749.000 saja dan sudah tersedia di jaringan penjualan Acer Indonesia. Cukup terjangkau bukan? Setiap pembelian Acer Aspire E1-432 hingga 31 Oktober 2013 akan mendapat garansi service dan spare parts selama 3 tahun! Nah, tunggu apa lagi? Notebook makin tipis, bikin Emak makin produktif. Tipis itu nggak harus mahal, kan ^_^
  



“Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, 
Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” 
yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia.”

24 comments:

  1. kalo tipis itu enak dibawa keman2 hehe

    ReplyDelete
  2. Yang tipis nyaman buat Kita yang suka travelling Mak, ringan di punggung..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu, Mak...
      Saya seringnya bawa tas karung, kalo bawa yg berat jd 'ngengklek' bahunya :p

      Delete
  3. betul betul, praktis dan tidak mahal itu wajib ya mak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah...lebih enak lagi kalo gratis, hihi

      Delete
  4. Wah, baru kejadian jyga notebook jatuh kemarin nih dimainin anak. Sukses ya kontesnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, rusak ga? Semoga ga parah ya, Mbak...
      Makasih :)

      Delete
  5. hallo mba.. netbookku kapan hari juga abis rusak..dirusakin si kecil sih tepatnya. gak tau dipencet2 apanya, sampai tombol wifinya gak bisa dipake lagi :(

    sukses kontesnya ya mba, salam kenal ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, moga bisa bener lg ya netbooknya. Susah memang mau larang si kecil ngoprek, meleng sedikit jadi rusak :(
      Makasih n salam kenal kembali ^_^

      Delete
  6. paling enak memang punya notebook yang tipis, ringan dan berkualitas ya mak. Sukses ngontesnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, pingin banget nih, hihi
      Makasih, Mak Lianny ^_^

      Delete
  7. Memang nggak nyangka ya bisa jadi emak blogger.
    Netbook ku juga rusak mbak. Jadi mupeng nih liat model yang yahud ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, bener2 ga nyangka :)
      Duh, rusak? Moga bisa bener lagi ya, Bun...atau mau ganti yg baru n yahud? ^_^
      Hiyuuk, mari kita mupeng berjamaah :p

      Delete
  8. Saya juga punya impian yang sama maaaak...bisa punya notebook tipis tapi tetap dengan fitur yang lengkap :D

    ReplyDelete
  9. Tanpa komputer
    Empu Sedah dan Empu Panuluh
    Mampu menghasilkan karya yang ngedab-edabi
    Kakawin Bharatayudha yang termashur

    Kumpulan Emak Blogger
    Dengan personnal computer
    Dan laptop tipis Accer
    Seharusnya bisa menerbitkan karya yang serrrrr dan TER

    Semoga GAnya sukses Jeng

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwow puisinya cetarr... Pakdhe ^_^
      Terima kasih dan salam kembali dari Bogor :)

      Delete
  10. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi. :)

    ReplyDelete
  11. Terima kasih untuk kunjungannya, Mak Jury ^_^

    ReplyDelete
  12. Hai, Mak! Terima kasih sudah berpartisipasi. Good luck, ya! :)

    ReplyDelete
  13. Makasih dukungannya, Makmin Sary ^_^

    ReplyDelete
  14. iya dunk ngeblog pake noteboook memang bikin asyik .. apalagi karena portabvelnya itu aloh ...
    salam kenal

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^