Thursday, October 31, 2013

Bepergian Lebih Praktis Dan Aman Dengan Notebook Tipis


Pernah lihat orang yang sedang menenteng tas laptop di pinggir jalan? Jaman sekarang, tidak hanya orang kantoran, laptop juga dibawa oleh pelajar sekolah. Tuntutan tugas dari sekolah membuat para pelajar harus membawa laptop setiap hari. Jaman saya masih bersekolah di bangku SMP dan SMA dulu, tugas sekolah jarang yang harus diketik. Kalau ada, saya akan pinjam mesin tik atau menumpang ngetik di kantor ayah saya. Jaman sudah semakin maju, ya. Membawa gadget sudah menjadi kebutuhan.

   Bepergian sambil membawa laptop menjadi hal yang biasa dilihat. Tahukah anda, bahwa membawa laptop di tempat umum bisa mengundang kejahatan? Tanpa membawa laptop saja, kita bisa jadi korban kejahatan, yaitu pencopetan. Pencopet biasanya akan merampas tas korbannya untuk mengambil uang atau barang berharga lainnya. Apalagi jika terlihat sedang membawa laptop yang bernilai cukup mahal. Bisa jadi mangsa yang empuk bagi pencopet. 

Pencopet tas. Sumber foto dari sini
  
  Tidak aman membawa laptop saat menggunakan kendaraan umum. Bagaimana dengan kendaraan pribadi? Belum tentu aman juga. Kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Suami saya pernah dicopet saat berangkat kerja dengan mobil pribadi. Ransel yang ditaruh di jok depan mobil diambil oleh pencopet saat suami sedang mengganti ban yang bocor terkena paku. Untung saja isi ransel bukan laptop, melainkan hanya kertas-kertas bon kantor. Dompet berisi uang dan surat berharga tetap aman di saku celana suami saya. Pencopet pun tertipu!

   Yah begitulah, namanya nasib. Kita harus tetap berhati-hati saat berada di tempat umum, baik untuk pengguna kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Berikut tips membawa laptop atau notebook jika hendak bepergian:
  • Bawa laptop atau notebook jika memang dibutuhkan. 
  • Jangan terlihat membawa laptop atau notebook. Tas laptop banyak yang modelnya lucu dan bermotif cantik. Namun tetap saja bisa ditebak isinya adalah laptop jika dilihat dari bentuknya.
  • Tas ransel khusus laptop lebih aman. Pencopet masih harus menebak dulu apakah ransel itu berisi laptop atau tidak sebelum melancarkan aksinya. Pemakaian tas ransel yang selalu menempel di bahu juga bisa menyulitkan aksi pencopetan.
  • Sembunyikan laptop yang disimpan di dalam mobil. Tutupi laptop dengan barang-barang lain yang lebih ringan, bantal atau selimut misalnya. Taruh di bawah jok mobil juga bisa.
  • Notebook lebih mudah disembunyikan. Bungkus notebook dengan kertas koran, lalu selipkan di kantung belakang jok mobil. Bisa juga dengan ditutupi koran begitu saja.
  Saya sendiri memilih tas besar berbentuk kantong untuk menyembunyikan laptop. Dulu saya selalu membawa laptop Acer Aspire 4741 ke toko. Laptop dimasukkan ke dalam tas laptop. Lalu tas laptop saya masukkan lagi ke dalam tas kantong batik. Memang masih bisa ketahuan kalau saya membawa laptop. Oleh karena itu, saya hanya membawa laptop ini ke toko saja yang ditempuh dengan berjalan kaki atau naik ojek.

Laptop Acer Aspire 4741 di dalam tas batik
   
  Saya jarang membawa laptop ke toko. Selain deg-degan di jalan saat membawanya, laptop Acer Aspire 4741 ini bobotnya cukup berat. Jika sedang apes tidak kebagian ojek, saya harus berjalan kaki dari rumah ke toko. Hufft... lumayan, deh... hitung-hitung olahraga angkat beban. Untunglah 'penderitaan' saya tidak berlangsung lama. Saya kemudian berjodoh dengan notebook Acer Aspire One Series 756 yang lebih mungil. Bobotnya juga jauh lebih ringan. Saya jadi bersemangat membawanya saat bepergian.

Notebook Acer Aspire One 756 di dalam tas.

  Sebagai seorang ibu rumah tangga yang senang ngeblog, saya menyempatkan diri  untuk menulis blog di tengah padatnya aktivitas rumah tangga sambil berjualan. Sejak bergabung di komunitas  Kumpulan Emak Blogger (KEB), saya jadi ketagihan ngeblog. Saya ngeblog sambil menyambi mengurus anak dan memasak di rumah, sambil menjaga toko, bahkan numpang ngeblog di kantin sekolah saat menunggu anak saya pulang.

Kiri: notebook di dalam tas, nggak kelihatan kan?
Kanan: Dd ikut ke toko. Minta gendong sampai pos ojek.
 
  Bisa ngeblog di mana saja itu menyenangkan. Namun, saya masih khawatir dicopet. Jadi, saya hanya berani membawa notebook jika tujuan saya dekat (ke toko atau ke sekolah). Saya ingin bebas membawa notebook ke mana saja dengan kendaraan umum. Saya pengen banget bisa ngeblog sambil nogkrong di tempat makan di mall...

  Selain faktor keamanan, saya enggan membawa notebook karena berat saat naik kendaraan umum. Tas saya sudah cukup penuh dengan barang bawaan. Ditambah notebook, tas jadi menggelembung! Jika saya punya notebook yang tipis dan ringan, mobilitas saya pasti jadi menyenangkan.

   Melalui lomba 30 Hari Blog Challenge yang diadakan oleh KEB dan Acer Indonesia, saya jadi tahu ada notebook tipis seperti yang saya impikan. Acer Indonesia meluncurkan produk terbaru notebook yang lebih tipis, yaitu  Acer Aspire E1 Series.
Notebook tipis Acer Aspire E1-432.
Tersedia warna Piano Black dan Silky Silver
  
  Setelah melihat-lihat, saya tertarik pada notebook Acer Aspire E1-432. Dimensinya  30% lebih tipis dibanding notebook sekelas lainnya. Tampilannya keren dengan pilihan dua warna, Piano Black dan Silky Silver. Tebalnya sekitar 25,3 mm, dengan ukuran layar monitor LED 14" dan resolusi 1366x768 px. Wah, pasti ringan dan praktis untuk dibawa ke mana saja.

  Notebook Acer Aspire E1-432 cocok untuk kebutuhan office basic, browsing, multimedia, bahkan untuk bermain game. DVD-RW sudah tersedia sehingga tidak repot lagi membawa DVD-RW external. Jualan saya (mudah-mudahan) jadi lancar berkat foto dagangan yang bisa ditransfer lewat  card reader dan  tiga buah port USB 3.0.

  Mobile online bersama notebook Acer Aspire E1-432 tidak perlu khawatir kehabisan baterai. Daya tahan baterainya bisa bertahan hingga 6 jam (untuk memutar konten multimedia) , dan sekitar 3-4 jam (saat bermain game). Beterai berkapasitas 2500 mAh ini menggunakan prosesor Intel 4 Gen terbaru (atau dikenal dengan kode Haswell). Dilengkapi dengan prosesor Intel@Dual Core Celeron 2955U, kecepatannya berjalan pada 1,40 GHz. Plus ada form factor untuk menjaga notebook agar tidak cepat panas. Wuih, hebat, kan! 
   
Notebook Acer Aspire E1-432 Silver Piano yang keren

   
  Notebook Acer Aspire E1-432 ini benar-benar jadi idaman saya. Wuih, pasti jadi tampil keren dengan notebook slim yang paling tipis di kelasnya ini. Bikin aktivitas mobile online semakin praktis dan aman. Praktis, sudah pasti karena tipis dan ringan sehingga mudah dibawa kemana saja. Aman, karena tidak ketahuan pencopet bahwa saya sedang membawa notebook di dalam tas. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam event "30 Hari Blog Challenge, 
Bikin Notebook 30% Lebih Tipis" 
yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia



30 comments:

  1. waw, muat di tas ya, mak? tinggal ditenteng aja. keren

    ReplyDelete
  2. kereen mak...iya kalau lebih tipis ya lbh enteng ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, yang tipis pasti lebih ringan ditenteng :)

      Delete
  3. nah,kalo yang tipis itu kan dah bisa masuk tas mak..praktis kan ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi praktis mak...tipis memang enak ^_^

      Delete
  4. Wow... tipsnya emak riweh keren nih, emang ya, kejahatan bisa terjadi dimana saja. laptop yang keren, dengan tips ini semoga selalu aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, maak...kejahatan bisa terjadi di mana saja. waspadalah waspadalaaahh :D

      Delete
  5. Tuhkan yang tipis muat di tas :D

    ReplyDelete
  6. Tips bepergiannya patut diingat nih..

    ReplyDelete
  7. Sukses yah mak dengan notebook slim-nya :)

    http://chemistrahmah.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak :)
      segera berkunjung balik ^_^

      Delete
  8. walaupun sekarang sudah zamannya laptop tipis, zamannya bukan orang gedean saja yang pake laptop, tetap saya tak berani kalo harus buka-bukaan di depan umum, terlalu besar resiko yang akan ditimbulkan. Trimakasih buat artikelnya bu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg belum berani terang2an make di depan umum...
      Makasih kembali ^_^

      Delete
  9. Semangat blogging mbak dengat laptop Acer nan ringan dan tipis....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mas.
      Aamiin, semoga laptop acer tipis mendarat di pangkuan saya :)

      Delete
  10. Memang butuh si tipis ini untuk bisa menjalankan usaha sambil ngeblog ya mak :)
    Moga suksess :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mak Mugniar. Sukses untuk dirimu juga ^_^

      Delete
  11. ide nya kereen mak, ada tipsnya bepergian yang sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  12. memang ngeblog bisa dimana aja yah mak..keren nih tipsnya.. saya tak juga kasih tips ahh kapan2 ^^b

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblog di mana saja memang asyik.
      Mau juga nyimak tips dari Mak Isti ^_^

      Delete
  13. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih sudah berkunjung, Mak Jury ^_^

    ReplyDelete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^