Friday, December 6, 2013

Garis-garis Hitam Putih


Secara kebetulan, bulan kemarin saya mendapatkan dua benda dengan motif garis-garis berwarna hitam putih secara cuma-cuma. Benda pertama adalah sebuah blus cantik hadiah dari give away-nya Mbak Istiana. Tulisan saya tentang tips hijab gaya tanpa banyak biaya mendapatkan hadiah ketiga. Alhamdulillah.

Monday, December 2, 2013

Pengamen di Toko Obat



Sering bertemu dengan pengamen? Pasti sering, ya. Pengamen kan, ada di mana-mana. Di persimpangan jalan, di tempat makan kaki lima, di dalam kendaraan umum, bahkan datang ke depan pintu rumah. Saat saya menjaga toko, pegamen juga kerap datang. Sebenarnya, saya orang yang paling nggak tegaan sama yang namanya pengamen. Meski seringkali merasa terganggu, tapi saya selalu memberikan sedikit uang receh untuk pengamen, di mana pun itu. 

Wednesday, November 6, 2013

Notebook Slim Keren Dan Canggih Untuk Keluarga

Acer Aspire E1-432 warna Piano Black
Punya laptop di rumah? Dulu, orang yang memiliki laptop hanya pekerja kantoran dengan gaji tinggi saja. Jaman sekarang, laptop sudah banyak dimiliki oleh keluarga kelas menengah. Kini, anak-anak bahkan sudah menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas dari sekolah. Laptop tidak hanya digunakan untuk keperluan office basic saja. Laptop masa kini sudah dilengkapi dengan kemampuan browsing, multimedia, dan dilengkapi game. Laptop menjadi kebutuhan sekaligus hiburan untuk keluarga.

Thursday, October 31, 2013

Bepergian Lebih Praktis Dan Aman Dengan Notebook Tipis


Pernah lihat orang yang sedang menenteng tas laptop di pinggir jalan? Jaman sekarang, tidak hanya orang kantoran, laptop juga dibawa oleh pelajar sekolah. Tuntutan tugas dari sekolah membuat para pelajar harus membawa laptop setiap hari. Jaman saya masih bersekolah di bangku SMP dan SMA dulu, tugas sekolah jarang yang harus diketik. Kalau ada, saya akan pinjam mesin tik atau menumpang ngetik di kantor ayah saya. Jaman sudah semakin maju, ya. Membawa gadget sudah menjadi kebutuhan.

Thursday, October 24, 2013

Notebook Tipis Bikin Ngeblog Makin Asyik


Menjadi seorang blogger tidak pernah terbayang oleh saya sebelumnya. Saya adalah ibu rumah tangga biasa yang kebetulan senang menulis. Awalnya, saya membuat blog www.emakriweuh.com hanya untuk kepentingan pribadi. Saya menulis tentang tentang tempat wisata dan kuliner yang keluarga kami kunjungi saat merantau, tentang ketiga anak laki-laki saya yang aktif, sedikit curahan hati, dan beberapa tips praktis untuk diterapkan di rumah. Tidak menyangka, blog saya ternyata dibaca  banyak orang. Sebagai variasi, saya lalu membuat blog www.ceritaemakriweuh.blogspot.com yang berisi tulisan tentang resep masakan, gaya hijab, aksesoris handmade, dan tulisan yang diikut sertakan untuk lomba.

Monday, October 21, 2013

Pindah



Pindah. Betapa indahnya saat kata itu terdengar di telinga saya. Membayangkan tempat yang baru dan tantangan yang akan kami sekeluarga temui kelak di sana. Dulu, belum ada Mbah Google untuk tempat bertanya. Semua bayangan itu hanya perkiraan semata. Ada sebuah rasa yang membuncah. Seperti suatu semangat! Semangat menempuh hidup baru! Adrenalin seolah terpacu! Wow, rasanya menyenangkan! 

Saturday, October 19, 2013

Tips Hijab Gaya Tanpa Banyak Biaya


Tertarik dengan give away bertema hijab yang diadakan oleh Mbak Istiana dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha, saya mau ikut cerita tentang gaya berhijab sehari-hari. Sebelumnya, saya cerita dulu ya, tentang awal mula saya mengenakan hijab.

Monday, September 30, 2013

Emak Bertangan Banyak

Gambar diambil dari Google


Berkhayal... hmm enaknya berkhayal apa, ya? Tema give away dari Mbak Noorma Fitriana ini membuat saya tertarik untuk ikut serta. Setiap orang punya khayalannya masing-masing. Kalau saya disuruh berkhayal, malah jadi bingung sendiri. Soalnya, saya tipe orang yang banyak maunya, hehe. Waktu masih kecil, saya pernah berkhayal ingin keliling dunia. Kayaknya seru deh, berwisata dari negara yang satu ke negara yang lain. Nah, setelah berumur begini *uhuk* apakah khayalan tersebut sudah terwujud? Belum memang. Tapi saya sudah merasa bahagia bisa ikut suami merantau ke berbagai daerah di Indonesia. Yah, keliling dunianya mungkin belum. Alhamdulillah, bisa nyicil dulu keliling sedikit wilayah nusantara :)


Sunday, September 29, 2013

Jungkir Balik NgeBlog





Jungkir balik ngeblog. Sepertinya istilah ini cocok untuk saya. Sebagai blogger pendatang baru, saya masih menyesuaikan diri berada di antara dunia nyata dan dunia maya. Saya harus bisa meluangkan sedikit waktu untuk bisa ngeblog di sela kesibukan sehari-hari. Meski baru dua tahun ngeblog, rasanya ngeblog itu sudah menjadi candu untuk saya. Demi ngeblog, saya rela jungkir balik, deh ^_^

Friday, September 6, 2013

Happiness Begins At 30

Foto dari sini

   Happiness begins at 30. Lho, bukannya 'happiness begins at 40'? Saya lebih setuju bahwa hidup bahagia dimulai di usia 30 tahun daripada 40 tahun. Kenapa? Kelamaan! Pertama kali mendengar istilah “happiness begins at 40” adalah sewaktu masih kuliah dulu, saya sempat berpikir: kenapa harus menunggu usia 40 tahun untuk bahagia? Barangkali, saat itu biasanya seseorang sudah mapan secara finansial? Atau sudah tidak repot lagi mengurus anak karena mereka sudah besar? Saya merenung. Tiba-tiba, saya yang saat itu berusia 20 tahun, membuat suatu target: saya akan bahagia di usia 30 tahun! Yes! Happiness begins at 30!

Tuesday, August 20, 2013

Kopi Instan dan Cappuccino Good Day, Kopi Gaul Paling Enak

Saya suka kopi. Pertama kali minum kopi yaitu waktu masih SMA. Saat itu saya hobi begadang untuk menghadapi ulangan keesokan harinya di sekolah. Ini adalah kebiasaan buruk saya yang senang belajar mepet waktu ala SKS alias Sistem Kebut Semalam. Supaya tidak mengantuk saat belajar, saya minum kopi. Tidak tanggung-tanggung, kopi yang saya minum langsung kopi hitam! Sejak itulah, saya mulai kecanduan minum kopi.

Thursday, August 1, 2013

Pandan Yang Laris Manis



Siapa yang tidak kenal dengan pandan? Pohon yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para ibu yang suka memasak di dapur. Pada bulan puasa seperti sekarang ini, daun pandan banyak dipakai untuk membuat hidangan buka puasa seperti  kolak, bubur kacang hijau, atau bubur sumsum. Harum pandan menambah nilai lebih pada masakan. Ketika dimasak, aroma aroma pandan yang mengundang selera ini bisa merebak kemana-mana. Ketika sedang memasak kolak di rumah beberapa hari yang lalu, tetangga saya saja bisa mencium harumnya dan langsung bilang dari teras rumah, "Lagi masak kolak?" Hehe, ketahuan ya.

Thursday, July 25, 2013

Ramadhan Tersibuk


  Bulan ramadhan tahun ini merupakan bulan puasa paling sibuk bagi saya. Dengan kata lain: paling riweuh tentunya. Jadi, saya belum terbiasa. Mudah-mudahan jika tahun depan diberi kesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan lagi, saya sudah lebih pandai mengatur waktu.
   Sebenarnya, kesibukan saya ini belum seberapa dibandingkan kesibukan ibu-ibu lain di bulan puasa. Berpuasa sambil menyiapkan hidangan untuk sahur dan berbuka puasa, itu sudah pasti. Memperbanyak ibadah, sudah jelas. Tetap beraktivitas seperti biasa juga terus berjalan. Lantas, kenapa tahun ini jadi lebih sibuk? Saya ceritain satu-satu, ya. Mau nyimak enggak? *emak kegeeran

Monday, June 17, 2013

Menyemai Cinta Menghapus Lelah


Bahagia rasanya dikaruniai tiga anak laki-laki yang meramaikan kehidupan rumah tangga kami berdua. Suasana di rumah selalu meriah, bahkan cenderung berisik akibat ulah 3 boyz,   yaitu Aa, Kk, dan Dd. Suara tawa, tangisan, dan teriakan heboh karena bertengkar adalah nyanyian indah yang selalu terdengar di telinga kami setiap hari.  Kenakalan khas anak-anak. Ya, mereka   semua masih kecil dan sedang dalam masa pertumbuhan. Masih sangat membutuhkan bimbingan dari Ibu dan Bapanya. 3 boyz kebanggaan kami saat ini masing-masing berusia 10 tahun, 6 tahun, dan si bungsu sebentar lagi berusia 3 tahun.

Tuesday, June 4, 2013

Penipu di Toko Obat

credit

Awal merintis sebuah usaha bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani. Tidak terasa,  sudah setahun Toko Obat Trisad, usaha kecil-kecilan milik kami berjalan. Nama TRISAD diambil dari kesamaan nama belakang ketiga anak kami: Dilshad, Rasyad dan Irsyad.  Rintangan dan hambatan menjadi pemacu kami untuk berusaha lebih keras lagi. Ujian dan cobaan juga kerap menerpa. Seolah ingin menggoyahkan tiang usaha yang baru berdiri ini. Rapuh dan belum berpengalaman.

Wednesday, May 22, 2013

Harumnya Basa Genep, Bumbu Masakan Bali

Foto dari sini
Suatu hari di bulan November tahun 2006. Saya baru pindah dari Denpasar ke pinggiran kota Bogor. Sebagai warga baru, tentu saja saya rajin memperkenalkan diri dengan tetangga di sekitar rumah. Sekitar pukul 7.00 WIB, saya sedang mengobrol dengan beberapa ibu tetangga di depan rumah. Tiba-tiba, hidung saya menangkap bau harum yang khas, aroma yang setiap hari menemani saya beraktivitas. Harum masakan Bali! 

Sunday, April 21, 2013

Srikandi Toko Obat





Selamat Memperingati Hari Kartini, untuk semua wanita di Indonesia :)


  Saya adalah ibu rumah tangga biasa. Sehari-hari saya pekerjaan saya mengurus tiga anak, memasak, membersihkan rumah dan sederet pekerjaan rumah tangga lainnya. Setahun terakhir ini kesibukan saya bertambah sejak membuka usaha toko obat di depan komplek tempat saya tinggal. 

   Foto di atas adalah saya dan Dd Irsyad saat Toko Obat Trisad baru  berjalan  beberapa minggu. Saya sesekali mengajak anak-anak ikut menjaga toko. Anak kedua, Kk Rasyad yang paling sering saya bawa (tidak nampak dalam foto). Saya  hanya membawa si bungsu Dd Irsyad jika saya akan menjaga toko sebentar. Kenapa? Duh, Dd Irsyad ini tidak bisa diam. Saya tidak boleh lengah. Saya  takut Dd lari ke jalan raya saat saya sedang melayani pembeli. Hiii! Ngeri!

   Sekarang, saya sudah membuka warung obat di teras rumah. Tugas menjaga toko saya delegasikan pada Mbak Titin. Saya fokus berjualan di rumah dan mengantar pesanan obat ke tetangga. Saya tetap datang ke toko untuk mengecek. Senangnya bisa bekerja tidak jauh dari rumah sekaligus tetap bisa mengasuh anak-anak.

Foto ini diikutsertakan dalam Kontes unggulan: Sehari Menjadi Srikandi

Friday, April 19, 2013

Berwisata ke Tana Toraja



   Halo Keke! Halo Naima! Wah, Bunda Keke dan Naima bikin Give Away! Ikutan, ya. Sebelum bercerita, kita kenalan dulu, yuk. Panggil saja Ateu Inna. Ateu Inna dan Om Dadang punya tiga anak laki-laki. Mereka dipanggil: Aa Dilshad (kelas 5 SD), Kk Rasyad (kelas TK B), dan Dd Irsyad (umur 2,5 tahun). Kami sekelurga pernah hidup merantau seperti keluarga Gipsy. Keke dan Naima tahu orang Gipsy itu apa? Orang Gipsy hidupnya tidak pernah menetap di suatu tempat. Selalu berpindah-pindah. Kami sekeluarga juga begitu. Pekerjaan Om Dadang membuat kami sudah merantau dan tinggal di berbagai kota di Indonesia. Mulai dari Semarang, kami pindah ke Banjarmasin. Kota berikutnya adalah Solo, Denpasar, Bogor, Palangkaraya, Makassar, dan kembali lagi ke Bogor.

Tuesday, April 16, 2013

Hijab Demo

Saya, Mbak Irna Dewi dan Teh Desi Setiawati

Lihat foto di atas. Cantik yang mana? Ya cantik Mbak Irna Dewi, laah, hehe.
   Siapa yang tidak kenal dengan Irna Dewi? Itu lho, model dan penanggung jawab redaksi buku tutorial hijab yang ditulis oleh tim Moshaict (sebuah merk butik busana muslim). Saya sendiri punya beberapa buku tutorial Moshaict, meski tidak lengkap dari edisi pertama. Saya hanya membeli buku tutorial gaya hijab yang sesuai dengan kepribadian saya. Buku tutorial hijab ini sangat berguna bagi saya. Maklum, emak pelupa, mau dandan gaya hijab apa masih nyontek dari buku *jujur*

Thursday, April 11, 2013

Pembukaan


Halo, Emak Riweuh di sini!

Ya, betul! Blog Cerita Emak Riweuh ini masih ada hubungannya dengan www.emakriweuh.blogspot.com. Blog ini boleh dibilang merupakan bayangan dari blog Emak Riweuh. Isi blog ini adalah seputar cerita dari saya, sang Emak Riweuh. Dalam blog ini saya akan bercerita apa saja. Suka-suka saya, hehe

Sudah lama saya ingin membuat blog yang lebih pribadi dan bercerita apa saja kecuali tentang Pasukan Riweuh, keluarga saya yang tercinta. Ditunda terus nih, bikin blog baru. Alasannya apa lagi kalau bukan karena riweuh. Saya bisa bikin blog ini setelah 'dipaksa'. Lho, kok dipaksa? Iya, saya terpaksa bikin blog juga di tengah keriweuhan suasana rumah. Penyebabnya adalah kelas online blog yang diadakan oleh komunitas Kumpulan Emak-emak Blogger. Kelas online ini mewajibkan pesertanya membuat blog baru sebagai latihan.

Syukur alhamdulillah, blog ini jadi juga. Terima kasih atas bimbingan Mak Guru Shinta Ries dan Mak Guru Eka Putri. Para mak guru yang murah hati berbagi ilmu dan sabar menjawab pertanyaan para emak murid. Apalagi saya yang emak gaptek kelas kakap, hehe

Sekian dulu pembukaan dari saya *tabur konfeti* Terima kasih sudah berkunjung. Doakan supaya saya sempat menulis, ya ... Maklum, namanya juga emak riweuh :)




Back to Top