Tuesday, April 16, 2013

Hijab Demo

Saya, Mbak Irna Dewi dan Teh Desi Setiawati

Lihat foto di atas. Cantik yang mana? Ya cantik Mbak Irna Dewi, laah, hehe.
   Siapa yang tidak kenal dengan Irna Dewi? Itu lho, model dan penanggung jawab redaksi buku tutorial hijab yang ditulis oleh tim Moshaict (sebuah merk butik busana muslim). Saya sendiri punya beberapa buku tutorial Moshaict, meski tidak lengkap dari edisi pertama. Saya hanya membeli buku tutorial gaya hijab yang sesuai dengan kepribadian saya. Buku tutorial hijab ini sangat berguna bagi saya. Maklum, emak pelupa, mau dandan gaya hijab apa masih nyontek dari buku *jujur*
   Begitu tahu lewat Twitter akan ada Hijab Demo di Moshaict Hijab  Store Bogor, hari Selasa tanggal 10 April 2013 pukul 15.00, saya langsung mengajak Teh Desi Setiawati (kakak kelas semasa kuliah yang juga tinggal di Bogor) untuk datang ke sana. Nyaris tidak jadi pergi karena hujan. Saya yang sudah rapi dan mau berangkat, harus berganti kostum daster lagi dan berencana untuk tidur siang. Eeeh ... ternyata, hujan berhenti! Teh Desi sms, dan meluncurlah saya. Berangkat!
   Sampai di Moshaict, acara Hijab Demo belum dimulai. Mundur sekitar 30 menit dari jadwal. Tidak apa-apa. Selama menunggu, para pengunjung bisa sambil melihat-lihat koleksi butik Moshaict. Jadi tidak terasa lama, deh. Kami asyik sendiri melihat koleksi baju dan kerudung yang keren-keren di butik ini.
   Hijab demo dimulai. Mbak Irna Dewi datang menyapa pengunjung butik. Setalah membaca doa pembuka, beliau mulai mengajarkan beberapa gaya memakai hijab yang simpel. Model yang memperagakan adalah salah satu mbak penjaga butik yang terlihat pendiam. Saking pendiamnya si Mbak model ini, setelah memperagakan beberapa gaya hijab, tanpa sadar ciput ninja di bagian dagunya tersemat terlalu kencang. Bukan Mbak Irna yang menyematkan penitinya, tapi dia sendiri yang melakukan hingga akhirnya tercekik. Si Mbak model minta ijin sebentar untuk minum air putih sambil terbatuk-batuk. Hihihi, ada-ada saja ya. 



   Foto di atas memperagakan gaya hijab kasual menggunakan pashmina three tone (tiga warna). Pemilihan tiga warna sengaja dipilih Mbak Irna agar terlihat arah kain pashmina yang dililitkan. Seperti apa step-step dan hasil akhirnya? Hiyaa, saya lupa lagi!




   Foto ini memperagakan gaya hijab turban style. Saya kurang suka dengan gaya ini karena tidak menutupi bagian dada. Gaya berikut setalah gaya ini adalah gaya terakhir. Sesuai request pengunjung: Mbak Irna memperagakan gaya hijab seperti yang beliau kenakan. Tidak terasa waktu sudah berjalan selama hampir satu jam. Beberapa pengunjung yang menonton mulai tampak letih berdiri dan memutuskan untuk duduk di lantai. Tampak dalam foto, seorang bocah laki-laki  ikut 'menyerah' duduk lesehan di lantai bersama ibunya (sang ibu tidak ada dalam foto).
   Usai Hijab Demo, pengunjung yang mayoritas adalah ibu-ibu langsung berebut meminta foto bersama Mbak Irna. Hey, saya enggak mau ketinggalan doong! Sudah lihat kan foto kami di awal postingan? Keren ngga? Hehe
   Oia, saran saya jika anda ingin menyaksikan Hijab Demo adalah: rekam pakai video! Kenapa? Lebih praktis daripada dicatat, bukan? Saya baru ngeh ide merekam Hijab Demo ini saat acara hampir berakhir. Saya hanya berhasil merekam 4 video tutorial hijab demo. Sayang, karena merekam menggunakan hp biasa (bukan smart phone), hasilnya jadi tidak memuaskan. Tidak jadi saya unggah di blog ini. Maaf, ya :(
   Mengikuti Hijab Demo tidak sama dengan Hijab Class. Namanya juga demo, tidak dipungut bayaran alias gratis, jadi jangan berharap lebih, ya. Hijab Demo biasa diadakan di tempat terbuka agar bisa dilihat oleh orang banyak. Bisa di bazaar atau di toko tempat penjualan baju muslim. Senang karena dapat ilmu secara gratis. Tidak enaknya ya kaki pegal karena menonton hijab demo sambil berdiri. Kekurangan hijab demo yang lain: tidak bisa mempraktekkan langsung gaya berhijab. Ya iya lah! Malu dong, di tempat umum tiba-tiba ada orang yang membuka hijab untuk mencoba gaya hijab baru. 
   Berbeda dengan hijab class yang pernah saya ikuti di Moshaict juga. Pada Moshaict Hijab Class, peserta yang membayar mendapat pashmina, inner ninja, dan hijab kit (berisi peniti dan jarum pentul). Hijab class biasa diadakan di ruang tertutup karena peserta langsung mempraktekkan langkah-langkah memakai hijab mengikuti arahan. Peserta bebas bertanya dan meminta pendapat dari sang tutor. Waktu hijab class juga lebih lama, sekitar dua jam. Gaya hijab yang diajarkan juga lebih banyak. Asyik, kan?
   Berikut foto-foto saya saat mengikuti Hijab Class tanggal 8 Desember 2012 di Moshaict Hijab Store Bogor.
Gaya kerudung segi empat

Pashmina dari Hijab Class. Luv pinky!


  Sudah pernah ikut hijab class, sudah lihat hijab demo, sudah mahir belum cara memakai hijabnya, Mak? Enggak tau deh, saya lupa lagi semua step-stepnya! Hahaha! Parah, nih! Biar tidak lupa, memang harus divideo-in ya lain kali :)

10 comments:

  1. Wah, asyik juga jika bisa ikutan class hijab seperti itu ya, Mak. Bisa belajar untuk tampil trendi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Alaika. Asyik lho ikut hijab class, coba deh :)

      Delete
  2. wiih.. ketemu mbak irna dewi.. truss ikutan hijab demoo.. keren mak.. ^^
    blog baru nih mak.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mak Isyaana :)
      Iya, bela2in dateng karna emang ngefans sama Mbak Irna. Aslinya beliau cantiiikkk banget, ga berhenti tersepona saya :)
      Hihi, blog baru buat ajang belajar menulis, Mak :)

      Delete
    2. iah.. blog baru.. smangat baru.. yeyy.. follbek akuw dong mak inna.. ^^

      Delete
    3. mak isyaana, blog nya yg mana? maap gaptek, aq liatnya ada 3

      Delete
  3. keren-keren ya gaya jilbabnya, mantap

    ReplyDelete
  4. Mampir untuk pertama kalinya di blog ini \\^o^//
    Sampai pangling lihat teteh yg pakai kerudung beraneka gaya, makin geulis aja nie :)
    Hhmmmm boleh daftar jadi muridnya ga teh? hehehe
    Mana tau ntar teteh bisa jadi tutor hijaber juga, aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii, selamat datang, Irda :)
      Makasih pujiannya, sampe terbang, nih :D
      Boleh boleh, Irda ke rumah atuh.
      Aamiin. Tapi tapi... tutor hijaber yg satu ini orangnya sering lupa. Kalo mau diajarin ya sambil lihat buku tutorialnya dulu, hehe

      Delete

Mohon meninggalkan berkomentar yang sopan.
Komentar dengan link hidup akan saya hapus.

Terima kasih ^_^